Brilio.net - Menggunakan bahan-bahan alami untuk mempercantik tubuh memang menjadi pilihan yang tepat. Salah satu bahan yang bisa dipercaya adalah aloe vera atau lidah buaya.

Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan garam untuk dijadikan scrub. Cara ini terbilang ampuh untuk menghaluskan kulit dan membersihkan kotoran menumpuk yang menutupi pori-pori.

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat. Kandungan dalam lidah buaya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, hingga vitamin A, B1, dan C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Cara membuat masker lidah buaya dan garam di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Selain itu, ada pula garam. Sejak lama garam dipercaya bisa mengatasi masalah kulit, salah satunya kulit kusam. Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Nah, buat kamu yang ingin memadukan lidah buaya dan garam sebagai bahan kecantikan, berikut ini cara yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Memilih scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit yang jenisnya kering memang perlu memperhatikan bahan-bahan yang menjamin kelembapannya setelah melakukan scrub.

Cara membuat masker lidah buaya dan garam di rumah freepik.com

foto: freepik.com

Kamu bisa mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1/4 cangkir garam laut, dan 1 sendok makan madu organik dan aduk hingga rata.

Scrub lidah buaya ini akan membantu melembapkan kulit secara intens sambil mengangkat kulit mati di permukaan kulit sekaligus memperbaharui sel kulit.

Cara mengatasi kulit kering dan kusam secara alami.

Sebagian orang kadang mengeluhkan kondisi kulit yang kering. Mudahnya muncul kerutan di kulit membuat orang jadi tidak percaya diri. Apalagi jika ditambah dengan kondisi kulit yang kusam. Hal ini wajar karena rendahnya elastisitas pada kulit yang bertipe kering. Itu sebabnya pemilik kulit kering lebih rentan mengalami masalah lain seperti kulit kusam.

Ada berbagai sebab yang membuat kulit menjadi kering dan kusam. Misalnya seperti berada di iklim yang terlalu kering, mandi dengan air panas, kelembapan udara yang rendah, tidak cocok dengan produk kecantikan, dan faktor gen. Namun masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan kusam.

Berikut cara mengatasinya:

1. Minyak zaitun.

Minyak zaitun dipercaya ampuh bisa melembapkan kulit yang kering lho. Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, gunakan minyak zaitun secara rutin setidaknya dua kali sehari. Atau aplikasikan juga setiap kali selesai mandi agar kulitmu senantiasa terjaga kelembapannya.

2. Yogurt.

Masker yogurt ini adalah salah satu masker yang dikenal ampuh mengatasi kulit kering dan kusam. Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan yogurt sebagai bahan utamanya. Namun kalau ingin membuatnya sendiri, caranya pun sangat mudah.

Kita tinggal menggunakan yogurt murni, yaitu yogurt yang tidak ada tambahan gula atau buah di dalamnya. Setelah itu oleskan pada seluruh permukaan kulit, baik wajah maupun tangan. Tunggu hingga kurang lebih 10 menit dan bersihkan dengan air bersih.

3. Lidah buaya.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit adalah lidah buaya. Cara mengaplikasikannya:

- Potong lidah buaya menjadi dua bagian

- Ambil bagian tengah lidah buaya

- Haluskan terlebih dahulu menggunakan blender

- Oleskan pada seluruh permukaan wajah atau kulit yang memerlukan kelembapan

- Atau bisa juga potongan lidah buaya tadi langsung diusapkan ke kulit

- Lakukan dengan pelan dan hati-hati

- Diamkan sekitar 10-15 menit

- Bersihkan dengan air hangat

- Kemudian bilas kembali dengan air dingin untuk mengunci pori

4. Madu.

Bahan alami yang mempunyai banyak khasiat ini, juga patut kamu coba untuk masker. Madu bisa membuat kulit lebih halus, lembap, dan cerah. Jika dilakukan secara rutin, masker madu juga bisa mencegah penuaan kulit, lho. Cara mengaplikasikannya:

- Campurkan dua sendok madu murni dan dua sendok garam

- Aduk sampai merata

- Oleskan langsung pada permukaan wajah yang telah dibersihkan sebelumnya

- Tunggu hingga 30 menit atau sampai masker madu mengering

- Bilas dengan air bersih

5. Pisang.

Buah yang identik dengan warna kuning ini selain enak dikonsumsi juga baik untuk melembapkan kulit. Cara mengaplikasikannya:

- Kupas pisang yang sudah masak

- Hancurkan pisang sampai halus

- Oleskan pada permukaan wajah

- Diamkan sampai mengering kurang lebih selama 20 menit

- Bilas dengan air bersih

6. Susu.

Kandungan antiperadangan yang ada pada susu, membuatnya cocok untuk mengatasi kulit kering. Susu juga dipercaya bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit. Cara mengaplikasikannya:

- Siapkan susu murni yang dingin dan kain lap bersih

- Celupkan kain lap pada susu

- Usapkan dan tepuk-tepuk pada kulit

- Lakukan setidaknya 5-7 menit

- Celupkan kain lap dengan air hangat

- Usapkan pada permukaan kulit hingga bersih

7. Oatmeal.

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi membuat oatmeal memiliki manfaat untuk kulit. Selain melembapkan dan mencerahkan kulit, oatmeal juga bisa memberikan sensasi tenang pada kulit sensitif lho.

Cara mengaplikasikannya di wajah:

- Gunakan 2 sendok makan oatmeal (bisa ditambah madu)

- Larutkan dengan sedikit air

- Aduk hingga semua tercampur

- Oleskan pada wajah secara merata

Cara mengaplikasikan di tubuh:

- Siapkan oatmeal bubuk yang halus

- Masukkan ke dalam bak mandi yang berisi air hangat

- Campurkan dan aduk

- Mandilah dengan hati-hati dan perlahan, agar oatmeal menjangkau seluruh bagian tubuh

8. Minyak kelapa.

Mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa dipercaya mampu melembapkan kulit secara cepat. Selain itu, cara pengaplikasiannya pun cenderung mudah dan praktis. Cukup siapkan minyak kelapa dan tuangkan di telapak tangan. Kemudian usapkan ke seluruh permukaan wajah dan kulit yang memerlukan kelembapan. Biarkan meresap ke dalam kulit.

9. Apel.

Agar kelembapan kulit senantiasa terjaga, apel bisa menjadi bahan ampuh untuk kamu gunakan. Caranya:

- Haluskan buah apel (bisa diparut atau diblender)

- Pisahkan ampas dan air perasan

- Gosokan perlahan ampas apel

- Kemudian bisa dilanjutkan dengan mengoleskan air apelnya

- Biarkan hingga mengering

- Bilas dengan air bersih

10. Ketimun.

Bahan alami yang juga bermanfaat untuk kulit adalah ketimun. Selain mencerahkan dan menghaluskan kulit, ketimun juga memberikan sensasi kesegaran bagi langsung saat kita menempelkannya di kulit. Cara mengaplikasikannya:

- Kupas kulit timun

- Kemudian potong tipis

- Tempelkan pada seluruh wajah

- Diamkan sekitar 15 menit

- Atau sampai air ketimun berpindah di wajah

- Jika sudah, bilas menggunakan air bersih

RECOMMENDED BY EDITOR