Brilio.net - Virus Corona masih jadi perhatian dunia. Hingga kini virus yang berasal dari Wuhan, China ini sudah menelan ribuan korban. Beberapa negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika juga sudah terdeteksi terinfeksi virus yang mampu mengakibatkan kematian ini.

Perlu diketahui, virus yang secara resmi disebut sebagai COVID-19 oleh WHO ini memiliki cara penyebaran yang sama pada virus lainnya. Mulai dari melalui batuk, bersin maupun berjabat tangan.

Dampaknya, jika terpapar virus tersebut, seseorang akan mengalami pneumonia (kesulitan bernafas) hingga kematian. Namun, apakah ada cara mencegah virus Corona?

Berdasarkan keterangan dari ahli nutris Rachel Olsen, B.Sc. Global Nutrition Health, virus bisa dicegah dengan menjaga daya tahan tubuh yang baik.

“Imunitas pada tubuh manusia sebenarnya bisa dijaga dengan nutrisi yang tepat tiap harinya, seperti dari sayur, buah dan sumber makanan alami lainnya,” ujar Rachel seperti dikutip brilio.net dari liputan6.com, Senin (24/2).

Mengenai hal itu, Rachel juga memberikan beberapa rekomendasi sumber nutrisi untuk mencegah virus tersebut. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, berikut tujuh sumber nutrisi untuk mencegah virus corona.

1. Vitamin A.

Rachel menyarankan untuk menjaga asupan vitamin A harian, karena vitamin ini terlibat pada produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu mengeliminasi patogen (virus) dan mencegah adanya penyakit infeksi. Zat ini bisa didapatkan dari wortel, ubi dan pepaya.

2. Vitamin B Kompleks.

Selain itu, ada juga vitamin B Kompleks yang diperlukan oleh lebih dari 100 enzim dalam tubuh. Saat fungsi enzim ini dapat optimal, maka dia akan membantu kerja sel imun dengan lebih baik. Makanan yang kaya dengan vitamin B antara lain sayuran hijau (seperti daun singkong, bayam, kangkung) dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C.

Vitamin lain yang direkomendasikan oleh Rachel adalah vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan yang bagus untuk produksi sel-T (sel imun tubuh). Zat terkenal ini paling tinggi terkandung dalam jambu biji.

4. Vitamin D.

Vitamin D merupakan ragam zat penting lain yang dapat memberikan tambahan lapisan perlindungan pada sel imun dalam tubuh, sehingga pertahanan terhadap patogen bisa lebih maksimal. Vitamin ini bisa didapatkan dari matahari maupun makanan seperti jamur kancing, ikan tuna dan ikan salmon.

5. Vitamin E.

Banyak yang tidak tahu bahwa vitamin E memiliki fungsi signifikan untuk membentuk antibodi. Rachel menyebutkan bahwa vitamin ini mempengaruhi pembentukan “natural killer cell” yang nantinya bisa “membunuh” benda asing seperti virus. Makanan yang tinggi dengan vitamin ini adalah kacang almond dan alpukat.

6. Selenium.

Selain dari ragam vitamin, Rachel juga menyarankan mengonsumsi mineral seperti selenium. Zat ini dapat membantu memastikan produksi jumlah sel imun tubuh mencukupi. Kita bisa mendapatkannya dari jamur, telur dan ikan-ikanan.

7. Lodium.

Mineral lain yang juga memiliki pamor untuk menjaga imunitas tubuh adalah iodium. Zat ini membantu memberikan asupan energi yang lebih baik agar kinerja sel imun dapat maksimal. Makanan yang tinggi iodium antara lain rumput laut, telur dan ikan.