Brilio.net - Air kelapa muda selalu bisa diandalkan memberi kesegaran. Mau dikonsumsi pagi, siang, ataupun malam hari, selalu membuat tenggorokan merasa lega.

Tanpa tambahan gula sekalipun, air kelapa muda sudah menyuguhkan rasa nikmat yang khas. Sehingga, untuk kamu yang sedang mengurangi mengonsumsi gula, cocok banget untuk memilih air kelapa muda sebagai pelepas dahaga.

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan sudah nggak perlu diragukan lagi. Mulai dari menjaga organ pencernaan sampai dengan kesehatan kulit bisa diatasi dengan air sejuta manfaat ini. Namun, kamu tahu nggak sih, ada pula air kelapa muda dengan serat merah yang nggak kalah menyimpan khasiat baik.

Sebagian orang menyebut jenis kelapa ini dengan sebutan kelapa wulung. Tak banyak perbedaan antara kelapa wulung dengan lainnya. Beda paling mencolok adalah kelapa wulung memiliki serabut berwarna merah muda. Sedangkan, umumnya serabut kelapa putih.

Dari segi manfaat, air kelapa muda serat merah juga mampu mengatasi berbagai penyakit. Nah ketahui apa saja manfaat di balik kesegaran air kelapa muda serat merah. Simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (14/6) berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Kolesterol menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang banyak orang. Ada banyak faktor penyebab kolesterol, salah satunya pola makan yang kurang baik.

Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa wulung. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan berupa protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan kelapa muda biasa.

Kandungan yang tersimpan di dalam kelapa wulung dapat membasmi lemak-lemak jahat yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti halnya penyakit jantung. Sehingga, kamu pun akan terjaga dari risiko beragam penyakit.

2. Menurunkan berat badan.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kandungan protein dan serat yang lebih tinggi pada kelapa wulung juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda serat merah secara teratur untuk menurunkan kandungan lemak jahat di dalam tubuh. Apalagi dengan rasa yang manis, kamu bisa mendapatkan kesegaran tanpa perlu menambahkan gula saat mengonsumsinya.

3. Melancarkan urine.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Air kelapa muda serat merah bisa dimanfaatkan sebagai diuretik. Pasalnya, kelapa jenis ini mampu memenuhi kebutuhan elektrolit esensial bagi tubuh. Hal ini sangat baik sebagai penenang untuk usus.

Di samping itu, kelapa dengan serat berwarna kemerahan ini dapat sekaligus melancarkan urine serta membersihkan ginjal. Sehingga, organ-organ vital dalam tubuh pun dapat dilindungi dengan baik.

4. Menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Air kelapa muda serat merah merupakan sumber cairan yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang dapat mengakibatkan lemas.

Hal ini dikarenakan kandungan air kelapa wulung dapat membuat pH tubuh menjadi seimbang. Perlu diketahui, ketika pH tubuh seimbang, maka bisa memberikan manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan virus.

5. Mengatasi keracunan.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu khasiat terkenal dari air kelapa serat merah adalah kemampuannya untuk mengatasi keracunan. Dalam kelapa wulung terdapat kandungan berupa tanin yang memiliki kadar lebih tinggi dibanding air kelapa pada umumnya. Kandungan tersebut menjadi solusi untuk mengatasi keracunan pada tubuh.

6. Menjaga kekencangan kulit.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya menjaga organ di dalam tubuh, air kelapa serat merah juga bisa menjaga kecantikanmu lho. Kekencangan kulit bisa dijaga dan membuat penampilan menjadi lebih segar. Kamu bisa rutin mengonsumsi air kelapa wulung sebagai perawatan alami.

7. Mencerahkan wajah.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak cuma itu saja manfaat air kelapa wulung untuk kecantikan. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa sekaligus mendapatkan kulit yang lebih cerah. Sebab, di dalam air kelapa wulung menyimpan asam amino yang baik untuk menyegarkan kulit. Akan lebih baik kalau kamu menyeimbangkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan asupan sehat lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mencegah penuaan dini.

Manfaat air kelapa muda serat merah © freepik.com

foto: freepik.com

Di samping mencerahkan dan mengencangkan kulit, air yang kaya akan manfaat ini pun mampu mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat di dalam air kelapa serat merah ni mampu meregenerasi sel-sel di tubuh secara lebih cepat. Alhasil, keriput di wajah pun bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi air kelapa muda serat merah.