Brilio.net - Badan pegal linu termasuk salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang. Pasalnya kondisi ini benar-benar membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pegal linu disebabkan oleh kesalahan cara duduk, posisi tidur, stres, hingga kelainan otot. Olahraga memang termasuk salah satu cara atasi pegal linu. Namun, olahraga berlebihan juga tidak dianjurkan.

Meski kerap dianggap masalah sederhana, namun tetap saja tidak boleh disepelekan. Hal ini dikarenakan dapat memicu peradangan. Untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi pegal linu yang baik dan aman tentunya.

Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa tanaman obat yang dapat membantu meredakan pegal linu. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/2).

1. Jahe.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan pada jahe dapat mengatasi badan pegal-pegal dan linu.

Cara mengonsumsinya cukup mudah, seduhlah segelas jahe hangat, setelah itu minum dan kamu akan merasakan badan jauh lebih enak.

2. Bayam.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, bayam merupakan jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi. Nah ternyata bayam juga bisa mengatasi badan pegal linu. Hal ini dikarenakan bayam mengandung antioksidan, asam nitrat sehingga mampu membantu membangun jaringan otot lebih kuat dan sehat.

3. Kunyit.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit tak hanya digunakan untuk kecantikan saja, namun juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti badan pegal linu. Dilansir dari avogel.co.uk kunyit juga memiliki khasiat yang bagus untuk mengobati rasa pegal dan linu pada tubuh. Menariknya lagi, kunyit mampu menangkal kanker dan memperbaiki fungsi saluran cerna.

4. Kacang kenari.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: pixabay.com

Kacang kenari merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung anti inflamasi dan asam lemak omega 3 yang melawan rasa sakit serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika kamu merasakan pegal dan nyeri, maka kandungan di dalam kacang kenari akan bekerja dengan baik untuk mengatasinya.

5. Bawang putih.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: freepik.com

Bumbu masak satu ini memang memiliki banyak khasiat, termasuk menyembuhkan badan pegal linu. Pasalnya kandungan antioksidan dan anti inflamasi dapat meredakan otot-otot yang sakit. Kamu bisa memakan langsung atau menambahkan dalam jumlah yang banyak pada masakan.

6. Blueberry.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari spaexperience.org.uk, buah blueberry mengandung polifenol, kandungan antioksidan nabati yang ada di dalamnya dapat melindungi sel darah dari kerusakan.

7. Nanas.

Tanaman obat pegal linu freepik.com

foto: freepik.com

Mengonsumsi nanas dapat mengobati cedera otot seperti keseleo dan nyeri. Kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara, baik dimakan secara langsung maupun di jus.

RECOMMENDED BY EDITOR