Brilio.net - Tipes merupakan penyakit mudah menyerang tubuh seseorang. Baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Tipes atau tifus yang menyerang sistem pencernaan ini merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Walau terbilang penyakit umum namun tak bisa dianggap sepele. Apabila tidak ditangani dengan baik maka akan berdampak pada gejala tipes yang lebih parah.

Perlu dipahami bahwa tipes, atau disebut juga dengan demam tifoid, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kotoran manusia yang sudah terinfeksi oleh bakteri tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, di Indonesia sendiri setiap tahun hampir 100.000 penduduknya terjangkit penyakit tipes. Karena itu, penyakit tipes ini termasuk dalam kategori penyakit endemik dan masalah kesehatan serius di dalam negeri.

Penanganan yang telat dapat membuat tipes menyerang seluruh anggota tubuh. Untuk itu kita harus tahu gejala dan apa yang menyebabkan tipes bisa menjangkit tubuh kita, agar kita bisa mencegah lebih awal, atau melakukan penanganan lebih cepat. Namun, jika sudah terjangkit penyakit tipes terdapat berbagai cara untuk mengobatinya.

Nah, berikut ini brilio.net telah merangkum 20 penyebab tipes yang jarang yang diketahui, lengkap dengan gejala dan cara pengobatannya dari berbagai sumber pada Selasa (11/4).

Penyebab penyakit tipes.

Penyakit tipes bisa disebabkan oleh beberapa faktor, agar kamu terhindar dari penyakit ini, simak ulasannya sebagai berikut:

1. Kurang menjaga kebersihan.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Hal pertama yang sering disepelekan adalah menjaga kebersihan, baik kebersihan badan ataupun kebersihan lingkungan yang kenyataannya sangat berisiko membuatmu terkena tipes. Penyebab utama penyakit tipes ditularkan oleh bakteri salmonella typhi. Jenis bakteri ini bisa menjangkit kapan saja jika kamu tidak mencuci tangan dengan bersih setelah melakukan buang air kecil atau air besar.

2. Beraktivitas saat hujan dan banjir.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Hujan bisa membuat orang terjangkit penyakit demam tifoid. Kondisi ini akan semakin parah ketika kita berada di tempat banjir, dan akan mempermudah berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh kita, terutama penyakit tipes.Bakteri salmonella typhimurium adalah bakteri yang mudah berkembang di kondisi lembab dan banyaknya air keruh yang menggenang.

3. Jajan sembarangan.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Makanan adalah salah satu hal yang paling berpengaruh kita bisa terjangkit tipes atau tidak. Termasuk sering makan sembarangan di luar rumah adalah jadi penyebab utama terkena penyakit tipes.Hal ini adalah salah satu penyebab di mana anak-anak bisa terkena penyakit tipes, karena anak-anak sering membeli makanan sembarangan saat mereka bermain atau bersekolah.

4. Tidak memerhatikan kebersihan air.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Air sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Salah satunya air minum yang bisa dengan mudah terkontaminasi bakteri. Jika dikonsumsi dan masuk dalam tubuh, bakteri tersebut tentunya dapat menyebabkan seseorang terkena tipes. Agar terhindar dari gangguan tersebut, maka air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari pun harus bersih.

5. Tidak memperhatikan kebersihan kamar mandi yang digunakan.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kebersihan kamar mandi sudah selayaknya diperhatikan agar dapat hidup sehat. Pasalnya, jika kamar mandi kotor dapat membuat seseorang mudah terjangkit penyakit, begitupun dengan penyakit tipes. Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah jangan lupa untuk membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan usai menggunakan kamar mandi.

6. Saling bertukar pakaian.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bertukar pakaian adalah hal biasa dilakukan di kalangan anak muda. Namun tanpa disadari bahwa tidak semua pakain yang dimiliki teman itu bersih. Hal ini terlihat sepele, tapi bakteri yang dihasilkan keringat bisa saja membuat kamu terjangkit penyakit yang serius, salah satunya adalah tipes. Maka dari itu berhati-hatilah saat bertukar barang pribadi dengan teman atau kerabat terdekatmu.

7. Kelelahan saat tubuh sedang lemah.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Beberapa orang jika sudah bekerja sampai lupa waktu, bahkan saat mereka sedang merasa badan kurang sehat mereka tetap memaksakan untuk melakukan kegiatan yang melelahkan. Kelelahan saat kondisi badan sedang tidak fit adalah salah satu penyebab yang bisa membuat tubuh terjangkit tipes juga, karena saat kamu memaksakan melakukan kegiatan dengan keadaan yang kurang baik, maka akan sangat rawan terjangkit berbagai penyakit termasuk tipes.

8. Mengonsumsi air minum yang kotor.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena tipes yaitu mengonsumsi air minum yang tidak bersih alias kotor. Selain dari makanan, tipes juga bisa terinfeksi lewat air minum. Tanpa disadari, kotoran atau tinja manusia bisa masuk mencemari air yang kamu konsumsi sehari-hari. Terlebih bagi kamu yang suka jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

9. Berhubungan intim dengan penderita tipes.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Berhubungan intim dengan orang yang terjangkit tipes ternyata berpeluang besar untuk tertular. Bakteri tersebut bisa ditularkan melalui oral dan anal seks. Jika salah satu diantara mereka ada yang sakit tipes, maka membuka peluang penyebaran bakteri tipes pada pasangannya.

10. Berbagi peralatan makan dengan penderita tipes.

penyakit tipes © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya bertukar pakaian, berbagi peralatan makan dengan penderita tipes juga merupakan salah satu penyebab terjangkit tipes. Bisa jadi, bakteri penyebab tipes masih berada di permukaan alat makan. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan peralatan makan yang berbeda dari penderita sakit tipes. Pastikan pula untuk selalu bijak menolak saat diminta berbagi peralatan makan dengan penderita penyakit tipes. Jika tubuh sedang tak prima, tipes dapat mengancam kesehatan di dalam tubuh.