Brilio.net - Seperti yang beredar di media belakangan, bahwa dalam sebulan ini di Lamongan, Jawa Timur sedang dilanda penyakit hand, foot and mouth disease (HFMD) atau yang lebih dikenal sebagai Flu Singapura. Mungkin kamu termasuk orang yang bertanya-tanya dan belum paham betul soal penyakit mematikan ini.

Lalu apa sebenarnya Flu Singapura itu?

Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit kaki, tangan dan mulut ini dulunya pernah mewabah di Singapura yang menyebabkan sekolah dan fasilitas umum tutup, sehingga diberi nama Flu Singapura.

Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Pengidap akan mengalami bintil-bintil air dan luka-luka di sekitar atau di mulut, tangan dan kaki. Tapi, terkadang luka-luka tersebut juga muncul di siku tangan, bokong, lutut dan lipat paha. Hmmm.. Cukup serem ya?

BACA JUGA: 8 Penyakit ini bisa kamu idap cuma gara-gara ciuman bibir, bahaya nih!

Loading...

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (24/5), menurut dokter anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soegiri Lamongan, Ati Kustianti SpA, bahwa perubahan cuaca yang tak menentu bisa menjadi pemicu wabah Flu Singapura.

flu singapura © 2016 brilio.net

"Pergantian cuaca bisa jadi salah satu hal yang bisa memicu mewabahnya virus flu Singapura, itu pula yang terjadi di Lamongan sebulan belakangan ini," kata Ati Kustianti.

Senda dengan Ati, menurut Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Bantul, Pramudi Dharmawan, Flu Singapura memang disebabkan virus tersebut menular lewat feses yang masuk ke mulut dan percikan air liur serta lendir.

Meski tidak termasuk penyakit berbahaya namun jika terjadi komplikasi, Flu Singapura bisa mengarah ke penyakit yang lebih berat.

"Kalau misalnya ada anak yang terkena penyakit ini jangan dikumpulkan dengan anak yang sehat, apalagi bermain bersama-sama karena jelas akan menular," kata dia beberapa waktu lalu.

flu singapura © 2016 brilio.net

Sampai saat ini tidak ada vaksin yang dapat disuntikkan untuk melindungi terhadap virus ini. Namun seseorang bisa menurunkan risiko atau mencegah Flu Singapura dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah mengganti popok dan menggunakan toilet. Yang penting selalu jaga kebersihan dan tetap waspada ya guys. Kesehatanmu lho!

RECOMMENDED BY EDITOR