Brilio.net - Kebiasaan menggigit kuku memang tidak baik. Biasanya jika ada anak kecil suka mengigit kuku akan segera dimarahi orang tuanya. Tentu saja karena memperhatikan konsekuensi kesehatan.

Dikutip dari laman Prevention, Rabu (11/10), mengigit kuku dapat menimbulkan masalah kesehatan. Profesor dermatologi George Washington University, Adam Friedmen, menjabarkan beberapa masalah kesehatan yang muncul karena menggigit kuku. Yuk simak, perhatikan baik-baik ya.

1. Infeksi

gigit kuku © prevention.com

Jika kamu mengigit kuku dan mengenai daging di bawah kuku, maka bisa menimbulkan infeksi loh. Hal ini karena bakteri dari mulut berpindah ke daging di bawah kuku.

Akibatnya muncul nanah dan jika tidak ditangani bisa membusuk. Infeksi yang biasanya muncul yakni paronychia, yakni muncul gejala lecet, rasa sakit, dan benjolan nanah.

2. Infamlasi

gigit kuku © prevention.com

Mengigit kuku dapat menyebabkan peradangan pada daging sekitar kuku. menurut Friedman, air liur dapat membuat korosi pada daging.

3. Sakit perut

gigit kuku © prevention.com

Jika kamu menggigit kuku, maka bakteri dari kuku dapat berpindah ke perut. Nah ini yang menyebabkan sakit perut.

4. Kuku tumbuh di dalam

gigit kuku © prevention.com

Menurut Friedman ada lapisan kuku bernama matrix. Jika kamu sering mengigit kuku, maka kerja matrix akan terganggu. Akibatnya kuku bisa tumbuh didalam daging. Kan bikin ngilu.

5. Jerawat

gigit kuku © prevention.com

Apabila kamu mengigit kuku dan tidak sengaja meletakan tanganmu di wajah, maka akan berkonsekuensi muncul jerawat. Lengkap sudah bakteri dari mulut ditambah bakteri kuku, akan membuat wajahmu tertempel bakteri juga.

6. Herpes pada tangan

gigit kuku © prevention.com

Herpes ini sering dinamai sebagai gejala herpethic withlow. Merupakan infeksi sangat sakit pada tangan yang biasanya mengenai jari telunjuk. Bakteri dari mulut adalah salah satu penyebabnya.

7. Masalah gigi

gigit kuku © prevention.com

Jika kamu tertlalu sering mengigit kuku, maka memicu gejala periodontal. Merupakan infeksi bakteri kronis di sekitar gusi dan gigi. Hal ini diakibatkan terkena bakteri dari kuku guys.