Brilio.net - Setiap orang dituntut untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat. Salah satu caranya dengan menggunakan skincare. Penggunaan skincare sendiri bisa dimulai sejak remaja, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan sesuai usia.

Ada banyak rekomendasi skincare untuk remaja yang bagus. Namun bagi kamu yang berusia remaja, harus pintar dalam memilih produk skincare. Sebab saat remaja kulit masih sangat sensitif. Alih-alih merawat wajah, salah skincare justru menambah masalah pada wajah.

Sebelum membahas mengenai rekomendasi skincare untuk remaja, kita bahas dulu mengenai urutan skincare. Urutan skincare untuk remaja juga tak beda jauh dengan orang dewasa. Yang membedakan hanya jenis dan kandungan di dalam skincare-nya.

Urutan skincarenya mulai dari skincare siang yakni pembersih wajah, cleanser, toner, essence, serum, day cream, dan sunblock. Selanjutnya untuk skincare malam dimulai dari pembersihan wajah dengan makeup remover, cleanser, toner, essence, serum, eye cream, dan night cream.

Lantas apa saja yah skincare yang cocok untuk remaja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/1).

1. Clean & Clear Micellar Water

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/aveccaoffialshop

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, cocok menggunakan skincare ini. Sebab skincare ini membantu mengangkat kotoran di wajah setelah beraktivitas.

Produk ini mampu mengangkat 99% makeup waterproof, kotoran, dan minyak berlebih. Kandungan Triple Micellar Technology, ekstrak Aloe Vera, dan 0% Alkohol sangat aman untuk kulit remaja. Harga produk ini juga sangat terjangkau, yakni Rp 22 ribu.

2. Senka Perfect Whip Fresh Anti Shine

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/preetylook

Untuk menggunakan sabun cuci muka kamu bisa memilih produk Senka. Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan white cocoon essence dan double hyaluronic acid, produk ini mampu mengangkat kotoran dan minyak tanpa memberikan efek kesat dan kering pada wajah.

Selain itu, produk ini juga menggunakan bahan alami dari Jepang, yaitu uji green tea yang bermanfaat untuk menutrisi dan merawat kulit secara optimal. Harga produk ini dibanderol Rp 26 ribu.

3. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/cozme

Selanjutnya kamu bisa memilih Emina Bright Stuff Moisturizing Cream sebagai pelembap wajah. Krim ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kekenyalan kulit.

Produk ini mengandung ekstrak summer plum yang dikenal sebagai anti pollutant, moisturizing dan vitamin E dan yang bermanfaat untuk menutrisi dan mencerahkan kulit. Memiliki tekstur yang sangat ringan dan juga mudah menyerap, jadi bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Harga produk ini adalah Rp 23 ribu.

4. Nivea Sun Face Protection Serum Spf 50+ Pa +++ - Oil Control

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/medasrx

Sunblock salah satu skincare yang tak boleh dilewatkan. Sunblock memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kamu bisa memilih sunblock dari Nivea Sun Face Protection Serum Spf 50+ Pa +++ - Oil Control yang memiliki kandungan SPF 50.

Sunblock ini juga berfungsi untuk mengurangi sebum hingga 86 persen dan dapat melindungi kulit dari sinar UVB, UVA 2 dan UVA1 yang dapat merusak kulit. Tak hanya sebagai pelindung dari paparan sinar matahari, tapi juga dapat menutrisi kulit agar lebih cerah.

Harga satu produk ini dibanderol hanya Rp 50 ribu.

5. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/ponnybeaute

Untuk membuat kulit kamu lebih sehat, kamu juga bisa menggunakan masker rutin satu minggu dua kali. Kamu bisa memilih Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask sebagai perawatan mingguan kamu. Masker ini mampu menutrisi kulit remaja yang lelah dan menenangkan kulit yang berjerawat.

Selain itu, masker ini juga dapat mengatasi komedo, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi masalah kulit lainnya. Harga satu masker ini dibanderol Rp 119 ribu.

6. Emina The Bright Stuff Face Toner

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/cozme

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, bisa memilih toner dari Emina The Bright Stuff. Produk non alkohol ini mengandung vitamin B3 dan licorice extract yang membuat kulit lebih cerah.

Toner memiliki fungsi untukmenjaga kelembapan kulit wajah dan menutrisi kulit agar lebih terhidrasi. Menggunakan bahan-bahan alami, skincare ini cocok digunakan untuk remaja. Harga toner ini adalah Rp 26 ribu.

7. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask varian Green Tea

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/makeupbeautyhouse

Jika anak ingin perawatan wajah yang gampang, kamu bisa memilih Garnier Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask varian Green Tea. Produk ini digunakan sebagai masker wajah agar lebih lembap dan ternutrisi.

Kandungan ekstrak green tea dan Hyaluronic Acid pada masker ini diklaim mampu melembabkan kulit yang berminyak dan kombinasi, yang umumnya dimiliki para remaja. Produk ini juga bisa digunakan untuk kulit yang sensitif. Harga produk ini sangat terjangku, yakni Rp 15 ribu.

8. Himalaya Purifying Neem Mask

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/gepebe

Skincare yang aman untuk remaja lainnya adalah Himalaya Purifying Neem Mask yang dapat mengangkat kotoran di wajah dua kali lebih bersih.

Produk ini juga mengklaimdapat menyembuhkan jerawat dan membuat wajah lebih cerah. Masker ini juga mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Jika digunakan secara teratur, masker ini juga dapat mencegah datangnya jerawat.

Cara pemakaiannya juga mudah, yaitu dengan bersihkan wajah dan leher, ambil sedikit masker dan aplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih.

9. Wardah Perfect Bright Moisturizer

Rekomendasi Untuk remaja berbagai sumber

foto: Shopee/matarindo_cosmetic

Selain itu ada juga Wardah Perfect Bright Moisturizer yang digunakan sebagai pelembap. Produk ini memiliki PH seimbang untuk remaja yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Selain melembabkan, produk ini juga dapat menghaluskan kulit. Kandungan Vitamin B3 nya mampu menutrisi kulit wajah remaja.

Ada pula kandungan di dalamnya juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Harga produk ini juga sangat terjangkau, yakni Rp 18 ribu.