Brilio.net - Bawang putih dan madu memiliki banyak manfaat kesehatan. Kamu dapat menikmati perpaduan dua bahan ini utuk diri sendiri atau untuk orang lain. Bawang putih dan madu bisa jadi suplemen obat dengan dikonsumsi secara langsung. Atau bisa juga kamu jadikan sebagai tambahan resep makanan. Dua bahan ini sudah digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia.

Bawang putih mengandung allicin, bahan utama untuk kesehatan. Allicin ini mengandung oksigen, belerang, dan bahan kimia lainnya yang memberikan sifat anti bakteri dan melawan penyakit. Mencacah atau menghancurkan siung bawang putih segar bisa melepaskan lebih banyak allicin daripada menggunakan secara utuh. Sayangnya bawang putih cincang atau hancur dapat kehilangan tingkat allicin dengan cepat. Karena itu gunakan bawang putih secepatnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Sedangkan madu secara alami memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, zat flavonoid dan polifenol. Zat ini membantu melawan peradangan (kemerahan dan pembengkakan) di dalam tubuh. Ini dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit tertentu. Madu juga memiliki sumber antibakteri, sumber antivirus, dan sifat sumber antijamur.

Dilansir dari timesofindia, bawang putih dan madu sendiri adalah kombinasi yang hebat. Perpaduan ini sudah digunakan banyak orang selama ratusan tahun lalu. Berikut manfaat perpaduan bawang putih dan madu untuk tubuh, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/11).

1. Antibakteri.

Loading...

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawang putih dan madu dapat menghentikan beberapa jenis bakteri agar tidak tumbuh pada tubuh. Bawang putih dan madu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit dan infeksi termasuk pneumonia dan sejenis keracunan makanan seperti Streptococcus pneumonia, Staphylococcus aureus dan Salmonella. Kombinasi jus bawang putih dan madu bahkan dapat menghentikan jenis infeksi bakteri yang tidak dapat diobati dengan obat antibiotik.

2. Antivirus.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Madu memiliki sifat antivirus yang kuat. Dapat membantu mengobati atau mencegah masuk angin, flu, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Pencampuran madu dan bawang putih mampu menghentikan pertumbuhan virus flu. Kedua kombinasi ini dapat bekerja hampir sama juga dengan obat antivirus terhadap virus ini.

3. Menurunkan kolesterol.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Antioksidan yang ada di bawang putih dipercaya ampuh menurunkan kolesterol. Jenis kolesterol yang maksud adalah kolesterol LDL (kolesterol jahat) penyebab utama pengerasan dalam pembuluh darah. Salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Perpaduan antara bawang putih dan madu dapat bekerja lebih cepat dan efektif untuk menurunkan kolesterol ini.

4. Menjaga kesehatan jantung.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Beberapa studi klinis dan laboratorium telah melihat banyak manfaat kesehatan jantung dari bawang putih. The Mayo Clinic mencatat bahwa antioksidan dalam madu juga dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Bawang putih bisa untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah terlalu banyak pembekuan (pengencer darah), mencegah pembuluh darah mengeras atau kaku.

Molekul sulfur di bawang putih dapat membantu melindungi otot jantung dari kerusakan dan membuat pembuluh darah lebih elastis. Ini membantu mencegah penyakit jantung, pembekuan darah, dan stroke.

5. Menjaga kesehatan otak.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Baik bawang putih dan madu kaya akan senyawa antioksidan. Bahan kimia sehat ini membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Mereka juga dapat melindungi otak dari penyakit umum seperti demensia dan Alzheimer. Ekstrak bawang putih tua mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang disebut asam kyolat. Antioksidan kuat ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit. Manfaat perpaduan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus pada beberapa orang.

6. Menjaga kulit.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Selamat tinggal kulit kusam dan kering, kalimat itu sangat cocok kamu lontarkan saat mengombinasikan bawang putih dan madu pada kulitmu. Masukkan bawang putih dan madu ke dalam menu makanan. Bisa juga kamu jadikan sebagai lulur alami untuk tubuh. Dapat membantu meremajakan kulit dan membuat kulit lebih bersinar.

7. Menurunkan berat badan.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih dan madu mungkin kelihatannya tidak terlalu lezat, tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga penurunan berat badan. Mengkonsumsi bawang putih mentah saat perut kosong juga dapat membantu pencernaan dan detoksifikasi. Baik madu dan bawang putih adalah salah satu bahan paling sehat yang dapat ditambahkan dalam makanan apa pun. Kamu bisa menyiapkan obat penurun berat badan ini dengan hanya memasukkan madu ke dalam toples kaca, kemudian masukkan siung bawang putih yang sudah dikupas di dalamnya. Tutup dan goyang perlahan toplesnya. Diamkan beberapa saat bawang campuran bawang putih dan madu tersebut. Makan satu siung setiap pagi. Simpan sisanya dalam tabung gelas dan konsumsi satu setiap hari.

8. Mengatur kadar gula darah.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih dan madu tidak hanya dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Tapi perpaduan ini juga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Sehingga dapat mencegah diabetes pada tubuh. Perpaduan bawang putih dan madu memiliki sifat pengatur gula darah.

Cara menggunakan bawang putih dan madu.

8 Manfaat bawang putih dan madu untuk tubuh & cara pakainya freepik.com

foto: freepik.com

Kamu dapat menikmati banyak manfaat kesehatan dari bawang putih dan madu dengan memasaknya bersama. Pada dasarnya cara penggunaan kombinasi ini bisa dengan cara dipadukan diolah jadi menu makanan atau dikonsumsi langsung setiap harinya. Khususnya untuk kulit, kamu bisa membuat perpaduan dua bahan ini jadi lulur alami.

Bawang putih yang baru ditumbuk atau dicacah memiliki manfaat kesehatan paling besar. Bubuk bawang putih dan ekstrak bawang putih tua juga kaya akan senyawa sehat. Minyak bawang putih memiliki sifat kesehatan yang lebih sedikit, tetapi masih dapat digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Suplemen bawang putih biasanya mengandung bubuk bawang putih. Tidak ada dosis yang disarankan untuk suplemen bawang putih atau bawang putih segar. Kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari dosis harian 150 hingga 2.400 miligram bubuk bawang putih.

Sedangkan madu murni dapat digunakan sebagai obat alami untuk batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. The Mayo Clinic merekomendasikan penggunaan madu jeruk, madu kayu putih, dan madu labiatae untuk batuk. Ambil sesendok madu sesuai kebutuhan atau tambahkan madu ke teh herbal untuk membantu meredakan gejala pilek dan flu. Madu juga dapat digunakan pada kulit untuk membantu meredakan ruam alergi, jerawat, dan iritasi kulit lainnya. Ini juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit, luka bakar, dan goresan. Bersihkan kulit dan oleskan sedikit madu bermutu medis langsung ke area tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR