Brilio.net - Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang populer di Indonesia. Berbagai masakan olahan kangkung mudah ditemui di berbagai daerah. Cita rasanya yang nikmat membuat kangkung biasa menjadi makanan pendamping nasi, mulai dari tumis kangkung, cah kangkung, pecel, dan sebagainya.

Tak hanya bercita rasa lezat, kangkung juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin. Apa saja? Berikut 6 manfaat kangkung bagi kesehatan yang dirangkum brilio.net dari liputan6.com, Kamis (1/8).

1. Turunkan kolesterol.

Dilansir dari Stylecrize, kangkung dapat mengurangi kolesterol tubuh. Kangkung menyimpan kandungan trigliserida yang berperan menurunkan kolesterol dalam tubuh secara efektif.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan secara alami, mengonsumsi kangkung bisa jadi opsi yang cocok. Selain itu, kangkung juga membuat tubuh Anda kaya akan serat alami dari sayuran. Kangkung juga memiliki kadar air yang tinggi untuk memberikan tambahan cairan pada tubuh.

2. Obati penyakit hati.

Dilansir dari phws, penyakit hati seperti penyakit kuning dan sejenisnya dapat diobati dengan mengonsumsi kangkung. Sebab, kangkung memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati. Ekstrak dari sayuran berwarna hijau ini dapat digunakan sebagai pengobatan ayurvedic untuk berbagai masalah hati.

3. Atasi anemia.

Seseorang yang mengalami anemia biasanya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Dilansir dari phws, kangkung menyimpan kandungan zat besi dari mineral yang dapat mengatasi anemia.

Selain itu, zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin. Sel darah merah sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh, salah satunya jantung dan otak. Bagi ibu hamil, kangkung pun direkomendasikan agar dapat menambah darah apabila mengalami pendarahan berlebihan.

4. Mencegah insomnia.

Kangkung dapat mencegah kesulitan tidur atau insomnia. Dilansir dari thealthbenefits, kangkung bisa menjadi unsur penenang sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak.

Kandungan selenium dan seng lah yang membuat saraf kita menjadi kendur dan rileks. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung juga bisa memicu otak untuk merasakan kantuk.

5. Mengatasi gangguan pencernaan.

Kangkung sangat kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Dilansir dari stylecraze, kangkung dapat membantu penderita sembelit untuk mengatasi masalah perutnya secara alami.

Selain membantu melancarkan pencernaan, kangkung juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit bagi penderita maag. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus.

6. Mencegah kanker.

Dilansir dari stylecraze, kangkung memiliki kandungan dari 13 jenis senyawa antioksidan. Hal ini yang membuat kangkung baik dikonsumsi untuk pencegahan kanker usus besar dan lambung serta kanker kulit dan payudara.

Antioksidan yang terdapat di dalam kangkung dipercaya mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat ini juga bisa membantu mengurangi perkembangan sel kanker yang berlipat ganda dan memperkuat sel di dalam tubuh.