Brilio.net - Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman obat yang telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Tanaman ini dapat dimanfaatkan secara langsung atau banyak juga dijual sudah diolah jadi bentuk gel, krim, atau salep.

Dikutip dari medicalnewstoday, lidah buaya atau aloe barbadensis punya bentuk tebal bertangkai pendek. Pada tangkainya itu, tersimpan air. Lidah buaya paling dikenal untuk mengobati luka kulit. Namun demikian, lidah buaya masih menyimpan manfaat, berpotensi bermanfaat bagi kesehatan lain.

Beberapa kandungan yang terkandung di lidah buaya adalah vitamin A, vitamin C, mineral dalam jumlah banyak, asam amino, enzim, dan polisakarida. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Nah, apa saja dan bagaimana ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk obat herbal? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/3) berikut ini.

1. Menyehatkan organ hati.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline, dalam hal detoksifikasi tubuh, membutuhkan fungsi organ hati yang sehat jadi bisa bekerja dengan baik. Untuk menjaga kesehatan kunci utama detoksifikasi ini, merawatnya dengan mengonsumsi jus lidah buaya adalah cara terbaik. Jus lidah buaya sangat ideal untuk hati karena melembabkan dan kaya fitonutrien.

2. Penambah nutrisi.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Gel lidah buaya yang diolah jadi jus dapat memberikan nutrisi baik jika rutin dikonsumsi. Karena lidah buaya mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, C, E, dan asam folat. Lidah buaya juga mengandung sejumlah kecil kalsium, tembaga, kromium, sodium, selenium, magnesium, kalium, mangan, seng, dan vitamin B-12.

3. Hidrasi tubuh.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Hidrasi adalah proses di mana molekul air tersusun mengelilingi ion di dalam tubuh. Membuat tubuh tetap menjaga hidrasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Karena tanaman lidah buaya sangat padat air, jadi ideal untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi.

Apabila tubuh tetap terhidrasi, maka lebih membantu detoksifikasi lebih baik. Tubuh jadi semakin mudah membersihkan diri serta membuang kotoran. Jus lidah buaya juga mengandung banyak nutrisi yang mengoptimalkan produksi organ tubuh.

Tubuh tetap hidrasi sangat penting karena ginjal dan hati perlu menjalani tanggung jawab detoksifikasi darah dan memproduksi urin. Untuk alasan ini, Anda perlu menjaganya tetap sehat. Tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk membilas dan membersihkan diri dari penumpukan asam laktat.

4. Melancarkan pencernaan.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Banyak orang kerap mengalami berbagai masalah pencernaan, sembelit atau susah buang air besar misalnya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan memanfaatkan obat herbal lidah buaya. Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang dikenal untuk membantu pemecahan gula dan lemak serta menjaga pencernaan tetap lancar.

Minum jus lidah buaya membantu meningkatkan kandungan air di usus. Lidah buaya dapat membantu meningkatkan kadar air usus dan stimulasi gerak peristaltik, sehingga membantu buang air besar secara normal. Lidah buaya juga membantu menormalkan bakteri sehat di usus serta secara alami menjaga keseimbangan flora usus tetap stabil. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi jus lidah buaya secara rutin.

5. Meredakan mulas.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Minum jus lidah buaya bisa membantu melegakan dan meringankan rasa saat sakit maag menyerang. Senyawa yang ada dalam jus lidah buaya membantu mengontrol sekresi asam di perut. Efeknya bahkan telah terbukti dapat memerangi tukak lambung dan mencegahnya menjadi lebih besar.

6. Membantu mengobati sariawan.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Banyak orang sering atau pernah mengalami sariawan selama hidup. Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan bisa berlangsung selama sekitar satu minggu. Salah satu cara mengobati sariawan dengan mudah adalah dengan pengobatan lidah buaya.

7. Menjaga kesehatan rambut.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe. Sementara itu, lidah buaya juga memiliki enzim gel, yang mampu membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan saat kulit kepala kering tak jarang akan menimbulkan rasa gatal, maka dengan menggunakan gel lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

8. Mengobati luka bakar.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Kecelakaan kerja sangat bisa terjadi dan memungkinkan menimbulkan luka bakar ringan. Jangan panik, apalagi saat kamu tidak dapat segera pergi ke dokter. Kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Caranya cukup mudah, peras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental lepas dari kulit buaya. Lalu gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya.

Belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkan kulit lidah buaya dan sisa dagingnya pada kulit yang terbakar. Rasa perih dapat muncul selama melakukan proses ini. Namun tahan sebentar dan biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki kandungan khusus untuk menghidrasi kulit. Hal ini berarti kamu akan mendapatkan tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika merawat menggunakan lidah buaya secara rutin.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

tanaman obat lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya adalah mampu membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Tak tanggung-tanggung, lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus. Kalau kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menikmati dalam bentuk es lidah buaya.

Caranya cukup potong daging lidah buaya menjadi bentuk dadu, siapkan gelas atau cangkir yang sudah dituang sirup sesuai selera, dan masukkan daging lidah buaya. Agar semakin nikmat kamu bisa menambahkan agar-agar, es batu, dan perasan lemon.

RECOMMENDED BY EDITOR