Brilio.net - Bagi pekerja kantoran, menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja sudah jadi rutinitas. Sebagian orang berpikir bahwa area kerja pasti senantiasa bersih dan terjaga. Tapi, ada rahasia di baliknya. Meja kerja ternyata menyimpan berbagai kuman dan bakteri yang mengintai setiap saat.

Meja kerja rata-rata mempunyai lebih dari 10 juta kuman. Jumlah kuman itu berkisar 400 kali lebih banyak daripada dudukan kloset toilet. Professor Kelly Reynolds PhD dari University of Arizona bahkan mengatakan bahwa bakteria cepat sekali menyebar seperti dilansir Brilio.net dari WebMD.

Penyebabnya adalah permukaan kotor dan kurang higienis jadi tempat kembang biak kuman dan bakteri. Apalagi mereka bisa hidup di mana saja seperti meja kerja. Apabila tidak hati-hati dan tak punya kebiasaan hidup bersih, meja kerja akan mudah terkontaminasi berbagai penyakit yang datang dari bakteri.

Lalu mana saja 5 spot paling kotor di meja kerja yang harus sering dibersihkan? Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/7).

1. Alat tulis dan perkakas kantor.

detool1 istimewa

foto: shutterstock.com

Alat tulis dan perkakas kantor harus mendapat perhatian khusus. Pasalnya benda-benda ini menjadi sarang kuman yang bisa menyebarkan penyakit. Apalagi biasanya tak jarang kolega sekantor meminjamnya dengan bebas. Kebiasaan ini tentunya nggak menutup kemungkinan menyebarkan bakteri dari sentuhan. Untuk itu perlu mengelap, dan secara berkala mendisinfeksinya dengan alkohol atau spray disinfektan.

2. Layar komputer.

detool1 istimewa

foto: shutterstock.com

Kebanyakan orang berpikir bahwa layar komputer jarang terkontaminasi banyak bakteri. Tapi, jangan lupa tiap kali kamu bersin, batuk, atau bicara, air liur dan kuman dapat mencemari komputermu. Belum lagi debu, sidik jari, atau noda tangan juga sering kali menempel di layar komputer. Karena itu membersihkan layar laptop secara rutin sangat penting dilakukan.

3. Meja kerja yang dipakai.

detool1 istimewa

Foto: Instagram/@dettolindonesia

Tak jauh beda dengan kondisi layar komputer, meja kerja juga mengundang ratusan bakteri. Apalagi jika banyak barang tersimpan dan kamu jarang membersihkannya. Oleh karena itu sebelum digunakan, semprot dengan disinfektan All-in-One yang dapat dipakai di berbagai macam permukaan.

Sekarang melindungi diri kita agar tetap higienis jadi lebih praktis dengan Dettol All-In-One Spray. Tinggal satu kali semprot untuk membunuh berbagai kuman. Dettol Disinfectant Spray membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit di berbagai permukaan. Tenang, disinfektan ini juga memiliki aroma harum menyegarkan loh.

Spray serbaguna ini dapat digunakan pada permukaan keras dan permukaan lunak. Dari mulai permukaan dan alat dapur, kamar mandi, mainan anak, sajadah, sofa, hingga jok mobil bisa dibersihkan secara higienis dengan desinfektan Dettol All-In-One Spray. Untuk informasi lengkap mengenai desinfektan Dettol All-In-One Spray kamu bisa klik di sini.

4. Keyboard dan mouse.

detool1 istimewa

foto: shutterstock.com

Meski digunakan secara pribadi, tidak ada jaminan keyboard dan mouse bebas dari sarang penyakit. Apalagi jika kamu sering makan di meja kerja, bersin, maupun lupa mencuci tangan setelah kembali dari toilet.

Ditambah lagi jika kamu bekerja delapan jam tanpa henti setiap hari, keringat bisa saja menyebar di sela-sela keyboard sehingga menimbulkan bakteri. Terkadang ada pula beberapa hal yang mengharuskan kolega untuk akses komputer lain atau milik teman. Maka mouse dan keyboard jadi barang yang paling berisiko jadi sarang bakteri. Karenanya, sering-seringlah membersihkan area tersebut.

Praktisnya, gunakan antibakteri Dettol Anti Bakteri Wet Wipes Original. Tisu basah anti bakteri ini melindungi dari kuman yang praktis digunakan kapan saja dan dimana saja. Sekali usap, permukaan meja kerja akan bebas dari kuman.

5. Ponsel pribadi dan telepon kantor.

detool1 istimewa

foto: shutterstock.com

Satu lagi peralatan kantor yang sering jadi sarang bakteri lainnya adalah ponsel pribadi. Jika ponsel pribadi saja menjadi sarang bakteri, bagaimana dengan telepon kantor yang biasa diakses secara bersama-sama? Tombol dan gagang telepon menjadi spot yang rawan kuman dan bakteri.

Pastikan untuk terus membersihkan telepon secara rutin. Rajin usap permukaan telepon dengan tisu anti bakteri yang terpercaya. Ya tisu basah seperti Dettol Anti Bakteri Wet Wipes bisa kamu andalkan dan efektif untuk membunuh kuman dalam situasi ini.

6. Kursi.

detool1 istimewa

Foto: Shutterstock.com

Sama halnya seperti telepon kantor yang digunakan bergantian, kursi kerja hingga kursi ruang tamu kantor juga jadi salah satu tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bahkan sandaran tangan di kursi juga menjadi salah satu tempat penyebaran bakteri dan penyakit. Karena area itu sering bersentuhan dengan banyak orang.

Jadi pastikan kamu menjaga kebersihan kursi secara teratur. Sebelum digunakan semprotkan dengan disinfektan All-in-One yang dapat dipakai di berbagai macam permukaan, termasuk permukaan kain pada kursi.