Brilio.net - Bagi sebagian orang, upaya menggemukkan badan tidaklah mudah. Mulai dari makan banyak hingga berulang kali pun terus dilakukan.

Namun apa jadinya jika kekurangan berat badan karena tidak punya nafsu makan alias malas makan? Nafsu makan merupakan sinyal pengatur keinginan perilaku makan.

Dikutip dari livestrong, nafsu makan yang buruk bisa menjadi gejala dari masalah fisik atau psikologis yang lebih dalam. Banyak gangguan, termasuk masalah gastrointestinal, depresi, stres, anoreksia, dan penyakit hati, mungkin membuat hilangnya nafsu makan. Jika tidak ditangani dengan segera, terkadang dapat memunculkan konsekuensi mengancam jiwa.

Ada beberapa cara untuk menangani masalah nafsu makan yang menurun. Salah satunya adalah dengan tanaman obat yang berasal dari alam.

Obat herbal dapat membantu merangsang nafsu makan dan mengatur sistem pencernaan. Tanaman obat herbal tergolong aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Loading...

Selain aman, obat alami ini juga mudah didapat karena harganya relatif lebih ekonomis. Berikut beragam jenis tanaman obat penambah nafsu makan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (17/2).

1. Daun pepaya.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: Instagram/@julieromzi

Tak sedikit orang ragu untuk mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tapi di balik pahitnya cita rasa dari daun pepaya, tanaman ini ternyata punya segudang manfaat. Sudah sedari dulu daun pepaya kerap dijadikan ramuan untuk penambah nafsu makan, bahkan untuk anak-anak juga.

Cara mengolahnya pun cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun pepaya secukupnya. Kemudian tumbuk kasar lalu saring, dan ambil airnya. Minum air daun pepaya secara rutin supaya nafsu makan kembali normal.

2. Brotowali.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: Instagram/@rumahmenanam.ind

Selain daun pepaya, brotowali juga dikenal sebagai tanaman yang punya rasa pahit saat dikonsumsi. Meskipun begitu, tanaman brotowali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa memperbaiki nafsu makan yang menurun. Tingkatkan keinginan makan dengan mengonsumsi air rebusan daun dan batang tanaman brotowali.

3. Daun pandan.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: Instagram/@tetaneman

Daun pandan sering dipakai sebagai penambah aroma dan cita rasa pada makanan. Masih jarang yang mengetahui kalau daun pandan bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Daun pandan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun ini juga kaya akan senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, serta alkaloid.

Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes, meredakan nyeri, meningkatkan stamina, hingga membantu melawan perkembangan sel kanker. Nah, untuk meningkatkan nafsu makan, kamu bisa mengolah daun pandan jadi teh. Mudah ditemukan dan tanpa efek samping, kamu bisa meminumnya dua kali sehari secara teratur.

4. Lengkuas.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: freepik.com

Lengkuas juga merupakan salah satu tanaman yang dapat meningkatkan nafsu makan. Lengkuas berfungsi menenangkan sistem pencernaan, sehingga kamu akan merasa tenang dan lahap saat menikmati hidangan.

Tak hanya menambah nafsu makan, lengkuas juga dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E-coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi yang rentan menginfeksi tubuh. Akar lengkuas juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melindunginya dari bahaya jamur, ragi, dan parasit.

5. Pegagan.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: Instagram/@keboonkoo

Tanaman pegagan yang berwarna hijau ini mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, dan polifenol. Tanaman herbal ini kerap dipakai untuk meningkatkan imun tubuh, meredakan gejala flu, obat sariawan, penurun demam, mengatasi batuk kering, dan meningkatkan nafsu makan.

6. Kayu manis.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: freepik.com

Kayu manis biasa dijadikan penyedap untuk memberi aroma harum dan manis khas rempah. Tak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap, kayu manis juga sebagai salah satu bahan tambahan pembuat kue atau camilan.

Mengonsumsi makanan yang dicampur kayu manis, bisa merangsang nafsu secara alami. Karena kayu manis memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Kayu manis juga membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur Staphylococcus, Salmonella, dan E-coli.

7. Kencur.

tanaman penambah nafsu makan © Instagram

foto: Instagram/@djamoekenes

Kencur banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan ini pas untuk dikonsumsi semua orang, aman juga untuk anak-anak.

Kamu bisa membuat ramuan atau jamu sendiri dengan memanfaatkan kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh.

Selain itu, kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Khasiat ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu menaikkan nafsu makan secara alami. Apabila nafsu makan belum juga pulih atau meningkat, konsultasikan lebih lanjut ke dokter ahlinya.

RECOMMENDED BY EDITOR