Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Kesehatan
Lola Lolita (brl/lin)

17 Juli 2019 06:01

9 Penyebab munculnya sariawan dan cara mengatasinya

Penyebab sariawan paling umum adalah daya tahan tubuh yang melemah..

9 Penyebab munculnya sariawan dan cara mengatasinya

View Image



foto: healthcarereformmagazine.com

Brilio.net - Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang bisa dialami oleh hampir semua orang. Entah itu di bagian dalam mulut, bibir atau lidah, pasti akan membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan bahkan sangat sulit untuk makan dan bicara. Rasa perih dan sakit inilah yang membuat seseorang menggunakan berbagai cara agar sariawan cepat pergi dari mulut mereka.

Lalu apa sih sariawan itu? Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer.

Penyebab sariawan paling umum adalah daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Tak hanya itu saja, sariawan bisa muncul karena beberapa hal lainnya, seperti bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika kamu menyikat gigi terlalu keras sehingga melukai gusi.

Kamu juga harus mengetahui beberapa penyebab lainnya, agar bisa mencegah munculnya sariawan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/7).

1. Stres.

Loading...

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: pixabay.com

 

Seseorang yang kerap stres karena berbagai hal sehingga memunculkan kecemasan yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatannya. Salah satunya adalah munculnya sariawan. Oleh karenanya kamu bisa mengendalikan diri agar tidak mudah stres.

2. Anemia.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: elitecme.com

 

Anemia disebabkan karena kurangnya tingkat zat besi yang menyebabkan luka, sehingga membuat mulut dan tenggorokan kering. Dengan begitu sariawan akan muncul dengan mudah.

3. Ketidakseimbangan hormonal.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: bustle.com

 

Ketidakseimbangan hormonal juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan. Terutama perempuan yang cenderung mengembangkan sariawan sebelum dan selama menstruasi.

4. Infeksi herpes simpleks.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: tamhsc.edu

 

Herpes simpleks merupakan virus yang dapat menular secara langsung kepada orang lain. Penularannya bisa melalui makanan yang dikonsumsi satu piring bersama, berbagai pelembap bibir dan ciuman. Seseorang yang mengalami hal ini sangat mudah terserang sariawan.

5. Kesehatan gigi buruk.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: absolutedental.com

 

Penting bagi kamu untuk selalu membersihkan gigi dan mengecek kesehatan gigi ke dokter. Pasalnya jika kesehatan gigi yang buruk maka dengan mudah kamu terserang sariawan.

6. Kurang nutrisi.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: nutritional-insight.co.uk

 

Bila seseorang kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, vitamin C, dan zat besi akan menimbulkan sariawan. Oleh karennya penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

7. Alergi dengan makanan tertentu.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: pixabay.com

 

Ada beberapa orang bisa terserang sariawan karena salah mengonsumsi makanan. Pasalnya sariawan bisa dipicu karena kerap mengonsumsi makanan pedas.

8. Masalah pencernaan.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: mcmasteroptimalaging.org

 

Sariawan juga bisa disebabkan karena pencernaan yang bermasalah. Misalnya saja karena asam lambung. Di mana asam dari lambung bisa naik dan menyebabkan sariawan pada rongga mulut.

9. HIV.

Penyebab munculnya sariawan istimewa

foto: pixabay.com

 

Jika kamu mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena jika sariawan dalam jangka waktu yang panjang bisa saja pertanda HIV. Hal ini dikarenakan HIV menyerang sistem pertahanan tubuh.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Sariawan Kesehatan mulut Kesehatan Penyakit
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE