Brilio.net - Tak terasa puasa Ramadan sebulan lamanya telah kita lalui. Lebaran jadi momen berikutnya yang paling dinantikan oleh umat Muslim. Selain berkumpul dengan keluarga, menikmati sajian makanan bersantan dan berlemak juga siap untuk disantap saat Idul Fitri.

Selain pola makan yang harus diperhatikan, ada berbagai jenis penyakit yang juga perlu kamu ketahui. Pasalnya, saat puasa terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh. Nah, saat berlebaran banyak orang yang cenderung tak terkontrol dalam mengonsumsi makanan. Akibatnya terjadi perubahan metabolisme secara tiba-tiba dan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan dan beberapa penyakit.

Lantas penyakit apa sajakah yang bisa timbul? Berikut ini brilio.net sudah menyiapkan daftarnya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/7), supaya kamu bisa lebih berhati-hati dan tetap sehat setelah lebaran.

1. Diare.

PENYAKIT LEBARAN © 2016 brilio.net

Loading...

Alat makan tak higienis yang digunakan untuk menyajikan makanan dengan berbagai macam bumbu, lalu dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare. Apalagi kalau sampah makanan bertebaran dimana-mana dan tak segera dibersihkan, tentu akan mempengaruhi kesehatan.

2. Kadar gula darah jadi tak terkontrol.

PENYAKIT LEBARAN © 2016 brilio.net

Umumnya makanan dan minuman yang disediakan saat lebaran tinggi lemak, manis dan asin. Berbagai minuman kaleng yang bersoda juga ada. Jika makanan dan minuman ini dikonsumsi oleh pasien dengan kencing manis akan cenderung gula darahnya jadi tak terkontrol.

3. Kenaikan kadar kolesterol dan asam urat.

PENYAKIT LEBARAN © 2016 brilio.net

Makanan manis, bersantan, lemak juga musuh bagi pasien dengan riwayat hiperkolesterol atau asam urat tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, kadar kolesterol dan asam urat juga jadi bertambah parah.

4. Radang tenggorokan.

PENYAKIT LEBARAN © 2016 brilio.net

Mudik dan bertemu keluarga biasanya akan membuat orang kurang tidur dan mudah lelah. Bila kondisi ini tak diimbangi dengan pola makan sehat, penyakit ISPA, batuk, pilek dan radang tenggorokan tak dapat dihindarkan.

5. Penyakit kronis akan kambuh.

PENYAKIT LEBARAN © 2016 brilio.net

Beragam makanan dan minuman yang bervariasi dari mulai asin, manis, gurih, bersoda, pedas, asam tentu ingin semuanya dicoba. Selain kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, penyakit kronis yang bisa dialami adalah hipertensi (tekanan darah tinggi).

RECOMMENDED BY EDITOR