Brilio.net - Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu bahwa salah satu bahan alami yang baik untuk rambut adalah kayu manis. Salah satu klaim populer adalah bahwa kayu manis meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi kerontokan rambut. Dilansir brilio.net dari healthline.com, Rabu (28/7) ada beberapa bukti untuk mendukung pernyataan tersebut, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatasi ketombe.

Dikatakan juga bahwa kayu manis dapat mewarnai atau mencerahkan rambut, tetapi tidak ada bukti bahwa ini berhasil. Namun beberapa peneliti memang sudah membuktikan bahwa kayu manis bekerja aktif dalam memperbaiki masalah di kepala.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk rambut, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/7).

1. Merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Dilansir dari healthline.com, sebuah tinjauan tahun 2019 melihat procyanidin, senyawa yang ditemukan dalam kayu manis, ada pengaruhnya terhadap pertumbuhan rambut. Para peneliti menemukan beberapa penelitian lama yang menghubungkan procyanidin dengan pertumbuhan rambut, tetapi procyanidin yang digunakan berasal dari jus apel.

Ada juga penelitian pada hewan tahun 2018 yang menemukan bahwa minyak kayu manis dapat meningkatkan panjang rambut pada tikus jantan. Itu ditemukan sama efektifnya dengan 2 persen minoxidil topikal (Rogaine).

Menurut para peneliti, efek ini disebabkan oleh cinnamaldehyde, senyawa utama dalam kayu manis. Cinnamaldehyde bekerja dengan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke folikel rambut, yang mendukung pertumbuhan rambut.

2. Mengatasi masalah rambut rontok.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Rambut rontok dapat terjadi ketika folikel rambut tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Sinamaldehida dalam kayu manis dapat membantu mengatasi rambut rontok. Menurut studi 2018 di atas, efeknya pada sirkulasi bisa mengurangi kerontokan rambut berlebih pada orang tua. Sekali lagi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek ini.

3. Mengatasi masalah ketombe.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Menurut sebuah studi tahun 2013, kayu manis memiliki sifat antijamur. Para peneliti menemukan bahwa itu dapat bekerja melawan Malassezia, jamur yang menyebabkan ketombe. Hal ini menunjukkan bahwa kayu manis dapat menjadi obat alami yang potensial untuk ketombe.

4. Mencegah kerusakan rambut.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Kayu manis mengandung procyanidins yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antijamur. Ini dapat membantu melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan radikal bebas, iritasi, peradangan, dan mencegah ketombe.

5. Membasmi kutu rambut.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Dilansir dari stylecraze.com, penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu manis yang dicampur dengan shampo dapat membantu mengurangi kutu rambut.

6. Atasi rambut bercabang.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Memang tidak ada penelitian lebih mengenai hal ini. Namun dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan meningkatkan ketebalan rambut dan menjaganya lebih sehat. Bisa saja masalah rambut bercang turut teratasi.

7. Mencegah infeksi kulit kepala.

Manfaat kayu manis untuk rambut pexels.com

foto: pexels.com

Polifenol kayu manis bertindak sebagai antioksidan alami. Sifat antimikroba tersebut dapat membantu mencegah infeksi kulit kepala.