Brilio.net - Banyak orang beranggapan bahwa membentuk tubuh ideal hanya bisa dilakukan di tempat senam atau gym. Padahal nyatanya, dengan tidur yang 'benar' saja, kamu bisa kok menurunkan berat badan. Tidur? Iya, tidur. Nggak percaya?

Tidur merupakan kebutuhan biologis manusia yang biasa dilakukan 7-8 jam per hari. Mau tahu gimana caranya menjaga berat badan bahkan menurunkan berat badan hanya dengan tidur?

BACA JUGA: Ini penjelasan ilmiah soal tindihan, pasti kamu pernah ngalamin kan?

Nah, berikut 8 cara melangsingkan badan selama kamu tidur seperti dilansir brilio.net dari eatthis, Selasa (8/3):


1. Konsumsi makanan yang mengandung triptofan sebelum tidur

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: ayobuka

Triptofan merupakan asam amino penyusun protein yang penting bagi tubuh manusia. Nah, sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa bagi penderita insomnia, kamu hanya perlu mengonsumsi setidaknya 1/4 gram paha tanpa kulit atau daging kalkun untuk meningkatkan jam tidur yang nyenyak. Para peneliti menyebutkan, jika kalori selama tidur tercukupi bangun tidur kamu tidak akan merasa kelaparan yang bisa memicu banyak makan di pagi harinya.


2. Mengatur ketat jam makan

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: myfitnesspal

Boleh jadi kamu seharian makan makanan yang kamu sukai, namun sebaiknya hanya makan makanan rendah kalori di malam hari. Semakin cepat kamu mengakhiri jam makan malam, akan semakin baik menjaga berat badanmu.


3. Konsumsi segala sesuatu makanan/minuman protein kocok

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: expertprotein

Mengonsumsi protein dengan dikocok (shake) akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori selama tidur. Meski tidak bergerak, proses tidurmu pun masih tetap bisa membakar kalori dengan baik.


4. Tidur dengan suhu rendah

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya?
foto: keratondakbeton


Suhu rendah bisa membantu membakar kalori 7% lebih banyak dibanding tidur dengan suhu panas. Coba aja deh, kalau nggak percaya.


5. Gunakan aroma mint untuk terapi

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya?
foto: aromatherapy-diffuser


Salah satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neurological dan ortopedi Medicine menemukan bahwa orang yang mengendus peppermint setiap dua jam kehilangan rata-rata 5 pound sebulan! Aroma lain, seperti pisang, apel hijau, dan vanili memiliki efek yang sama. Pertimbangkan untuk memilih aroma mint dalam kamar tidurmu, jika perlu teteskan beberapa kali minyak peppermint di bantal mau pun selimutmu.


6. Tidur dalam keadaan gelap

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: stlbeds

Matikan semua lampu penerangan di ruangan tidur. Dalam kegelapan total, tubuh kamu akan memproduksi hormon yang dapat membantu pembakaran kalori tubuh lebih maksimal.


7. Buatlah nuansa biru

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: decoist

Jika kamu pernah membaca penelitian, bahwa warna merah dan kuning bisa menambah nafsu makan. Maka, kamar warna biru bisa menahan keinginan makanmu. Makanya, konsep biru bisa juga kamu terapkan untuk desain kamar tidurmu. Cobain gih!


8. Matikan segala perangkat elektronik

8 Cara praktis turunkan berat badan saat tidur, memangnya bisa ya? foto: trackers

Penelitian dari Zero Belly Diet, menyarankan agar meninggalkan smartphone sebelum tidur. Karena, mereka yang mengakses smartphone atau handphone sebelum tidur akan memiliki gaya hidup dan kualitas tidur yang buruk. Biarkan tubuhmu selalu dalam keadaan rileks, agar tidurmu lebih berkualitas.


Sudah siap tidur nyenyak nanti malam?