Brilio.net - Siapa sih yang tak ingin memiliki rambut halus, lembut, berkilau dan sehat? Tentunya ini menjadi idaman banyak orang, tak hanya wanita saja, pria pun menginginkan hal yang sama. Namun sayangnya, tak semua orang mendapatkan rambut yang sehat. Ada saja kekurangannya yang membuat sebagian orang sebal. Salah satunya adalah ketombe.

Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi banyak orang. Namun tetap saja, ketombe bisa merusak penampilan seseorang, bahkan membuat orang menjadi kurang percaya diri.

Penyebab ketombe sendiri beragam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Jika kamu mengalami masalah ketombe yang cukup membandel. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengenakan lemon.

Tak hanya menghilangkan ketombe saja, kandungan dalam lemon juga bisa menghaluskan rambut. Seperti apa? Berikut ini cara menghilangkan ketombe dengan lemon seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/12).

1. Lemon dan cuka apel.

Loading...

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: chipotlepotato.com

Cuka merupakan salah satu produk yang dikenal dengan sejuta manfaat dalam dunia kecantikan. Bahkan salah satunya untuk mengatasi ketombe. campurkan saja cuka apel dengan air lemon. Balurkan selama 30 menit pada kulit kepala agar formulanya lebih meresap. Setelah itu, bilas hingga bersih.

2. Lemon dan madu.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: evapurity.com

Kombinasi antara lembut dan madu juga bisa menjadi pengusir ketombe paling ampuh. Sifat antiinflamasi dan antimicrobial yang ada dalam madu membantu aktivitas jamur di bawah permukaan kulit tetap terjaga dan tak menimbulkan kerak.

Caranya, campurkan satu sendok makan perasan lemon dengan tiga sendok makan madu. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas sampo. Untuk hasil yang maksimal lakukan 3-4 hari sekali.

3. Lemon dan minyak kelapa.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: aryzauq.tv

Ketombe bisa muncul karena seseorang tidak menjaga kebersihan kulit kepala. Agar kulit kepala menjadi bersih dan terhindar dari ketombe, kamu bisa menggunakan lemon dan minyak kelapa.

Caranya, cukup campurkan satu sendok teh air lemon dengan dua sendok makan minyak kelapa dan dua cup air hangat. Balurkan pada kulit kepala sebelum tidur.

4. Lemon dan teh.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: dabur.com

Lemon dan teh mengandung antimicrobial dan antioksidan. Jika keduanya dipadukan maka akan sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Caranya, sedu dua sendok makan bubuk teh. Diamkan hingga hangat kuku lalu tambahkan satu sendok teh perasan jeruk lemon. Aplikasikan pada kulit kepala, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

5. Lemon dan telur.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: purewow.com

Telur adalah conditioner alami yang akan membantu pengelupasan kulit. Kombinasi lemon dan telur juga membatasi produksi sel kulit mati. Cara ini memang sudah dikenal sejak lama. Kamu bisa mencobanya, dengan cara oleskan campuran satu butir telur dan perasan jeruk lemon pada kulit kepala. Biarkan kering selama 30 menit, lalu cuci dengan sampo.

6. Lemon dan yogurt.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: cookforyourlife.org

Menggunakan campuran lembut dan yogurt tidak hanya bisa menghilangkan ketombe saja, namun juga bisa menghaluskan rambut. Caranya, campurkan dua sendok makan yogurt dengan satu sendok makan perasan lemon. oleskan ke kulit kepala secara lembut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan sampo.

7. Lemon dan baking soda.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: dermcollective.com

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Baking soda akan meluruhkan tumpukan ketombe sehingga kulit kepala terasa lebih ringan dan bersih. Agar mudah dalam mengaplikasikannya, buatlah menjadi pasta. Caranya cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air lemon.

8. Lemon dan bawang putih.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon Istimewa

foto: nzherbal.co.nz

Bawang putih mengandung zat anti-bakteri. Tentunya ini menjadi yang sangat tepat jika dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, buat masker rambut dari air perasan lemon dengan bubuk bawang putih atau bawang putih yang sudah dihaluskan. Lau balurkan ramuan tersebut ke rambut dan kulit kepala dan selama 30 menit sebelum keramas.

Penyebab munculnya ketombe.

Meski kerap dialami oleh banyak orang, kamu tidak boleh menganggap ketombe adalah masalah sepele. Dilansir brilio.net dari berbagai artikel kesehatan, ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum ditandai dengan pengelupasan kulit pada kulit kepala.

Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah terdapat serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih yang gatal dan bertebaran di rambut atau bisa juga sampai berjatuhan ke bahu.

Kamu haus ketahui apa saja yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

1. Tidak rajin keramas.

Jika kamu tidak rajin menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, maka akibatnya adalah kulit kepala menjadi kotor dan akhirnya muncul ketombe.

2. Sensitif terhadap produk tertentu.

Ketombe juga bisa muncul jika kamu salah memilih sampo atau menggunakan produk rambut lainnya seperti pewarna rambut yang akhirnya dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal, dan bersisik.

3. Ragi seperti jamur.

Ragi yang berlebihan pada kulit kepala juga menyebabkan rambut berketombe. Tentu saja ragi satu ini berbeda dengan ragi yang biasa dicampurkan pada makanan. Jamur malassezia ini tinggal pada kulit kepala kebanyakan orang dewasa. Jamur ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan akhirnya menjadi ketombe.

RECOMMENDED BY EDITOR