Brilio.net - Buah kesemek merupakan buah yang berasal dari dataran Tiongkok yang kemudian menyebar dan banyak ditanam di Indonesia. Buah ini memiliki bentuk yang mirip seperti tomat dan berwarna oranye.

Buah kesemek pun memiliki rasa yang lezat, yakni manis seperti madu. Meskipun tak sepopuler buah-buahan lainnya, ternyata kesemek memiliki beragaman kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam buah kesemek, di antaranya serat, folat, kalium, vitamin A, C, E, K, B1, B2, dan B6.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/7), inilah manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah penumpukan kolesterol.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari WebMD, buah kesemek mampu menjaga kesehatan jantung karena kaya akan serat, antioksidan, dan memiliki sifat antiasterosklerotik. Buah kesemek pun berperan untuk mencegah terjadinya aterosklerosis yang merupakan kondisi menumpuknya kolesterol, lemak, maupun zat lain di dinding arteri. Dengan demikian, konsumsi buah kesemek dapat mencegah pengerasan maupun penyempitan arteri.

Bahkan, buah kesemek juga mampu mengatasi kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Buah ini kaya akan zat tanin yang dikenal sangat efektif menangani masalah kolesterol yang tinggi.

2. Dapat terhindar dari penyakit kronis.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari potensi terjadinya penyakit kronis. Dikutip dari healthline.com, antioksidan dalam buah kesemek dapat mencegah atau memperlambat terjadinya kerusakan sel akibat stres oksidatif yang berasal dari paparan radikal bebas.

Terjadinya stres oksidatif ini dapat memicu penyakit jantung, diabetes, kanker, hingga alzheimer. Tak hanya antioksidan, kandungan beta-karoten yang tinggi pada buah kesemek juga mampu melindungi tubuh dari risiko terkena penyakit jantung, kanker paru-paru, dan usus besar.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, buah kesemek memang mampu melindungi jantung dari penyakit. Dilansir dari healthline.com, kandungan flavonoid, quercetin, dan kaempferol dalam buah kesemek mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Bahkan, konsumsi flavonoid yang terkandung dalam buah kesemek juga mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat, serta mengurangi terjadinya peradangan.

4. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, buah kesemek memiliki konsentrasi vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A dalam buah kesemek ini mampu mendukung fungsi penglihatan menjadi lebih optimal. Selain vitamin A, kandungan lutein dalam buah ini juga mampu melindungi mata dari berbagai penyakit.

5. Mencegah terjadinya diabetes.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Buah kesemek ternyata memiliki sifat anti-diabetes dan antioksidan, sehingga baik untuk mencegah terjadinya diabetes. Dilansir dari WebMD, kandungan flavonoid, anti-diabetes, dan antioksidan dalam buah kesemek mampu mencegah terjadinya Advanced Glycation End Products (AGEs).

AGEs merupakan senyawa berbahaya yang terbentuk dari gabungan protein/lemak dengan gula dalam darah. AGEs ini berbahaya karena memicu diabetes, serta komplikasi dalam jangka waktu panjang.

6. Mengurangi terjadinya peradangan.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari healthline.com, buah kesemek tinggi akan senyawa anti-inflamasi, sehingga mampu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya penyakit. Bahkan, sebuah studi juga menunjukkan bahwa asupan vitamin C dalam buah kesemek mampu mengurangi risiko peradangan seperti penyakit jantung, kanker prostat, hingga diabetes.

Tak hanya vitamin C saja, kemampuan mengurangi terjadinya peradangan ini terjadi karena adanya kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E dalam buah kesemek.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip WebMD, buah kesemek juga mampu menjaga daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, vitamin A dalam buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang berbagai penyakit.

8. Cocok untuk diet.

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Buah kesemek yang kaya akan serat ini cocok dikonsumsi bagi orang yang tengah diet. Buah kesemek dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan lebih terkendali dan berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, buah ini juga cocok untuk orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Kesemek dapat mengikat kolesterol jahat dalam pencernaan, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

9. Melancarkan BAB

Manfaat buah kesemek © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kandungan serat yang tinggi pada buah kesemek dapat mempermudah seseorang untuk BAB. Bahkan, dalam satu buah kesemek mengandung 6 gram serat yang mendekati jumlah serat harian. Tak hanya melancarkan BAB, konsumsi buah kesemek juga dapat mencegah sembelit dan menyehatkan sistem pencernaan.