Brilio.net - Kolesterol menjadi penyakit yang membahayakan bagi manusia. Pada umumnya kolesterol berawal dari konsumsi makanan yang sebenarnya kita tidak sadari, seperti susu berlemak, telur, hingga daging. Lemak jenuh dan lemak trans pada makanan tersebut yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Bahaya kadar kolesterol tinggi sendiri mampu meningkatkan risiko penyakit jantung yang mematikan. Bahkan orang yang sudah terserang kolesterol tinggi akan mengonsumsi obat-obatan dalam jumlah yang tak sedikit untuk menyembuhkan penyakitnya.

Akibatnya banyak orang yang baru merasa menyesal tak menjaga pola makannya dihari tua saat ia sudah dipastikan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Namun kamu bisa mengganti obat-obatan dengan makanan ini yang dipercaya bisa membantumu menurunkan kolesterol yang tinggi dengan konsumsi yang rutin. Atau mengonsumsi makanan ini untuk terhindar dari bahayanya kolesterol.

Nggak percaya? Yuk cobain sendiri khasiat dari makanan ini yang bisa membantumu menyembuhkan penyakit ini, yang brilio.net sudah rangkum (7/2).

1. Beras merah.

Loading...

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: tipsehat.info

Pada umumnya beras merah dikonsumsi untuk orang yang sedang diet untuk menjaga pola makannya. Namun ternyata makanan ini hanya berfungsi untuk melangsingkan saja lho, kandungan vitamin B, Selium, dan Magnesium dalam berasa merah membantumu menurunkan lemak darah. Selain itu kandungan serat tinggi pada makanan ini mampu menurunkan gula darah.

2. Sayur bayam.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: redcon1online.com

Sayuran ini dipercaya mampu melindungi kesehatan jantung dari lemak yang ada di pembuluh darah. Selain itu bayam bisa menurunkan kadar kolesterol dan bisa jadi penurun darah tinggi bila mengonsumsinya dengan rutin.

3. Kedelai.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: tokopedia.com

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering mengonsumsi makanan hasil fermentasi kacang kedelai seperti tahu, tempe, hingga kecap. Ternyata kandungan isoflavin pada buah imut ini bisa menekan kolesterol jahat lho.

4. Alpukat.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: khasiatmanfaat.com

Kandungan Beta-Sterol pada alpukat bisa membantumu mengurangi kolesterol. Namun kamu harus memperhatikan dalam pengolahan alpukat sendiri, alpukat sebaiknya dimakan mentah dan tak diolah, terlebih di jus dengan susu yang berlemak tinggi.

5. Mangga.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: suarabandung.com

Vitamin C dan Pectin pada buah kuning ini bisa mengurangi kolesterolmu. Selain itu kandungan serat prebiotik dalam mangga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat ditubuh.

6. Jambu merah.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Buah yang masih jarang dikonsumsi orang ini ternyata mengandung banyak senyawa baik seperti vitamin C dan E, Selium, hingga flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol.

7. Anggur.

Konsumsi rutin © 2018 brilio.net

foto: ahlinyapenyakitmata.web.id

Buah kecil dan manis ini ternyata kaya akan manfaat bagi tubuh. Kandungan flavonoid dalam anggur berguna mencegah penggumpalan darah. Selain itu anggur bisa menurunkan kolesterol tinggi dari serat dan zat catechinnya.

RECOMMENDED BY EDITOR