Brilio.net - Tidur merupakan kebutuhan bagi setiap orang untuk mengembalikan kebugaran setelah beraktivitas seharian. Selain itu, tidur juga merupakan kunci utama agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Agar mendapatkan manfaat maksimal, ternyata tidur tidak cukup hanya memejamkan mata saja. Melainkan ada sejumlah teknik yang bisa dilakukan agar kualitas tidur yang baik bisa kita dapatkan.

Salah satunya yakni dengan memerhatikan posisi tidur. Posisi tidur yang buruk akan berujung pada gangguan kesehatan seperti sakit kepala hingga nyeri punggung.

Di sisi lain, tahukah kamu, bahwa posisi tidur miring ke sisi kiri memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan? brilio.net merangkum 6 manfaat tidur di sisi kiri lebih baik untuk kesehatan dilansir brilio.net dari liputan6.com, Rabu (24/7) berikut ini.

1. Baik untuk kesehatan jantung.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net
foto: scrubsmag.com

Menurut American Heart Institute, tidur di sebelah kiri sangat efektif meningkatkan sirkulasi ke jantung. Di sisi lain, jantung menjadi lebih rileks walau hal tersebut masih diperdebatkan. Hal ini karena posisi tersebut mampu mengambil beberapa tekanan dari jantung selama delapan jam sekaligus.

Ketika Anda berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur di sisi kiri, gravitasi akan memfasilitasi sirkulasi aorta yang membantu jantung untuk memompa darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda karena posisi tidur tersebut.

2. Mengurangi rasa mulas.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net
foto: metdoctor.com

Tidur sisi sebelah kiri ternyata dapat mendukung saluran pencernaan meski sedang dalam keadaan tidur. Jika Anda merasa sulit untuk tidur setelah makan, berbaringlah ke sisi kiri dan rasa mulas tersebut akan mereda. Bahkan, Anda dapat melakukannya sendirian saat tidak ada yang membantu meredakan rasa mulas ini.

Studi yang dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology mengungkapkan, berbaring di sisi kiri tubuh dapat membantu mengurangi gejala sakit maag. Anda dapat berbaring di sisi kiri tubuh selama 10 menit untuk meredakan sakit. Ini akan sangat membantu bila bila dibarengi dengan pertolongan obat-obatan yang sesuai.

3. Meningkatkan proses pencernaan.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net
foto: shutterstock.com

Proses pencernaan masih berlangsung di dalam tubuh ketika tidur. Ketika berbaring di sisi kiri, makanan lebih mudah bergerak dari usus besar Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk buang air besar lebih mudah saat bangun dari tidur.

Selain itu, Jika Anda tidur berbaring di sisi kiri, akan membuat pankreas dan perut tergantung secara alami. Posisi ini memungkinkan proses pencernaan dan pengembangan enzim pankreas beroperasi tanpa gangguan. Hasilnya, Anda akan lebih nyenyak tidur saat tubuh memecah makanan untuk dieliminasi.

4. Menghilangkan sakit punggung.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net
foto: theptdoctor.com

Menurut penelitian National Institute of Neurological Disorders, penderita sakit punggung kronis akan nyaman jika posisi tidur di sisi kiri. Saat penderita tidur dengan posisi tengkurap, lebih banyak tekanan menumpuk di punggung sehingga posisi di sisi kiri lebih baik.

Bagi penderita sakit punggung, posisi tidur di sisi kiri dapat mengurangi tekanan sumsum tulang belakang dan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Hasilnya, Anda terbangun dengan perasaan lebih segar tanpa rasa sakit di daerah punggung bawah.

5. Baik untuk wanita hamil.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net foto: unlockfood.ca

Studi yang diungkapkan oleh American Heart Association menunjukkan bahwa banyak manfaat bagi wanita hamil yang tidur di sisi kiri untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Berbaring di sisi kiri dapat meredakan tekanan punggung di bagian bawah dan memungkinkan darah mengalir dengan mudah ke janin. Wanita hamil yang berbaring di sisi kiri juga dapat mengurangi gejala menyakitkan di siang hari dan membantu menjaga kesehatan janin yang optimal.

Ketika wanita hamil merasakan tanda-tanda ini, disarankan untuk berbaring di sisi kiri sesering mungkin. Hal ini dapat mengurangi tekanan dari uterus dan organ hati pada wanita hamil.

6. Memperkuat sistem limfatik.

tidur sisi kiri © 2019 brilio.net foto: unsplash.com

Memiringkan tubuh ke sisi kiri ternyata dapat membantu kelenjar limfa menyaring cairan dan limbah getah bening secara lebih baik. Posisi tidur di sisi kiri juga lebih efisien meningkatkan sistem limfatik karena bagian kiri tubuh dianggap sebagai sisi limfatik yang dominan.

Tidur dengan cara ini akan membantu seluruh sistem berjalan dengan baik dan membuat Anda merasa lebih segar ketika bangun. Hal ini juga sangat baik dalam membantu otak bekerja dengan baik saat beraktivitas setelah Anda tertidur semalaman.