Brilio.net - Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga mereda. Meski angka kasus pasien penyakit itu sudah menurun, namun masyarakat dianjurkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu juga, masyarakat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga, dan menjaga kesehatan mulut serta saluran pernapasan. Sebab, Covid-19 menyerang area pernapasan sehingga harus rajin dibersihkan.

Hal itu pun disampaikan oleh Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, Sp.THT-KL, untuk tetap menjaga kebersihan hidung dan saluran pernapasan masyarakat dianjurkan untuk berkumur dan semprot tenggorok menggunakan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I).

"Karena mulut dan tenggorokan merupakan merupakan jalan masuk dan reservoir dari SARS CoV-2 penyebab Covid-19," ujarnya kepada media dalam acara webinar peluncuran rangkaian produk URT (Upper Respiratory Tract) Care dari Betadine, Jumat (29/10).

Syahrial mengakatan penggunaan antiseptik PVP-I sangat dianjurkan untuk mencegah dan memutus rantai infeksi Covid-19.

membersihkan hidung dan saluran pernapasan Pixabay

"Efektivitas PVP-I dalam melawan Covid-19 telah banyak dibuktikan melalui berbagai studi. Studi in vitro oleh Duke-National University Singapore menunjukkan antiseptik PVP-I mampu membunuh 99.99 persen virus SARS-CoV-2 dalam 30 detik," tuturnya.

Sementara itu, penelitian independen oleh National University Health System Singapore menunjukkan semprotan tenggorok PVP-I berhasil menurunkan infeksi SARS-CoV-2 sebesar 24 persen (dalam hal pengurangan risiko absolut) dibandingkan dengan vitamin C terhadap 3.037 pekerja migran.

Praktisi dan Edukator Kesehatan, dr. Mery Sulastri memaparkan, selain menjaga kebersihan mulut dan tenggorok dengan kumur dan semprot antiseptik PVP-I, masyarakat juga perlu menjaga kebersihan rongga hidung.

Hidung merupakan salah satu jalan masuk dan reservoir SARS-CoV-2. Sementara Lota Carrageenan secara efektif menurunkan viral load di rongga hidung. Cara kerja Iota Carrageenan adalah dengan melapisi dinding mukosa hidung dan mencegah virus untuk menempel pada reseptor untuk bereplikasi.

"Hal ini menjadikan penggunaan semprot hidung Iota-Carrageenan suatu alternatif perlindungan tambahan untuk rongga hidung selama masa normal baru ini," pungkas Mery.