Brilio.net - Usus buntu merupakan organ dalam perut yang berbentuk seperti kantong kecil, berukuran sekitar 5-10 cm, dan terletak di perut bagian kanan bawah. Usus buntu terhubung langsung dengan usus besar.

Organ ini dapat terkena penyakit yang biasa disebut apendiks. Dilansir dari webmd.com, Selasa (23/2), apendisitis dapat menjadi salah satu faktor di mana perut akan terasa sakit.

Ketika masalah ini muncul, usus buntu mengalami peradangan, terinfeksi, dan bahkan bisa pecah. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri hebat di bagian kanan bawah perut, bersamaan dengan mual dan muntah.

Karenanya, alangkah baiknya kamu mencegahnya sedini mungkin. Kamu bisa memanfaatkan tanaman herbal alami yang tidak menimbulkan efek samping. Bahan tersebut juga mudah didapat dan cara membuatnya pun begitu sederhana.

Apa saja tanaman yang bisa kamu pakai? Berikut beberapa jenis tanaman obat usus buntu seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/2).

Loading...

1. Buah bit dan mentimun.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari laman Pemerintah Kota Medan pemkomedan.go.id, salah satu tanaman herbal yang bisa dipakai untuk usus buntu adalah perpaduan buah bit dan mentimun. Kandungan dari dua bahan ini dikenal kaya akan nutrisi dan sifat antioksidan.

Buah bit dan mentimun dipercaya mampu menyembuhkan usus buntu, meredakan radang, dan juga akan membersihkan usus yang tersumbat. Cara mengolahnya, campur buah bit merah bersama mentimun jadi jus.

2. Jahe.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari stylecraze.com, jahe dapat sangat baik membantu penyembuhan usus buntu. Tanaman herbal ini akan mengurangi rasa mual dan muntah. Kamu bisa mengonsumsi dengan cara dicampur dengan masakan, dimakan langsung, atau diseduh dengan air hangat.

Jahe mengandung antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus membunuh bakteri jahat dalam usus. Minum seduhan jahe bersama madu saat pagi dan sore hari untuk meredakan gejala.

3. Kunyit.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya ada tanaman kunyit. Rempah-rempah yang satu ini mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Nggak hanya jadi penyedap masakan, kunyit diyakini mujarab menyebabkan berbagai penyakit, tak terkecuali gejala usus buntu.

Dilansir dari pemkomedan.go.id, kunyit memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, kaya antioksidan. Kandungan kunyit sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri penyebab infeksi dan radang di usus buntu.

Cara mengolahnya, cukup parut dan campur dengan air hangat, kemudian saring airnya. Diminum rutin satu gelas kunyit hangat setiap hari.

4. Teh daun mint.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Daun mint hijau punya aroma segar dan bisa memberikan perasaan tenang. Saat diolah jadi minuman, kamu akan merasakan efek dingin dan sejuk.

Dilansir dari pemkomedan.go.id, mengonsumsi jus mint ini dapat membantu menurunkan gejala penyakit usus buntu. Caranya, campur daun mint dengan buah berserat lain atau direbus selama 5 menit kemudian dijadikan teh daun mint. Supaya rasanya lebih manis, tambahkan satu sendok makan madu. Minum rutin setiap hari untuk menurunkan gejala.

5. Kacang hijau.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Ketika gejala usus buntu muncul, kacang hijau adalah salah satu pengobatan alami yang paling manjur. Dikutip dari stylecraze.com, biji berwarna hijau ini memiliki serat yang mudah dicerna.

Kacang hijau ini juga dapat meluruhkan penyumbatan pada usus buntu. Sebab, di dalam kacang hijau terdapat kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

6. Rumput lidah ular.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: Instagram/@de_garden13

Rumput lidah ular atau rumput mutiara (hedyotis corymbosa) dikenal sebagai salah satu tanaman herbal mujarab. Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh di area tanah lembap atau basah. Dikutip dari top10remedies.com, rumput ini mengandung zat saponin flavonoid, triterpen polisakarida, polifenol, asam oleanolat, asam trans p-kumarat, asama ursolat, glikosida antrakuinon asam stearat, dan sitosterol.

Semua kandungan di dalam rumput lidah ular dapat bekerja sebagai penawar penyakit radang usus buntu. Konsumsi ekstrak rumput lidah ular. Caranya, siapkan 15 gram rumput lidah ular, keringkan secukupnya, rebus selama kurang lebih 20 menit.

7. Lemon.

obat herbal usus buntu ©freepik.com

foto: freepik.com

Pada umumnya, lemon biasa dipakai untuk minuman dan bahan dapur. Namun, ternyata buah asam ini punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Lemon bisa jadi alat pembersih alami tubuh.

Untuk mengurangi rasa asamnya, campur dengan madu alami. Perpaduan lemon dan madu akan menghentikan perkembangan bakteri buruk dan melancarkan pencernaan atau masalah konstipasi karena usus buntu.

Dilansir dari stylecraze.con, supaya hasilnya lebih maksimal, konsumsi air lemon dan madu pada pagi hari. Saat pagi jadwal biologis untuk membuang sampah yang ada di perut akan bekerja sebagai pencahar, agar memudahkan sistem pembuangan sisa-sisa metabolisme pencernaan.

RECOMMENDED BY EDITOR