Brilio.net - Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini pun dapat tumbuh di segala macam kondisi tanah. Jika sudah matang, daging buah pepaya berwarna orange kemerahan dan rasanya manis. Tak heran jika pepaya menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

Buah yang termasuk genus Carica ini tidak kenal musim seperti buah lainnya. Itu artinya pohon pepaya dapat berbuah kapan saja. Pepaya bisa dimanfaatkan dari mulai daun, buah, hingga getahnya.

Biasanya daun pepaya dimasak untuk bahan tumis ataupun sayur yang rasanya menggugah selera. Buah pepaya yang masih muda pun bisa dikonsumsi sebagai bahan masakan. Di samping itu, pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu bagian yang mengandung banyak vitamin dan berkhasiat bagi kesehatan adalah getah pepaya.

Dilansir dari laman Healthline, getah pepaya mengandung enzim protease yaitu papain dan kimopapain. Selain itu, terdapat lebih dari 50 asam amino yang terkandung di dalamnya. Berkat kandungan senyawa tersebut getah pepaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya mengatasi tumit pecah-pecah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk mengetahui manfaat getah pepaya lainnya, berikut brilio.net telah merangkum ulasannya dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (16/6).

1. Sebagai antikanker.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Getah pepaya bersifat sebagai antikanker. Hal itu disebabkan adanya kandungan senyawa papain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen di dalamnya. Dikutip Journal Society of Biology menyatakan bahwa papain bersifat antitumor atau kanker.

Getah pepaya bisa didapatkan pada daun pepaya. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, minum rebusan daun pepaya untuk perawatan kemoterapi pada pasien kanker secara rutin. Hal ini dapat membantu meredakan rasa nyeri.

2. Mengatasi tumit pecah-pecah.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tumit pecah-pecah mungkin masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Terutama saat musim kemarau, kulit terasa lebih kering sehingga rentan mengalami pecah-pecah. Bahkan, pada kondisi terparah tumit kaki yang pecah-pecah ini bisa mengeluarkan darah akibat luka yang melebar.

Tak perlu khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan getah pepaya. Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan pepaya muda, cuci bersih terlebih dahulu. Kemudian, beri sedikit sayatan pada kulit buah pepaya sampai keluar getah berwarna putih pekat. Jika sudah keluar, oleskan getah langsung pada tumit kaki yang mengalami pecah-pecah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin maka tumit yang pecah-pecah akan semakin pudar dan hilang.

3. Menghilangkan jerawat.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat dari getah pepaya yaitu dapat menghilangkan jerawat. Jerawat memang menjadi momok yang mengganggu penampilan seseorang dan membuat tidak percaya diri.

Untuk mengatasinya, cukup dengan menggunakan getah pepaya yang dioleskan ke bagian kulit berjerawat. Sebelumnya bersihkan dulu wajah agar terhindar dari bakteri penyumbat pori-pori. Kemudian, oleskan getah pepaya menggunakan kapas di area wajah yang berjerawat. Diamkan sampai getah tersebut mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan bekas luka bakar.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat lain getah pepaya adalah untuk menghilangkan bekas luka bakar. Caranya dengan mengoleskan getah pepaya pada bekas luka yang ada. Manfaat getah pepaya ini bisa dibuktikan apabila cara ini dilakukan dengan rutin.

5. Meredakan sakit gigi.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat getah pepaya mentah selanjutnya yaitu untuk meredakan sakit gigi. Salah satu faktor penyebab sakit gigi yaitu gigi berlubang. Kandungan senyawa enzim protease pada getah pepaya dapat mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Caranya mudah, yaitu hanya dengan mengambil getah dari buah pepaya yang sudah dicuci bersih, lalu teteskan pada gigi berlubang menggunakan bola kapas.

6. Mengobati kulit melepuh.

Manfaat getah pepaya © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terakhir, getah pepaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit yaitu dapat mengobati kulit melepuh. Seperti tersiram air mendidih, terkena knalpot panas, dan lain sebagainya. Agar dapat segera membaik, langsung bersihkan bagian luka dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu oleskan getah pepaya muda ke bagian kulit yang melepuh.

Jika lukanya cukup besar, tempelkan parutan buah pepaya muda pada bagian luka. Tunggu beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, sebaiknya diamkan olesan getah pepaya semalaman dan bilas pada keesokan harinya.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR