Brilio.net - Pandemi Covid-19 menuntut kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Segala upaya kita lakukan untuk melindungi diri agar tidak mudah sakit dan terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu.

Covid-19 awalnya dikenal sebagai penyakit pernapasan yang bisa menyerang sistem imunitas tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk rutin mengonsumsi vitamin dan juga minuman herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat, terutama bagi imunitas tubuh.

Salah satu tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan adalah Echinacea purpurea. Tanaman ini seperti bunga. Selain tampilannya cantik, juga banyak sekali manfaatnya.

Ahli Alergi dan Imunologi Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, menjelaskan Echinacea purpurea memiliki manfaat sebagai immunomodulator. Echinacea purpurea dapat mengatur kerja sistem imun tubuh.

“Berdasarkan mekanisme kerjanya, Echinacea purpurea dapat digunakan untuk pencegahan penyakit infeksi, salah satunya infeksi pada saluran pernapasan atas dan bawah,” ujarnya dalam webinar bertajuk 'Cerdas Memilih Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh' baru-baru ini.

Loading...

Lantas apa saja manfaat Echinacea purpurea? Berikut rangkumannya, Jumat (12/2).

1. Mengatasi infeksi saluran pernapasan.

Echinacea purpurea merupakan jenis tumbuhan herbal yang umum diteliti penggunaannya dalam berbagai kasus infeksi saluran napas dan common cold. Echinacea purpurea memiliki berbagai kandungan zat aktif yang dianggap berperan sebagai imunomodulator, antara lain alkamide, ketoalkana, turunan asam cafeic, polisakarida, dan glikoprotein.

2. Berperan sebagai imunostimulan.

Dalam studi in-vitro lainnya, didapatkan bahwa pemberian Echinacea purpurea dapat menghambat beberapa jenis virus, seperti virus influenza A dan B, virus parainfluenza, dan respiratory synctia virus (RSV) melalui mekanisme interaksi langsung dengan partikel virus serta protein pembungkus virus.

3. Terapi awal penyakit.

Tanaman ini bisa jadi satu langkah preventif pada awal penyakit selama pandemi Covid-19 untuk menjaga imunitas tubuh. Tak perlu bingung cara mengonsumsi tanaman herbal ini karena sudah ada suplemen vitamin yang memiliki kandungan Echinacea purpurea. Salah satunya adalah Imboost Force. Untuk dosis pemberiannya, dianjurkan sesuai dengan BPOM adalah 3 kali sehari untuk sediaan 250 mg, ataupun sekali sehari untuk sediaan 1000 mg.

RECOMMENDED BY EDITOR