Brilio.net - Asam urat atau yang sering disebut gout merupakan masalah radang sendi yang umum terjadi pada banyak orang. Penyakit ini dapat mengakibatkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kaku pada sendi. Parahnya lagi ketika kumat, penyakit ini menyerang tanpa tahu waktu, lebih seringnya pada malam hari.

Biasanya asam urat paling banyak berdampak pada sendi jempol kaki. Saat penyakit asam urat kambuh, serangan rasa sakit ini bisa cukup lama dan akan datang kembali dari waktu ke waktu.

Secara perlahan asam urat dapat merusak jaringan daerah peradangan. Asam urat paling banyak dialami laki-laki, meskipun begitu bukan berarti wanita tidak bisa rentan akan asam urat.

Asam urat dapat menimbulkan risiko penyakit menyeramkan lainnya seperti hipertensi, kardiovaskular, dan obesitas. Penyakit ini muncul karena adanya masalah dalam tubuh. Kadar asam urat yang ada pada aliran darah mengalami kenaikan atau berlebih. Kondisi ini juga disebut dengan hiperurisemia.

Asam urat adalah zat yang biasanya terbentuk ketika tubuh memecah purin, ditemukan dalam sel manusia dan dalam banyak makanan. Asam urat diangkut darah ke ginjal dan dihilangkan dalam urin. Namun, beberapa orang kelebihan produksi asam urat atau mereka menghasilkan jumlah normal tetapi ginjal mereka tidak dapat memprosesnya secara efisien sehingga kelebihan asam urat menumpuk.

Loading...

Gejalanya asam urat bisa disebabkan karena pembentukan kristal asam urat di persendian. Ada beragam faktor penyebab penyakit ini bisa muncul. Dan masih banyak orang yang ingin meringankan rasa nyeri akibat asam urat dengan obat-obatan.

Agar penyakit ini tak lagi menyerang tubuhmu secara terus menerus, alangkah baiknya kamu tahu apa penyebab tingginya kadar asam urat. Berikut brilio.net ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi asam urat secara alami, dari berbagai sumber, Selasa (15/10).

1. Makanan.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Penyebab asam urat tinggi yang paling sering dan utama adalah karena makanan. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor pertama segala penyakit muncul. Makanan di sini adalah makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Adapun makanan yang dimaksud adalah makanan laut (kepiting, kerang, udang, dan cumi), daging merah, jeroan (usus, ampela, hati, paru), ikan bercangkang, makanan olahan, tahu dan tempe.

2. Obat-obatan.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Penyebab lain asam urat muncul karena seringnya mengonsumsi obat-obatan yang tentunya dapat meningkatkan tingginya purin. Obat-obatan itu seperti diuretik (obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh) serta aspirin. Saat penderita sedang mengalami proses penyembuhan cidera atau pascaoperasi dan sedang menjalani perawatan medis lainnya, hal itu juga bisa jadi penyebab asam urat.

3. Minuman.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Sama halnya dengan makanan, kebiasaan meminum minuman yang tidak bergizi dapat menyebabkan asam urat kambuh. Minuman yang perlu diwaspadai adalah minuman manis, alkohol, tinggi kafein, produk olahan susu. Minuman tersebut dapat mengakibatkan peningkatan purin di dalam aliran darah.

4. Riwayat keluarga.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Faktor genetika atau keturunan menjadi salah satu penyebab penyakit asam urat. Apabila ada seorang atau beberapa anggota keluarga yang menderita asam urat, risiko besar kamu juga akan mengalami masalah yang sama. Bahkan bisa jadi ditambah dengan penyebab lain, kadar purinmu justru lebih meningkat tinggi dibanding keluarga.

5. Kelebihan berat badan.

penyebab asam urat pixabay

foto: pixabay.com

Kelebihan berat badan dapat berdampak munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah asam urat. Kelebihan berat badan dapat membuat tubuhmu memproduksi lebih banyak purin, sehingga kadar di dalam tubuh akan melonjak. Sehingga ginjal akan sulit mencerna asam urat dan membuang kelebihannya. Lebih parahnya lagi, purin yang melonjak dapat merusak ginjal dan menyebabkan penyakit ganas lainnya.

6. Sayuran.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Jangan heran kalau tidak semua sayuran itu baik dikonsumsi. Setiap sayuran mengandung kandungan gizi dan vitamin masing-masing dan berbebeda-beda. Ada beberapa sayuran yang ternyata mengandung purin tinggi dan bisa mengakibatkan asam urat muncul. Misalnya, bayam, kacang-kacangan, asparagus, jamur, buncis, kangkung, hingga daun singkong.

7. Buah.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Dikenal sebagai makanan lezat dan kaya akan manfaat, ternyata buah juga dapat mengakibatkan asam urat naik. Sama halnya dengan makanan dan minuman lain, buah yang mengandung purin tinggi harus bisa kamu hindari. Alih-alih ingin hidup sehat, justru malah penyakit datang. Adapun buah yang harus kamu hindari adalah nangka dan durian.

Cara mengatasi asam urat

Seperti yang diketahui ada beragam cara yang dapat ditempuh untuk bisa meredakan asam urat. Sayangnya banyak orang lebih memilih cara praktis mengandalkan obat-obatan. Namun ketergantungan obat juga tidak baik dan bisa berefek bahaya pada tubuh.

Selain dengan obat, kamu bisa meredakan dan menurunkan kandungan purin menggunakan bahan alami. Tentunya cara ini lebih aman dan tanpa efek samping. Cara untuk mendapatkan khasiatnya, bisa dengan dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan dan minuman baru. Tubuh jadi sehat, lezat pun dapat.

1. Makanan.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Ada makanan yang bisa menyebabkan purin tinggi, tapi ada juga makanan yang bisa merunkan mengatasi asam urat. Makanan alami yang mudah didapat seperti telur, beras merah, dan gandum.

2. Buah.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Buah yang memiliki kandungan antiinflamasi dan tinggi potasium baik untuk tubuh, khususnya untuk penderita asam urat. Buah di sini seperti ceri, lemon, apel, dan pisang. Deretan buah tersebut dipercaya dapat meredekan peradangan sendi akibat asam urat.

3. Sayuran.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Ada beragam jenis sayuran yang dipercaya mampu mencegah asam urat seperti tomat, kentang, seledri, timun, wortel, brokoli, terong, dan kecipir.

4. Bumbu lain.

penyebab asam urat pixabay

foto: freepik.com

Bumbu sederhana yang biasa terdapat di dapur dapat juga membantu mencegah asam urat. Contohnya minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kanola, rami, cuka apel, jahe.

RECOMMENDED BY EDITOR