Brilio.net - Salah satu penyakit mengerikan bagi anak muda adalah serangan jantung. Bagaimana tidak, jantung sebagai pusat alat pernafasan manusia untuk menjalankan sirkulasi oksigen dan karbondioksida untuk tetap bertahan hidup. Sangat menakutkan bila jantung sebagai organ vital dalam kehidupan tercederai bahkan rusak.

Kerusakan jantung secara perlahan tapi pasti perlu kita waspadai. Bisa dengan menjaga pola makan, tidur teratur dan berolah raga. Tapi penjagaan kita terhadap kesehatan jantung belum sempurna jika belum mempelajari berbagai gejala yang timbul. Berikut ini rangkuman gejala-gejala sakit jantung yang perlu kita waspadai dikutip dari berbagai sumber, Selasa (2/4).

1. Mudah lelah.

indikasi jantung istimewa

foto: Pixabay.com

Loading...

Hati-hati dengan kondisi yang kurang fit dan tidak mampu bertahan dalam aktivitas yang berlebih. Bisa jadi, kamu terkena gejala awal sakit jantung.

2. Batuk dan sering tersengal.

indikasi jantung istimewa

foto: Freepik.com

Batuk tidak hanya dipengaruhi oleh gangguan debu dan kotoran ke dalam rongga pernapasan, namun juga gejala jantung yang kadang tersendat

3. Gangguan memori.

indikasi jantung istimewa

foto: Pixabay.com

Gangguan memori?ya, sistem kerja jantung sangat dapat mempengaruhi motorik kita dalam berpikir dan bertindak. Apakah kamu mudah lupa?segera periksakan ke dokter!

4. Nafsu makan rendah.

indikasi jantung istimewa

foto: Freepik.com

Wah, rasa rendang dan sambal hijau sangat nikmat untuk disantap, rica-rica juga sedap. Tapi kamu merasa sering tidak nafsu makan?hati-hati gejala sakit jantung.

5. Bengkak pada kaki.

indikasi jantung istimewa

foto: Freepik.com

Jika kamu pernah mengalami bengkak pada bagian kaki secara tiba-tiba dan tak jelas asal-usulnya, kamu harus mulai waspada.

6. Jantung tidak stabil.

indikasi jantung istimewa

foto: Freepik.com

Gejala yang paling mudah untuk mengidentifikasi gangguan jantung pasti dari jantung itu sendiri. Kamu suka deg-degan seketika, tapi bukan karena gugup atau penasaran? Mulailah berolahraga.

7. Nyeri dada saat mobilitas tinggi.

indikasi jantung istimewa

foto: pixabay.com

Tak hanya sesak nafas dan batuk, nyeri di bagian dada juga termasuk dari ciri-ciri jantung kamu lemah.

(faris arfan)

RECOMMENDED BY EDITOR