Brilio.net - Jahe adalah tanaman dengan batang berdaun dan bunga hijau kekuningan. Jahe tumbuh dari akar tanaman. Jahe banyak tersebar di wilayah Asia, seperti China, Jepang, dan India, dan kini jahe juga sudah tumbuh di beberapa bagian Amerika Selatan dan Afrika. Di Indonesia, jahe sudah dikenal sebagai salah satu rempah-rempah paling berguna. Dalam makanan dan minuman, jahe digunakan sebagai zat penyedap.

Ada berbagai macam jenis jahe, salah satunya adalah jahe merah. Perbedaan mendasar jahe merah dengan yang lainnya terlihat dari warnanya. Untuk urusan rasa, jahe merah lebih terasa pedas dan lebih pahit di bandingkan dengan jahe lain. Jahe merah hanya dipanen setelah umur agak tua dan jahe ini lebih cocok dijadikan untuk ramuan obat-obatan, daripada dipakai untuk bumbu masak seperti jahe putih.

Kegunaan lain dari jahe ini adalah untuk kecantikan. Jahe bisa jadi bahan utama untuk pewangi dan kosmetik. Jahe dipercaya dapat membantu menghilangkan luka bakar di kulit. Caranya dengan menuangkan jus segar jahe ke kulit. Bisa juga dibuat jadi minyak jahe, lalu dioleskan ke kulit untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigitan serangga.

Selain itu juga jahe berfungsi sebagai obat yang berkhasiat tinggi. Dilansir dari webmd, jahe seringkali dijadikan penawar untuk berbagai jenis masalah perut, termasuk mabuk perjalanan, mual di pagi hari, kolik pada bayi, sakit perut, buang gas terus menerus, diare, sindrom iritasi usus (IBS), mual, mual yang disebabkan oleh pengobatan kanker, mual yang disebabkan oleh pengobatan HIV / AIDS, mual dan muntah setelah operasi, serta kehilangan nafsu makan.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan tidak bisa terlepas dari kandungan berbagai macam nutirisinya. Adapun kandungan nutirisi paling banyak terdapat di jahe merah adalah minyak atsiri. Jahe merah juga mengandung berbagai senyawa seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan inilah yang menjadi nilai plus dari jahe merah dibandingkan dengan jahe lain, khususnya untuk mengobatan.

Loading...

Tak heran lagi jika jahe merah digaungkan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, sekaligus jadi ramuan obat paling populer. Berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (31/10).

1. Mengatasi masalah pencernaan.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jahe merah punya peran penting jadi penawar masalah pencernaan. Sudah sejak zaman dulu ramuan ini dipercaya efektif melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat. Agen antibakteri yang ada dalam jahe seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus akan bekerja penuh, sistem pencernaan jadi dapat bekerja dengan baik lagi. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh jahe hangat di kala perutmu merasa bermasalah.

2. Mengatasi nyeri sendi dan otot.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: freepik.com

Kandungan pedas jahe merah yang berasal dari gingerol sangat berguna untuk menghangatkan tubuh agar terasa lebih nyaman di musim hujan. Tak hanya berkasiat tinggi untuk menghangatkan tubuh, jahe merah juga berfungsi meredam nyeri otot dan sendi. Penelitian dari American College of Rheumatology membutktikan kalau ekstrak jahe ini dapat mengurangi gejala nyeri otot, bahkan dibandingkan dengan obat anti inflamasi non steroid lainnya. Minumlah dengan terartur setiap harinya rebusan jahe merah bersama bahan lain seperti kumis kucing, daun komfrey, temu lawak, atau cabai jawa.

3. Meredakan flu.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: freepik.com

Di saat ramuan jahe merah dapat menghangatkan tubuh, kandungan di dalamnya juga sekaligus bisa mengobati sakit kepala. Sebab jahe merah mengandung campuran kamfena, rasa pedas, dan efek hangat, sehingga ampuh sebagai penawar sakit kepala. Hangatnya jahe merah bisa juga sebagai penawar gejala flu ringan. Cukup dengan menyeduh jahe merah, tuangi madu secukupnya, minum dan rasakan efeknya.

4. Mengobati asam urat.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: pixabay.com

Jahe memiliki khasiat tinggi dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Bahkan dipercaya sebagai salah satu obat alami yang mempu memberikan efek tenang. Bagi kamu yang menderita asam urat mengonsumsi jahe adalah pilihan yang tepat, dimana jahe mampu meringankan nyeri akibat penumpukan asam urat. Untuk mendapatkan hasilnya, olah jahe merah jadi jus, seperti buah-buahan lain dengan ditambahkan air matang. Konsumsi olahan jahe merah ini setiap pagi untuk mengobati asam urat. Peradangan di sendi dan tumpukan asam urat akan berangsur pulih dan normal kembali.

5. Meningkatkan kesuburan pria.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: freepik.com

Dilansir dari boldsky, kandungan minyak atsiri memiliki efek afrodisiak, yang dapat mengobati berbagai gangguan reproduksi yang biasa dialami para pria. Afrodisiak adalah zat kimia yang dapat meningkatkan gairah seksual pria, melalui lancarnya sirkulasi darah. Sirkulasi darah meningkat di daerah lemin, dapat membantu ereksi. Manfaat lain dari jahe merah adalah bisa meningkatkan jumlah hormone testosteron pada pria, faktor penting dalam kesuburan pria. Minumlah jahe merah rutin setiap hari, tambahkan dengan madu dan lemon untuk hasil yang efektif.

6. Membantu mencegah kanker.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: unsplash.com

Kanker adalah penyakit yang sangat serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol. Ekstrak jahe telah dianggap sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa bentuk kanker, terutama kanker ovarium. Ini efektif dalam meniadakan sel kanker, yang lebih baik daripada obat kemoterapi. Sifat anti-kanker dikaitkan dengan 6-gingerol, suatu zat yang sebagian besar ditemukan dalam jumlah besar jahe mentah. Mengonsumsi jahe juga membantu mengurangi peradangan usus besar dan usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar. Konsumsi jahe merah mentah langsung dengan cara potong jahe segar menjadi kecil dan taburkan garam di atasnya. Kunyah secara perlahan.

7. Menjaga kesehatan jantung.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: pixabay.com

Kadar kolesterol jahat tinggi bisa menyebabkan risiko lebih besar terkena stroke jantung dan penyakit kardiovaskular. Jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko masalah jantung. Jahe dikenal juga punya kemampuan anti-pembekuan darah. Caranya ambil 1 sendok makan irisan jahe dan masukkan ke dalam dua cangkir air mendidih selama sepuluh menit. Tuangkan ke gelas, beri beberapa tetes madu. Minumlah setidaknya 2 atau 3 kali sehari.

8. Menurunkan diabetes.

8 Manfaat jahe merah untuk kesehatan dan cara pemakaiannya instagram

foto: freepik.com

Gingerol, senyawa kuat yang terkandung dalam jahe, dianggap sebagai obat alami dalam mencegah diabetes. Dengan cara meningkatkan stimulan insulin. Caranya hampir sama dengan resep menjaga jantung, ambil 1 sendok makan irisan jahe dan masukkan ke dalam dua cangkir air mendidih selama sepuluh menit. Tuangkan ke gelas, beri beberapa tetes madu alami atau pengganti bebas gula. Minumlah 2 hingga 3 kali sehari.

RECOMMENDED BY EDITOR