Brilio.net - Sobat Brilio, emang nggak enak sih punya masalah sama bau badan. Di tengah keseharian kita yang begitu dinamis, keringat dan potensi masalah bau badan tentu jadi masalah yang tak terhindarkan. Selain bikin nggak nyaman sama diri  sendiri, bau badan juga bisa menyebabkan orang di sekitarmu terganggu.

Kayak yang dialami aktris cantik Olivia Jensen nih, Sobat Brilio. Oliv sendiri terkenal sebagai aktris dengan aktivitas yang padat dan gemar bergaul. Bintang film "Bukan Cinta Biasa" ini mengaku bahwa dirinya memiliki indera penciuman yang cukup sensitif.

"Hal ini yang biasanya bikin saya langsung tahu kalau seseorang yang berada di sekitar saya memiliki masalah bau badan. Bagi saya, aroma tubuh seseorang merupakan bagian dari first impression saya terhadap orang tersebut, dan first impression counts!" ucapnya.

"Seberapa rapi atau menyenangkannya seseorang, kalau ia punya masalah bau badan, pasti image-nya di mata saya akan menjadi kurang baik. Tapi, mengingat etika dan kebiasaan kita sebagai orang Indonesia, saya selalu berpikir dua kali untuk mengingatkan orang tersebut," lanjutnya

Hmm... Kebayang dong kalau punya ketiak yang baunya ganggu orang sekitarmu? Nggak mau kan kalau kejadian bau badan bisa memengaruhi image kamu juga? Anyway, berikut ini beberapa 12 "senjata ampuh" yang bisa basmi bau badanmu biar nggak keki lagi kalau lagi bergaul sama orang lain guys!

1. Mandi minimal dua kali sehari.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: imageshack

Nah, jangan sampai kamu malas mandi ya. Kalau misalnya kamu nggak mandi, dan kamu berkeringat, keringat itu akan berkolaborasi dengan bakteri miksroskopis yang bisa menghasilkan bau yang nggak sedap. Menurut ahli kesehatan, mandi terbaik untuk menghilangkan bau badan dan bakteri di tubuh adalah dua kali sehari. Setelah mandi dan kulit ketiak udah kering, jangan lupa aplikasikan deodoran kamu di kulit ketiakmu agar tetap kering guys. Selain membuat tubuhmu segar selalu, keringat dan bakteri bisa pergi jauh-jauh deh.

2. Pergunakan handuk dengan tepat.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: polkadotpond.com

Setiap setelah mandi, pastikan badanmu sudah kering sepenuhnya dengan menggunakan handuk. Jangan lupa ganti handuk kamu kalau handuk sudah mulai basah dan jarang diganti. Hal ini ternyata juga bisa menyebabkan bau badan lho guys. Maka sebaiknya ganti handuk mandi kamu paling tidak setiap seminggu sekali, bukan harus beli yang baru namun kamu bisa mencucinya setiap seminggu sekali. Dan jangan lupa setelah digunakan dijemur di bawah sinar matahari agar handuk tidak lembab dan menjadi sarang bakteri.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: huffingtonpost

Dalam hal pemilihan apa yang kamu pakai, kamu juga harus memperhatikan pemilihan bahan pakaian yang kamu gunakan sehari-hari. Apalagi buat kamu yang termasuk orang dengan jumlah keringat yang banyak. Pakailah pakaian yang mampu menyerap keringat lebih cepat. Bergantilah pakaian ketika sudah terkena keringat akibat beraktivitas selama seharian. Pakaian baru dicuci membantumu jauh-jauh dari bau badan.

4. Pakai sabun antibakteri.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

Pastikan kamu juga memakai sabun anti bakteri yang akan membantumu mengusir keringat dan bakteri itu.

5. Atur asupan makanan.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: wikihealthtips

Ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuatmu lebih banyak mengeluarkan keringat. Misalnya saja makanan pedas. Bahkan aroma dar bawang yang kamu makan juga bisa bikin bau badan lho. Selain itu, minuman berkafein atau beralkohol juga bisa bikin berkeringat berlebih. Ingat, kalau kulit berkeringat akan bekerja sama dengan bakteri kulit yang berpotensi bikin badan kita bau.

6. Stop cukur bulu ketiak.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: uniqpost

Bulu-bulu halus yang ada di ketiak memang bisa menyebabkan kulit ketiak jadi lembab, jadi tak heran kalau kalian jadi hobi cukur ketiak. Tapi tahu nggak kalau sebenernya kebiasaan itu bisa jadi penyebab bau badan juga? Kebiasaan cukur bulu ketiak bisa menyebabkan iritasi dan itu bakal bikin ketiak jadi lebih sensitif. Nah kalau misal udah sensitif, ketiak bisa menimbulkan bau tak sedap juga guys!

7. Konsumsi buah tomat.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: femmehub.com

Tomat mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Tomat ternyata juga bisa mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi keringat lho. Dengan minum 1-2 gelas jus tomat setiap hari atau bisa juga jadikan cairan tomat tersebut untuk mandi. Jadi, campurlah jus tomat itu ke dalam air mandimu. Setidaknya mandilah dengan jus tomat ini sebanyak satu kali sehari untuk mengontrol bau badanmu.

8. Baking soda.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: tumblr.com

Selain kegunaannya untuk membuat kue, ternyata baking soda ini bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya adalah dengan menyampur sedikit baking soda dan tepung maizena, kemudian campurkan dan oles pada daerah ketiak. Cara ini bisa menjaga kulit pada ketiak kita jadi tetap kering dan segar sepanjang hari. Pastikan, gunakan campuran ini saat sebelum mengenakan pakaian ya.  

9. Treatment dengan jeruk nipis.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: mitalom.com

Jeruk nipis memang dikenal dengan banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bau ketiak. Jeruk nipis ini bisa menyeimbangkan tingkat pH pada kulit. Caranya kamu letakkan sepoton jeruk nipis di bawah lengan, kemudian biarkan selama 15 menit. Dengan trik sederhana ini bisa bikin ketiakmu tetap segar sepanjang hari lho.

10. Konsumsi rebusan daun sirih.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: deherba

Cara ini sudah turun temurun dilakukan nenek moyang kita guys. Air rebusan daun sirih dipercaya bisa membuat aroma badan menjadi wangi dan bebas bau. Kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu. Jika kamu tidak suka dengan rasa air rebusan daun sirih, kamu bisa mengganti dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi.

11. Perbanyak konsumsi air putih.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: fitlife.tv

Kurang minum air putih ternyata bisa membuat pembuangan racun dari dalam tubuh melalui keringat menjadi tidak sempurna. Nah hal ini berakibat kuman dan bakteri yang tersisa menyebabkan bau badan. Makanya, penting bagi kamu untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk menjaga bau badan tetap segar.

12. Pakai deodoran atau antiperspirant.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

Spesialis kulit dan kelamin, dr Vinia Ariani Permata SpKK, menjelaskan bahwa masalah bau badan memang bisa kita antisipasi dengan selalu menjaga kebersihan dan higienitas tubuh. "Maka setiap orang harus melengkapi diri dengan perlindungan yang optimal terhadap bakteri penyebab bau badan setiap hari, misalnya melalui penggunaan deodoran yang mengandung antiperspirant dan bahan antibakteri."

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

foto: rexona

Rexona, merek deodoran produksi PT Unilever Indonesia Tbk telah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Rexona Antibacterial Defense. Rexona ini bisa jadi solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan bau badan kalian, karena formulasi antibau mampu memberikan perlindungan 10 kali lebih efektif terhadap bakteri penyebab bau badan. Ditambah lagi, dengan aroma citrus yang begitu segar, Rexona Antibacterial Defense akan membuat kita merasa segar sepanjang hari.

rexona_bau badan bikin keki © 2016 brilio.net

Olivia Jensen tetap percaya diri bersosialita karena udah pakai Rexona, nggak takut bau badan! foto: Rexona

Saat ini, Rexona Antibacterial Defense hadir dalam varian Rexona Antibacterial Defense for Women kemasan roll-on dan Rexona Antibacterial Defense for Men kemasan roll-on. Dalam waktu dekat, Rexona juga akan meluncurkan Rexona Antibacterial Defense dalam kemasan spray/aerosol. Dengan begitu kamu sudah siap dong beraktivitas tanpa harus takut terganggu bau badan, guys!