Brilio.net - Memiliki wajah mulus, bebas jerawat, komedo dan lainnya memang menjadi idaman banyak orang. Untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus, tak sedikit orang-orang tak segan untuk melakukan sejumlah perawatan yang menguras kantong.

Sebenarnya, selain melakukan perawatan ke salon dan menggunakan skincare, kamu bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami. Misalnya memanfaatkan perpaduan jeruk nipis dan kopi. Kedua bahan ini selain membuat kulit lebih sehat, juga bisa menghilangkan jerawat.

Manfaat masker kopi untuk wajah ini didapat dari adanya berbagai kandungan nutrisi penting seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa antioksidan.

Seluruh kandungan nutrisi dalam kopi tersebut sangat dibutuhkan wajah untuk menjaga kesehatannya. Untuk itu, kamu bisa mengambil manfaat kopi untuk wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

Cara membuat masker kopi dan jeruk nipis freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada kopi ini akan melawan bakteri-bakteri penyebab jerawat di wajah. Sementara jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi. Sama halnya dengan kopi, jeruk nipis juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat masker kopi dan jeruk nipis freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang memiliki masalah wajah berjerawat, yuk coba buat paduan masker dari kopi dan jeruk nipis. Berikut cara membuatnya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (17/12).

Cara membuat:

- 1 sdm bubuk kopi murni

- 1 buah jeruk nipis, iris menjadi 2 bagian

- Campurkan jeruk nipis dan kopi aduk hingga mengental

- Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu selama 30 menit, lalu basuh wajah dengan air dingin

- Lakukan secara rutin, setidaknya seminggu dua kali.

Manfaat jeruk nipis untuk tubuh

1. Hilangkan panu.

Manfaat pertama yang ada pada jeruk nipis yakni menghilangkan panu. Seperti kita tahu jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid atau antioksidan yang kuat, dan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Asam sitrat yang terkandung juga menjadikan jeruk nipis sebagai antibakteri dan anti-jamur yang andal.

Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C. Nah, untuk menghilangkan panu, kamu bisa mencampur jeruk nipis dengan belerang. Perpaduan jeruk dan belerang akan lebih ampuh untuk membunuh kuman penyebab jamur atau jerawat.

Caranya yakni mencampurkan 1 sdm perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang ditumbuk halus. Setelah menjadi adonan seperti pasta, oleskan pada panu. Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

2. Hilangkan bau badan dan ketiak.

Seperti yang telah diulas di atas, jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lain dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, macronutrients, kalium, besi, tembaga, kalsium, serat, dan kalori. Kandungan tersebut diklaim dapat menghilangkan bau badan dan bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan pengaplikasian deodoran pada ketiak. Yakni gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran. Maka bau badan akan menghilang.

3. Memutihkan gigi.

Manfaat berikutnya yakni untuk memutihkan gigi. Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk nipis juga dapat berperan sebagai antibakteri yang efektif membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm air perasan lemon. Kemudian, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga tercampur rata. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih. Kamu bisa melakukan cara di atas sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

Selain memutihkan gigi, jeruk nipis juga mampu mengatasi berbagai masalah pada mulut, yakni mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Sebab jeruk nipis juga mampu untuk membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan jeruk nipis yakni siapkan 2 buah jeruk nipis. Potong dan peras 2 buah jeruk nipis tersebut lalu campurkan dengan segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

5. Meredakan radang tenggorokan.

Mengalami radang tenggorokan memang tidak mengenakkan. Nah, salah satu resep herbal alami yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan jeruk nipis.

Untuk mengobatinya sediakanlah setengah potong jeruk nipis, air hangat, dan madu. Campurkan perasan jeruk nipis dan air hangat serta masukkan 2 sendok makan madu.

Minumlah dalam keadaan hangat untuk mendapatkan manfaatnya bagi tenggorokan. Sebaiknya untuk penyembuhan lebih cepat minumlah 2 kali sehari.

6. Mencerahkan wajah.

Dalam dunia kecantikan jeruk nipis menjadi primadona karena kandungan vitamin C-nya. Jeruk nipis bisa digunakan untuk eksfoliasi mengangkat sel kulit mati, yang menumpuk di pori-pori wajah dan menyebabkan wajah tampak kusam.

Cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis adalah potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian usapkan secara merata pada permukaan wajah. Tidak perlu menggosoknya terlalu kencang, cukup diusap-usap pelan sambil sedikit ditekan pada permukaan kulit agar nutrisinya masuk ke pori. Lalu diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Menghilangkan dan mengobati jerawat.

Vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membuat kulit kencang dan kenyal. Cara pengaplikasian jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat yakni dengan air dari buah yang sudah diperas.

Jika sudah tersedia perasan jeruk nipis, kamu bisa mengoleskannya pada area berjerawat dengan menggunakan kapas. Sebaiknya sebelum mengoleskan, wajah terlebih dahulu dibersihkan. Setelah kering, cukup bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat atau air biasa.

8. Menghilangkan ketombe.

Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi banyak orang. Selain terasa gatal, ketombe juga dapat mengganggu penampilan. Jika sudah menggunakan shampo anti-ketombe tapi nggak ada hasilnya, kamu bisa menggunakan bahan alami dari jeruk nipis ini.

Kandungan citric acid yang terdapat di dalam jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH dan bisa mengurangi produksi ketombe. Sebaiknya menggunakan bahan campuran madu untuk mengatasi iritasi, melembabkan dan menutrisi kulit kepala. Perpaduan jeruk nipis dan madu ini ampuh menghilangkan ketombe.

Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dengan 2 sendok makan madu. Balurkan campuran tersebut pada rambut secara merata dan diamkan dalam kurun waktu 30 menit kemudian bersihkan.

9. Menghilangkan bekas luka pada kulit.

Cara menghilangkan bekas luka dengan cepat nggak melulu dengan obat-obatan. Jeruk nipis diketahui juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Sebab bahan alami satu ini mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Caranya yakni dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada kulit bekas luka secara merata. Kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini selama 2 kali sehari.

10. Menghilangkan kutil.

Kutil termasuk sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), yang menginfeksi lapisan atas kulit. Virus ini biasanya menyebar akibat sentuhan atau penggunaan barang pribadi secara bersamaan.

Nah, kehadiran asam sitrat di dalam jeruk nipis mampu mengikis kutil dengan efektif. Oleskan air perasan tersebut setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang.

11. Meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan rajin mengonsumsi air perasan jeruk nipis, dapat meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C dan antioksidan berupa flavonoid. Hal ini membantu kamu tetap bugar dalam berbagai kondisi.

RECOMMENDED BY EDITOR