Brilio.net - Memiliki masalah persendian sering dirasakan oleh orang-orang. Mengatasi rasa sakit ini dapat dilakukan dengan berolahraga seperti yoga. Gerakan yoga sendiri sebenarnya mudah dilakukan. Namun kalau kamu salah gerakan, bisa jadi masalah sendi makin parah. Tak ingin salah penanganan karena gerakan yang kurang tepat, ada baiknya cari tahu soal yoga.

Dilansir dari everyhealth, sebenarnya gerakan peregangan pada yoga dapat membantu mengatasi beberapa sakit seperti nyeri sendi dan sakit pinggang. Yoga menawarkan manfaat seperti peregangan dan fleksibilitas pada tulang. Hal tersebut dikatakan Lauren Harris, seorang instruktur yoga di New York City.

“Tentu saja orang-orang perlu berlatih konsentrasi pikiran, dan mendengarkan tubuh mereka sendiri," ujar Lauren Harris

Untuk mengatasi radang sendi tersebut Harris merekomendasikan beberapa gerakan yoga yang sangat bermanfaat untuk persendian. Brilio.net telah merangkum gerakan yoga yang cocok untuk mengatasi masalah sendi sebagaimana dilansir dari everyhealth, Kamis (18/7).

1. Sun salutation.

Loading...

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Gerakan ini sangat bagus untuk memulai harimu. Kamu bisa berdiri dengan kedua kaki bersentuhan, lalu satukan kedua tangan, telapak ke telapak tangan, dan letakkan di dada. Buang napas dan angkat lengan ke atas. Tekuk perlahan ke arah belakang dan rentangkan tangan di atas kepala.

2. Child's pose and child's pose plus.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Cara ini mudah untuk meregangkan bagian punggung. Pose ini caranya dengan menjatuhkan lutut, rentangkan lutut secara lebar-lebar dan rapatkan jari-jari kaki. Dudukkan pinggul di atas kaki atau tumit, kemudian letakkan dahimu pada kaki. Raihlah tangan ke belakang pinggul.

3. Cow pose.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Merangkaklah dengan tangan selebar bahu, pergelangan tangan tepat di bawah bahu, dan jari-jari terbentang lebar. Lutut harus selebar pinggul dan tepat di bawah pinggul. Lalu bawa dadamu ke depan, ke atas. Saat pundak menekan ke bawah atau ke bagian pinggang, dan angkat pinggul ke atas dan belakang sehingga tulang duduk kamu mencapai ke arah atas.

4. Angry cat.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Gerakan ini adalah kebalikan dari pose cow pose. Gerakan ini dapat membantu meregangkan dan memanjangkan tulang belakang. Selain itu gerakan angry cat bisa meningkatkan fleksibilitas dan juga postur tubuh.

5. Supine twisting.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Pose ini adalah dengan cara membaringkan tubuh, kemudian menarik lutut ke arah dada. Selanjutnya lilitkan lengan ke kaki. Goyang sedikit ke samping, depan, dan belakang. Gerakan ini dimaksudkan untuk memijat tulang belakang.

6. Bright pose.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: everyhealth.com

Gerakan yang menyerupai bentuk jembatan ini membantu membentuk postur tubuh. Berbaringlah dalam posisi terlentang di lantai, tekuk lutut ke arah lantai, dan letakkan kaki sebagai tumpuan. Buang napas dan tekan bagian dalam kaki dan lengan tangan ke lantai. Dorong tulang ekor ke atas, kencangkan bokong. Kemudian angkat dari lantai sampai paha  sejajar dengan lantai. Jaga lututmu tepat di atas tumit dan angkat bagian atas pinggul ke arah pusar.

7. Downward-facing dog.

pose yoga © 2019 brilio.net

foto: retreattc.com

Gerakan ini sangat simpel. Mulailah merangkak, dengan lutut langsung di bawah pinggul dan tangan di depan bahu. Sebarkan telapak tangan dan telapak kaki sebagai tumpuan. Selanjutnya, buang napas dan dorong lutut kamu menjauh dari lantai. Perpanjang tulang ekor kamu dari bagian belakang panggul kamu dan tekan dengan ringan ke arah bagian atas pinggul.

RECOMMENDED BY EDITOR