Brilio.net - Bicara soal terong, pasti yang terbayang adalah bahan makanan. Jenis buah ini memang mudah diolah menjadi aneka menu, dari ditumis, digoreng, disayur, bahkan untuk lalapan.

Terdapat beberapa jenis terong, mulai dari terong ungu, terong hijau, terong putih, terong bulat, terong belanda, terong telunjuk dan leunca.

Biasanya terong ungu menjadi salah satu jenis yang sering dikonsumsi masyarakat. Terong ungu ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Dilansir dari Medical News Today, satu porsi terong dapat menyediakan setidaknya 5% dari kebutuhan serat, tembaga, mangan, B-6, dan tiamin harian seseorang. Ini juga mengandung vitamin dan mineral lainnya.

Nah untuk mengetahui manfaatnya apa saja untuk kesehatan, berikut brilio.net himpun dari Medical News Today dan Healthline pada Selasa (26/1).

Loading...

1. Melawan radikal bebas.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Diketahui terong ungu merupakan sumber senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, sehingga terhindar dari penyakit berbahaya.

Di antara antioksidan dalam terong adalah antosianin, termasuk nasunin, lutein, dan zeaxanthin. Oleh sebab itu mengonsumsi terong ungu dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit.

2. Baik untuk jantung.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Selain mengandung antioksidan, terong ungu juga mengandung serat, kalium vitamin C, vitamin B-6, dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Sayuran ini juga mengandung antocyanin, suatu komponen yang mampu menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit jantung.

Dilansir dari Medical News Today, sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa mengonsumsi terong ungu secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun juga akan berkurang.

3. Mencegah penyakit kanker.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Terong ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini karena terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Selain itu kandungan antocyanin dan asam klorogenat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antocyanin dapat mencegah pembentukan pembuluh darah baru di tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu penyebaran sel kanker. Dalam jangka panjang, ini dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker. Oleh sebab itu, konsumsilah terong ungu secara cukup untuk membantu mencegah penyakit kanker.

4. Baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Masalah kulit kering dan kusam bisa dialami siapa saja. Kulit kering dan kusam disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi udara, perawatan kulit yang salah, kurang olahraga, kelelahan, kurang tidur hingga pengaruh gaya hidup yang tidak sehat.

Jika kamu mengalami masalah kulit kering dan kusam, cobalah untuk mengonsumsi terong ungu. Kandungan antioksidan dalam terong ungu dapat menangkal radikal bebas yang dapat membunuh sel-sel kulit, sehingga membuatnya lebih gelap dan tidak kenyal. Terong ungu juga terdiri dari 92 persen air yang dapat membantu menutrisi kulit dari dalam dan melembapkannya.

5. Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Manfaat berikutnya yakni dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab terong kaya akan serat dan rendah kalori. Terong dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sehingga, dapat membantu seseorang seseorang ketika tengah menjalani diet sehat. Namun yang perlu diingat, terong bisa menyerap banyak minyak saat menggoreng. Jadi ketika kamu ingin menurunkan berat badan, harus bisa mengolahnya dengan cara yang lebih sehat.

6. Kesehatan otak.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Komponen antioksidan di dalam terong, juga disebut berpotensi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini karena kulit terong diketahui kaya akan nasunin.

Nasunin merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Zat antioksidan ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

7. Kesehatan mata.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Terong juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Senyawa lutein ini berperan dalam kesehatan mata. Serta dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang tua.

8. Mengontrol kadar gula darah.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Mengonsumsi terong juga dapat membantu mengendalikan gula darah kamu. Hal ini karena terong kaya akan serat, yang melewati sistem pencernaan secara utuh. Serat dapat menurunkan gula darah dengan cara memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh.

Penyerapan yang lebih lambat membuat kadar gula darah stabil. Sehingga mengonsumsi terong ungu juga dapat mencegah diabetes.

RECOMMENDED BY EDITOR