Brilio.net - Kamu pernah mimisan? Mimisan adalah pendarahan yang terjadi pada hidung dan biasanya terjadi pada anak-anak karena terlalu kelelahan atau terjadi karena beberapa faktor. Namun, saat ini mimisan juga bisa dialami oleh orang dewasa, termasuk kamu.

Biasanya reaksi pertama adalah panik, ketika seseorang mengalami mimisan. Padahal reaksi ini sebenarnya salah. Bahkan tindakan yang tidak cepat dalam menangani mimisan justru bisa memperparah pendarahan pada hidung.

Mimisan ini bisa terjadi dalam durasi waktu beberapa detik dan ada pula hingga beberapa menit. Darah yang keluar pun bisa dari satu lubang hidung atau kedua lubang hidung.

Ada banyak faktor penyebab dari terjadinya mimisan seperti, membuang ingus terlalu keras, mengorek hidung terlalu dalam sehingga membuat iritasi, alergi, dan faktor udara dingin maupun panas.

Seperti saat ini, udara yang terlalu kering juga dapat menyebabkan mimisan. Nggak ingin kan, tiba-tiba kamu mengalaminya? Pasti kalau pun kamu pernah mengalaminya, kamu akan langsung mencari daun sirih untuk menghentikan pendarahan yang ada.

Loading...

Tapi bagaimana kalau di dekatmu tidak terdapat tanaman sirih? Nah, berikut beberapa cara ampuh mengatasi mimisan yang mudah dan efektif, seperti dirangkum brilio.net dari beberapa sumber, Jumat (26/7).

1. Es batu.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu mengalami mimisan, kompreslah dengan menggunakan es batu untuk membekukan pendarahan yang dapat meredakan peradangan pada pembuluh darah. Kamu bisa menempelkan es batu kecil yang dibungkus dengan plastik ke atas hidung dengan lembut.

2. Bawang merah.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Aroma pedas pada bawang merah dapat membantu menghentikan pendarahan. Kamu cukup mengiris bawang merah dan meneteskan airnya ke dalam lubang hidung yang mengalami pendarahan.

3. Daun ketumbar.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Daun ketumbar memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan peradangan. Kamu bisa menghaluskan daun ketumbar dengan sedikit air, kemudian saring dan ambil airnya. Airnya bisa langsung kamu teteskan pada hidung, untuk menghentikan pendarahan.

4. Garam.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Untuk menghilangkan iritasi yang bisa membuat mimisan, kamu bisa menggunakan garam untuk mencuci hidung. Cukup dengan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu basuh hidung kamu dengan larutan tersebut.

5. Menekan hidung.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@siaukiau

Kamu bisa menekan kedua sisi hidung kamu dengan lembut dengan menggunakan tisu atau sapu tangan, tekan hidung dengan kuat selama 10 menit. Ini akan mengurangi aliran darah yang keluar, ulangi hingga beberapa kali. Bernapaslah dengan mulut saat kamu melakukan ini.

6. Cuka.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Asam dalam cuka membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan. Jadi kamu bisa mencelupkan cuka ke dalam bola kapas, kemudian letakkan beberapa selama 5 hingga 10 menit ke dalam lubang hidung yang mimisan.

7. Protoleum jelly.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Mengoleskan protoleum jelly juga dapat membantu mencegah mimisan dan mengurangi kekeringan pada lubang hidung. Kamu bisa mengoleskan protoleum ke lubang hidung untuk menjaga kelembapan membran hidung kamu.

8. Minum banyak air.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Tubuh yang mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan mimisan. Udara yang kering seperti musim kemarau biasanya menyebabkan hidung mudah kering dan membuat mimisan. Jadi agar selaput lendir tetap lembap, kamu bisa minum air putih 8 gelas sehari.

9. Daun jelatang.

Atasi mimisan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Obat herbal ini bekerja baik untuk mimisan karena daun jelatang adalah obat alami yang memiliki zat hemostatik atau menghentikan pendarahan. Kamu bisa menyeduh satu sendok teh daun jelatang, kemudian celupkan kapas ke dalam seduhan dan masukkan ke lubang hidung. Diamkan hingga 10 menit hingga pendarahan berhenti.

RECOMMENDED BY EDITOR