Brilio.net - Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah positif Corona. Melihat persebaran virus Corona atau COVID-19 yang kian meraja lela, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan imbauan bagi masyarakat. Hal ini dikeluarkan demi meminimalisir persebaran Corona kian meluas.

"Untuk mengatasi penyebaran COVID-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyarakat," kata Jokowi, dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (16/3).

Tak hanya itu saja, Jokowi juga meminta agar masyarakat Indonesia dengan sadar melakukan pengecekan kesehatan. Apabila merasa badan tidak enak, hendaknya segera datang ke rumah sakit terdekat atau rujukan Corona. Menjaga jarak dengan sesama manusia juga diharapkan bisa cegah persebaran Corona.

Menurut Jokowi, social distancing atau menjaga jarak satu dengan lain penting untuk mencegah Corona. Demi menjaga kesehatan, seluruh masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan. Salah satunya Jokowi kerap menyampaikan cara cuci tangan dengan benar.

Agar bisa diikuti dan mudah dipraktikkan, Jokowi pun mengajarkan cuci tangan seraya menyanyi. Video itu diunggah langsung oleh Jokowi melalui akun Instagram pribadinya. Diawali dengan narasi Iriana Jokowi, "Cuci tangan itu penting untuk mencegah datangnya penyakit".

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

"Basuh air dan beri sabun. Gosok kedua telapak tangan. Gosok punggung tangan kiri dan kanan juga sela-sela jari. Ibu jari kiri gosok memutar , ibu jari kanan gosok memutar. Ujung jari putar. Keringkan, bersih kedua tangan," isi petikan lagunya.

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), Adib Khumaidi menulis, panduan mencuci tangan yang efektif untuk membunuh kuman, dilansir dari Antara, sebagai berikut.

- Basahi kedua tangan dengan air bersih mengalir, matikan kran, lalu tuang sabun secukupnya

- Gosok kedua tangan. Pastikan kamu menggosok sela-sela jari, kedua punggung tangan, dan di bawah kuku. Kaitkan seluruh jari dengan telapak saling menyentuh, gosok bagian dalam, bergantian dua sisi tangan.

- Kemudian tukar posisi. Kaitkan jari-jari tangan kiri di atas punggung tangan kanan dan gosok bagian punggung tangan bergantian

- Gosok jempol kiri menggunakan tangan kanan dengan gerakan memutar, begitu pula sebaliknya

- Lakukan selama 20 detik selama menggosok tangan

- Bilas tangan hingga bersih dengan air yang mengalir

- Keringkan kedua tangan dengan handuk bersih atau angin-anginkan

- Jika memungkinkan, matikan keran menggunakan siku atau gunakan tisu untuk menghalangi tangan yang sudah bersih saat mematikan keran

Mencuci tangan bisa menggunakan sabun dan air yang mengalir. Itu menjadi anjuran dari WHO (Badan Kesehatan Dunia). Termasuk penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan kuman. Sayangnya nyaris seluruh negara yang terdampak virus Corona jadi sulit ditemukan pembersih tangan tersebut.

Hand sanitizer kian langka dan jadi jarang bisa ditemukan, bahkan di apotek sekali pun. Pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen merupakan kriteria dari dokter.

"Pembersih tangan tanpa alkohol atau konsentrasi alkohol yang lebih rendah mungkin tidak bekerja dengan baik untuk banyak jenis kuman, dan hanya mengurangi pertumbuhan kuman daripada membunuh mereka secara langsung," Dr Edwin Chng, wakil direktur medis di Parkway Shenton, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

Jika stok di pasaran kian menipis, kamu bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Berikut cara membuat hand sanitizer sendiri seperti brilio.net lansir dari healthline, Senin (16/3).

Apabila air dan sabun tidak tersedia, pilihan terbaik berikutnya, menurut Pusat Tepercaya Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), adalah dengan menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Yang dibutuhkan hanyalah tiga bahan untuk membuat pembersih tangan di rumah.

- Isopropil atau alkohol gosok (volume alkohol 99 persen)

- Gel lidah buaya

- Minyak esensial, seperti minyak pohon teh atau minyak lavender. Atau kamu bisa menggunakan jus lemon.

Kunci membuat pembersih tangan penghilang kuman yang efektif adalah dengan tetap menggunakan proporsi alkohol 2: 1 dengan lidah buaya. Langkah ini menjaga supaya kandungan alkohol tetap sekitar 60 persen. Kadar ini adalah jumlah minimum yang diperlukan untuk membunuh sebagian besar kuman, menurut CDC.

Rishi Desai, kepala petugas medis Osmosis, dan mantan petugas dinas intelijen epidemi di divisi penyakit virus di CDC, mengatakan bahwa resep pembersih tangan di bawah ini akan membunuh 99,9 persen kuman setelah 60 detik.

Bahan yang dibutuhkan:

- 3/4 cangkir isopropil atau alkohol gosok (99 persen)

- 1/4 cangkir gel lidah buaya (untuk membantu menjaga tangan tetap halus dan untuk menangkal kerasnya alkohol)

- 10 tetes minyak esensial, seperti minyak lavender, atau bisa menggunakan jus lemon

Cara membuat:

1. Tuang semua bahan ke dalam mangkuk, idealnya dengan semburan seperti wadah pengukur kaca.

2. Campur dengan sendok dan kocok dengan whisk untuk mengubahnya menjadi gel.

3. Tuang bahan ke dalam botol kosong agar mudah digunakan, dan beri label "pembersih tangan". Selesai.

Cara menggunakan pembersih tangan

Cara bikin hand sanitizer sendiri di rumah unsplash

foto: unsplash.com

Dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan pembersih tangan adalah kamu perlu mengoleskannya ke kulit sampai tangan kering. Jika tanganmu berminyak atau kotor, kamu harus mencucinya terlebih dahulu dengan sabun dan air. Berikut cara benar menggunakan hand sanitizer pada tangan.

1. Semprotkan atau oleskan sanitizer ke telapak tangan.

2. Gosok tangan dengan seksama. Pastikan kamu menutupi seluruh permukaan tangan dan semua jari.

3. Lanjutkan menggosok selama 30 hingga 60 detik atau sampai tangan kering.

4. Diperlukan waktu setidaknya 60 detik, dan terkadang lebih lama, untuk pembersih tangan membunuh sebagian besar kuman.

RECOMMENDED BY EDITOR