Brilio.net - Sayuran punya segudang manfaat untuk tubuh. Selain untuk kebutuhan serat harian, sayuran juga berfungsi untuk pemenuhan gizi tubuh. Kendati demikian ada juga orang yang belum mengetahui manfaat dari sayuran. Mereka hanya mengonsumsi sayuran sesuai selera saja.

Jika mengonsumsi sayuran biasanya kamu akan mengolahnya dengan cara merebus. Nah, ada sebagian sayuran yang lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar alias mentah. Ada sayuran yang malah akan rusak kandungan nutrisinya setelah dimasak, jadi mulai sekarang coba deh konsumsi 9 bahan yang lebih sehat dikonsumsi dalam kondisi mentah berikut ini seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (3/1):

1. Cabai

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentahfoto: http://cdn.phys.org/

Kandungan vitamin C pada cabai akan rusak jika kamu mengolah cabai dengan suhu di atas 150 derajat celcius. Maka lebih nikmat jika cabai kamu konsumsi dalam keadaan mentah, sebagai lalapan misalnya.

Loading...

2. Brokoli

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentahfoto: http://www.ncbproductions.com/

Merebus brokoli bisa menghilangkan zat sulforaphane yang berfungsi untuk menangkal kanker. Jadi nggak ada salahnya kan kamu menjadikan brokoli sebagai camilan sehat.

3. Bawang putih

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentah

foto: http://klikdokter.com/

Bawang putih banyak mengandung Zat allicin  yang berkhasiat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Memasak bawang putih menonaktifkan enzim yang dibutuhkan untuk mengeluarkan allicin. Oleh karena itu bawang putih lebih sehat dan 2 kali lebih bermanfaat jika dikonsumsi saat masih mentah.

4. Bawang Merah

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentahfoto: http://sapnuherbal.com/

Bawang merah banyak mengandung sulfur dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Sulfur dan antioksidan tidak akan berfungsi sesuai fungsinya dengan maksimal jika dalam kondisi matang.

5. Kelapa

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentah

foto: loexie.files.wordpress.com

Memasak kelapa akan menurunkan kandungan sodium, potasium, dan magnesium dalam kelapa.

6. Buah Bit

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentahfoto: merdeka.com

Bit sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah, karena proses memasak dapat merusak kandungan gizinya.

7. Paprika Merah

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentah

foto: http://1obatacemaxs.com/

Memasak parika dalam suhu yang tinggi akan merusak nutrisi di dalamnya. Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar vitamin C ini tidak rusak, maka konsumsilah paprika tanpa dimasak. Sebaiknya kamu mengkonsumsi paprika dalam campuran salad. Hmm..

8. Kubis

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentahfoto: www.medianita.com/

Kubis atau kol segar mengandung vitamin C yang tinggi. Kubis juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan jika dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Memasak kubis dengan suhu yang terlalu tinggi, justru akan merusak kandungan vitamin C didalamnya.

9. Kacang-kacangan

9 Bahan ini lebih sehat dikonsumsi saat mentah

foto: http://chalie-cameleon.blogspot.co.id/

Kacang-kacangan seperti kacang panjang, almond, dan pecan banyak mengandung zat besi, magnesium, dan nutrisi lainnya. Sehingga lebih baik jika dikonsumsi secara mentah, agar bisa mendapatkan nilai gizi secara maksimal.

RECOMMENDED BY EDITOR