Brilio.net - Jerawat kerap kali menjadi masalah yang bikin kamu geregetan. Apalagi jika kamu punya rencana yang menuntut kamu berpenampilan maksimal. Jerawat memang sakitnya tak seberapa, namun keberadaannya sering mengganggu penampilan.

Menghilangkan jerawat tidak hanya terkait dengan menjaga gaya hidup sehat. Tetapi juga perlu perhatikan pola makanmu. Makanan pedas dan berlemak memicu timbulnya jerawat.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kulitmu bebas jerawat, seperti perawatan di salon. Namun, ada baiknya kamu menjaga kulit mukamu dengan cara alami.

Preeti Seth, Ahli Kosmetologi, Klinik Kesehatan Pachouli, Delhi, dan Prabhu Mishra, Ahli Kosmetologi Senior, Rumah Sakit Internasional SCI, Delhi, memberi tahu apa yang harus dimakan semua orang agar kulitmu bebas jerawat. Rekomendasi dari ahli ini meliputi makanan sayur dan buah. Berikut delapan makanan itu seperti dilansir brilio.net dari timesofindia.


1. Beras merah

7 Jenis sayur & buah yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat © 2018 brilio.net

foto: Halodoc

Beras merah adalah sumber kaya vitamin B, protein, magnesium, dan beberapa antioksidan. Vitamin B yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi stres yang akan membantu mengatur kadar hormon dan mencegah kemungkinan berjerawat.


2. Bawang putih

7 Jenis makanan yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat

Bawang putih adalah makanan super lain yang membantu melawan peradangan. Bawang putih penuh dengan bahan kimia alami yang disebut allicin, yang membunuh banyak bakteri dan virus berbahaya yang mungkin ditentang oleh tubuh Anda. Sehingga bawang ini terbukti bagus untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

 

3. Brokoli

7 Jenis makanan yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat

Brokoli mengandung sifat bangunan kesehatan seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Antioksidan ini melawan kerusakan radikal yang akan membantu memancarkan kesehatan kulit Anda.

 

4. Ikan

7 Jenis sayu & buah yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat © 2018 brilio.net

foto: Artikelsiana

Ikan dikenal sebagai sumber asam omega-3 dan 6-lemak yang sangat baik untuk kulit berjerawat. Jenis asam ini mengurangi peradangan di kulit. Ikan salmon sangat baik untuk kulit.

 

5. Adas

7 Jenis sayu & buah yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat © 2018 brilio.net

foto: Ramesia

Jika Anda mencari pembersih kulit alami yang sempurna, makan adas. Sayuran akar licorice-tasting ini dapat meningkatkan pencernaan, mengurangi pembengkakan dan membantu membuang kelebihan cairan dan racun di kulit Anda.

 

6. Teh hijau

7 Jenis makanan yang tak kamu duga ini ampuh hilangkan jerawat

 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu melawan jerawat. Minum lebih banyak teh hijau sepanjang hari. Selain itu kamu bisa mencoba utuk memanfaatkan kantong teh yang didinginkan. Lalu kantong teh yang didinginkan itu usap ke area yang rawan jerawat di wajah Anda selama 10-15 menit.

 

7. Anggur merah

manfaat anggur manfaat anggur



Buah dan biji mengandung bahan kimia alami yang kuat dan antioksidan yang telah terbukti dapat mengobati kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Anggur juga dapat membantu mengontrol efek samping dari reaksi alergi pada kulit.