Brilio.net - Penyakit jamur pada kulit adalah salah satu musuh bagi banyak orang. Meski memiliki wujud kecil, namun jamur bisa menimbulkan banyak masalah. Mulai dari menimbulkan gangguan kesehatan sampai dengan tampilan yang menjadi tidak menarik. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya kurangnya menjaga kebersihan.

Jamur kulit juga dikenal sebagai ringworm. Kondisi ini merupakan infeksi yang sangat terjadi pada manusia. Mulai dari lipatan kaki, kulit kepala dan juga kulit badan lainnya. Anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalami hal ini. Biasanya, orang yang mengalami jamur kulit memiliki tanda kemerahan atau mungkin adanya tekstur bersisik pada kulit. Nah kamu bisa mengatasi hal ini dengan beberapa bumbu dapur yang ada di rumah. Selain alami, bahan ini juga praktis untuk digunakan. Namun jika permasalahan ini masih berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi pada tenaga kesehatan ya.

Ini dia ulasan lebih lengkapnya dalam brilio.net pada Senin (7/12) yang dilansir dari Medical News Today.

1. Kunyit.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit menjadi salah satu bahan makanan yang hampir dimiliki semua rumah. Si kuning ini memberikan warna yang cantik untuk banyak masakan. Namun kandungan yang ada di dalam kunyit juga bisa membasmi jamur pada tubuh. Hal ini didukung dengan sejumlah penelitian mengatakan bahwa kunyit memiliki kemampuan antimikroba yang luas. Jadi dapat dikonsumsi dengan teh atau makanan lain. Kamu bisa mencampur sedikit air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta. Oleskan pada kulit. Biarkan hingga kering sebelum dibersihkan. Jangan kaget kalau akan ada bekas warna kuning, karena noda tersebut akan memudar sendirinya.

2. Akar manis bubuk.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Akar manis atau licorice juga perlu kamu siapkan di dalam rumah. Bumbu dapur ini sering digunakan sebagai bahan pengobatan China. Pasalnya, akar manis bubuk memiliki sifat yang memiliki antivirus, antimikroba dan anti-inflamasi. Nah, kalau kamu ingin menghilangkan jamur pada tubuh, kamu bisa mencampurkan tiga sendok makan licorice bubuk dengan satu gelas air. Kemudian masak campuran tersebut hingga mendidih dan tiriskan selama sepuluh menit, campuran akan mengental dan gunakan setidaknya selama sepuluh menit sebelum dibersihkan.

3. Tea tree oil.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Tea tree oil juga jadi salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Minyak yang satu ini bisa sekaligus membasmi jamur pada tubuh. Biasanya, ramuan tea tree oil dengan kadar dua persen melalui pencampuran 12 tetes minyak essensial dengan 1 ons carrier oil atau minyak pelarut, oleskan campuran ini pada kulit dengan infeksi jamur kulit dua hingga tiga kali. Untuk kamu yang tidak memiliki kulit sensitif bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke kulit yang terinfeksi jamur, tanpa mengencerkannya terlebih dahulu.

4. Minyak oregano.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Minyak oregano juga bisa kamu masukkan dalam daftar bahan alami yang bisa mengatasi permasalahan jamur pada tubuh. Minyak yang terbuat dari wild oregano (Origanum vulgare) ini mengandung antijamur yang kuat, yaitu thymol dan carvacrol. Ditambah lagi, minyak oregano menurut beberapa penelitian menunjukkan dapat menghentikan pertumbuhan jamur candida albicans. Nah untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan minyak oregano dengan minyak pelarut, seperti minyak kelapa atau biji anggur. Kemudian oleskan tiga kali sehari. Namun perlu kamu perhatikan karena sebagian besar minyak oregano di pasaran mengandung oregano biasa (Origanum marjoram) daripada oregano liar, karena hanya jenis oregano liar yang bisa digunakan mengobati infeksi jamur kulit.

5. Minyak serai.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Minyak serai juga bisa jadi alternatif yang kamu gunakan untuk membasmi jamur. Kamu bisa mencampurkan minyak sereh dengan minyak pelarut, kemudian oleskan dengan kapas di bagian kulit yang memiliki infeksi. Tetapi, jika kondisi kulit belum membaik kamu bisa memeriksakan pada dokter.

6. Minyak kelapa.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan dalam minyak kelapa bisa juga membunuh sel jamur dengan merusak membran mereka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak dapat menjadi obat efektif untuk orang yang memiliki infeksi kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ini dua hingga tiga kali sehari pada kulit yang terinfeksi jamur. Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari minyak ini juga dapat adalah bisa dijadikan sebagai infeksi jamur kulit di masa depan.

7. Bawang putih.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Bumbu dapur yang satu ini memang pas disebut sebagai bahan serba bisa. Nggak hanya melezatkan makanan, bawang putih juga bisa mengatasi berbagai penyakit pada tubuh, termasuk jamur pada kulit. Bawang putih efektif untuk menangani jamur seperti Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus. Nggak perlu repot dalam menggunakannya. Kamu cukup menghancurkan bawang putih dan campur dengan minyak zaitun atau kelapa. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada kulit yang sakit dan tutup dengan kain kasa. Diamkan selama dua jam sebelum dibilas. Jangan lupa, ulangi perawatan tersebut selama dua kali sehari. Jika pasta bawang putih menyebabkan rasa menyengat, bengkak, atau kemerahan, segera bilas dan jangan digunakan kembali.

8. Cuka apel.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Solusi selanjutnya dalam mengatasi jamur kulit adalah cuka apel. Kamu bisa coba untuk menggunakannya tiga kali sehari. Perlu kamu ketahui, cuka sari apel telah menunjukkan sifat antijamur terhadap Candida, infeksi jamur lainnya.

9. Lidah buaya.

Bumbu dapur pembasmi jamur pada tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya nggak hanya bisa mengatasi permasalahan rambut dan wajah. Lidah buaya mampu menangani jamur pada kulit. Tanaman ini memiliki enam agen antiseptik yang menurut penelitian, menunjukkan aktivitas antijamur, antibakteri, dan antivirus. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan tanaman lidah buaya, oleskan gel dari tanaman lidah buaya ke lokasi infeksi jamur kulit tiga atau empat kali sehari. Sensasi dingin yang ditimbulkan dapat menenangkan kulit yang gatal dan bengkak.