Brilio.net - Kesehatan menjadi aset yang berharga dalam hidup. Tubuh yang sehat akan membawamu pada kemudahan dalam berbagai hal. Mulai dari kegiatan yang padat hingga perjalanan yang panjang.

Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan organ tubuhmu. Meskipun terlihat sepele, tapi gangguan organ tubuh jadi kunci awal dari segala sumber permasalahan lho.

Salah satu organ yang perlu kamu perhatikan adalah organ mulut. Banyaknya aktivitas yang melibatkan mulut, nggak dipungkiri akan menimbulkan kotoran dan sarang kuman. Hal ini bisa mengakibatkan banyak kendala baru salah satunya adalah bau mulut.

Kondisi ini yang ada bisa bikin kamu dan orang di sekitarmu jadi nggak nyaman. Salah satu penyebab bau mulut adalah adanya sisa makanan yang terjebak dan membusuk di dalam gigi berlubang.

Selain itu, juga bisa karena tambalan gigi yang rusak, gigi palsu yang tidak pas dan jarang dilepas di malam hari, serta luka bekas pencabutan gigi.

Loading...

Untuk mengatasinya, bisa menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber, Selasa (11/8).

1. Apel.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Apel dikenal sebagai salah satu makanan yang ampuh untuk membasmi aroma tidak sedap pada mulut. Apel kaya vitamin A dan serat yang baik untuk melancarkan metabolisme.

Mengunyah apel dapat membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur, sehingga membantu mengurangi plak dan sisa-sisa makanan di gigi, yang biasanya jadi sumber bakteri penyebab mulut bau.

Kandungan polifenol dalam buah ini bisa menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut dan menghilangkan senyawa atau gas yang berbau, seperti belerang di mulut.

2. Jeruk/lemon.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C bisa meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatnya air liur, bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut.

3. Susu.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nutrisi dalam susu baik untuk kesehatan, termasuk mengatasi permasalahan bau mulut lho. Dianjurkan minum susu setelah menyantap makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah.

4. Teh hijau.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sajian teh hijau bisa membantu menghilangkan aroma nggak sedap dari mulut. Teh hijau mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti mampu mengurangi peradangan. Selain itu, ampuh menghilangkan bau mulut.

Senyawa sulfur yang biasanya menjadi salah satu penyebab bau mulut juga bisa dibasmi dengan teh hijau lho. Teh ini juga bisa mengusir bakteri yang bersarang di dalam mulut.

Untuk menambah kenikmatan teh hijau, kamu bisa mencampurkan daun mint. Sebab, daun mint juga dipercaya mampu untuk mengatasi permasalahan aroma mulut.

5. Daun sirih.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Daun sirih juga nggak kalah populer sebagai obat tradisional. Menurut beberapa penelitian, daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini sangat efektif dalam mengatasi bau mulut.

6. Yoghurt.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Olahan susu yang satu ini juga ampuh untuk membasmi bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan probiotik dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat di mulut.

Selain itu, probiotik juga dapat menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut. Hidrogen sulfida merupakan senyawa yang menyebabkan bau khas dari mulut.

Untuk mengatasi permasalah bau mulut, kamu bisa memilih yogurt plain alias yang tanpa rasa. Karena tambahan gula dalam yogurt aneka rasa justru dapat menarik perhatian bakteri jahat.

7. Kemangi dan peterseli.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Daun kemangi mengandung polifenol yang bertindak seperti antioksidan. Polifenol ini membantu memecah senyawa sulfur di mulut.

Selain itu, kandungan minyaknya sangat ampuh mengusir bau mulut. Begitu juga dengan daun peterseli yang memiliki khasiat sama.

Untuk membasmi bau mulut, kamu bisa mencampurkan peterseli atau kemangi pada makananmu. Sehingga akan lebih mudah dan nikmat dalam mengonsumsinya. Peterseli dan kemangi juga kerap dijadikan makanan pendamping pada makanan yang memiliki bau menyengat.

8. Permen karet.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengunyah permen karet bisa jadi pilihan cara menghilangkan bau mulut dengan sekejap di kala darurat. Mengunyah permen karet juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membilas sisa-sisa plak yang menyelip di gigi.

Tapi, nggak semua permen karet bisa kamu jadikan solusi menghilangkan bau mulut. Pilih permen karet tanpa gula dengan rasa mint.

Rasa mint dapat menyamarkan bau tak sedap di mulut. Di samping itu, permen karet tanpa gula juga lebih aman untuk mulut karena tidak mengundang bakteri.

9. Sayur kubis dan brokoli.

Makanan pembasmi bau mulut © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Buah dan sayur yang mengandung vitamin C juga bisa digunakan untuk membasmi bau mulut. Di antaranya sayur kubis, brokoli, dan kembang kol, yang sama-sama tinggi vitamin C.

Ketiga sayuran ini bisa kamu konsumsi sehari-hari untuk meredam aroma menyengat pada mulut. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai bahan lain.

RECOMMENDED BY EDITOR