Brilio.net - Hari Raya Idul Adha memang identik dengan hewan kurban. Dan salah satu yang paling banyak dijadikan hewan kurban adalah kambing.

Setelah mendapatkan daging, kita pasti seringkali berpikir berpikir keras mau diolah seperti apa daging kambing ini. Belum lagi memikirkan kolesterol dan lemak dari daging kambing.

Dalam satu porsi daging kambing, terdapat protein yang cukup tinggi, yaitu 25 gram. Tetapi seporsi daging kambing juga mengandung 2,6 gram lemak dengan 0,8 gram lemak jenuh dan 64 mg kolesterol. Selain nggak baik untuk kesehatan, lemak juga bisa membuat berat badan jadi nambah nih. Pada dasarnya dengan pengolahan yang tepat, maka konsumsi daging kambing nggak akan membahayakan kesehatan.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan enaknya daging kambing ini dimasak apa biar nggak itu-itu melulu seperti sate atau gulai, kali ini brilio.net sudah menyiapkan buat kalian menu-menu daging kambing yang dijamin sehat dan nggak bikin takut gendut nih, Jumat (1/9).

1. Sop kaki kambing.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Sop kambing di Indonesia yang paling populer memang adalah sop kambing dengan kuah santan. Namun beberapa ahli kuliner menyebutkan bahwa sop kambing bening lebih menyehatkan daripada yang bersantan.

Nah, buat kamu yang nggak mau berisiko menambah berat badan atau kolesterol sop kaki kambing ini bisa jadi pilihanmu. Resep lengkapnya bisa kamu cek di sini nih. 

2. Sate pentul kambing.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Bosan dengan olahan sate kambing yang begitu-begitu aja? Kenapa nggak mencoba untuk mengolahnya menjadi sate pentul nih. Resepnya pun gampang banget. Kamu tinggal menyiapkan 350 g daging kambing yang sudah dipotong-potong, 4 sendok kecap manis, dan 1 ½ sendok makan air asam Jawa untuk menetralisasi lemak dalam daging kambing. Siapkan juga 13 buah tusuk sate.

Untuk bumbu-bumbunya, siapkan 8 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar bubuk, lengkuas secukupnya, 1 cm jahe, 2 batang serai ambil bagian putih dan kemudian iris-iris. Lalu, siapin ¼ sendok teh jintan, garam dan merica bubuk secukupnya.

Nah, untuk cara membuatnya juga simpel banget kok, kamu bisa cek selengkapnya di kreasi resep Bango di sini nih. 

3. Kambing rica cabe hijau.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Nah, berapa di antara kalian yang kepikiran untuk mengolah daging kambing menjadi rica-rica di Idul Adha ini? Kalau biasanya orang-orang cuma bikin sate atau gulai dan mentok-mentoknya dibikin sop, kali ini cobain deh kambing rica cabai hijau ini.

Bahan-bahan yang simpel dan cara membuatnya yang mudah bisa segera kamu terapkan di rumah bersama ibu. Jangan lupa untuk mengolah dagingnya dengan tepat yakni dengan cara membuang air rebusan pertama dulu ya sebelum diolah menjadi rica-rica. Resep selengkapnya bisa kamu cek di sini nih. 

4. Nasi goreng kambing kebuli.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Nah, kalau resep yang satu ini, cocok buat kamu yang maunya praktis-praktis aja nih. Bahan membuat Nasi Goreng Kambing Kebuli sangat simpel dan terjangkau. Di antaranya adalah 300gr daging kambing, kemudian bumbu halus yang terdiri dari bawang bombay, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, merica dan garam.

Pertama-tama goreng daging yang sudah dipotong dadu di atas minyak beserta irisan bawang bombay. Lalu masukkan pala, cengkeh, kapulaga, kayu manis dan bumbu halus. Masak hingga daging empuk dan masukkan Nasi Basmati yang sudah matang. Aduk hingga rata dan tambahkan Kecap Manis Bango untuk menyempurnakan citarasa.

5. Rabeg Spesial.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Dalam membuat olahan kambing, ada baiknya memilih rempah-rempah seperti lada hitam, cengkih, jahe, atau kayu manis. Nah, salah satu masakan khas kaya akan rempah adalah Rabeg spesial ini. Apalagi dengan tambahan Kecap Manis Bango yang bisa menambah cita rasa masakan semakin lezat. Kamu bisa melihat resep lengkapnya di Kreasi Resep Bango di sini nih.

6. Kambing goreng sambal kecap.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Menu olahan lainnya yang bisa kamu coba adalah kambing goreng sambal kecap. Bahan utama kambingnya dengan aroma jahe, bawang putih serta Kecap Manis Bango serta bumbu-bumbu segar dari tomat merah dan hijau dan daun kemangi tentunya bisa menjadi pilihan kamu yang bosan dengan olahan kambing biasanya di Idul Adha.

7. Kambing masak lada hitam.

kecap bango daging Kecap Bango

foto: bango.co.id  

Kalau menu olahan yang satu ini mungkin biasanya kamu temui di iga sapi, ya. Kali ini kamu bisa memasak olahan kambing dengan bumbu lada hitam. Pilih daging kambing bagian has yang tidak banyak uratnya. Dijamin sajian ini bakal diserbu dan laris manis saat libur Idul Adha ini.

Wah, ternyata nggak sulit dong untuk memasak makanan berbahan daging kambing tapi tetap jaga kolesterol dan lemak? Asalkan kamu ingat untuk tidak menggunakan kaldu kambing yang pertama, memakan bahan-bahan atau bumbu yang bisa menetralisir lemak jenuh pada kambing, serta menghindari santan, maka kamu bisa dengan aman memakan masakan olahan kambing.

Jangan lupa juga untuk pakai Kecap Manis Bango untuk olahan yang lebih lezat, nih. Selain itu, kamu bisa lho coba menu lainnya dengan mengunjungi Kreasi Resep Bango di sini, dijamin lengkap deh!