Brilio.net - Bawang merah jadi salah satu rempah-rempah yang biasa dipakai untuk tambahan memasak. Bawang merah dikenal punya rasa tajam. Bau bawang merah tidak terlalu tajam seperti bawang putih, namun kandungan gula bawang merah lebih tinggi.

Daya tarik lain yang jelas dari bawang merah adalah warnanya. Rona merah tua itu memberikan variasi warna yang bagus yang tidak dimiliki 'bawang' lain. Bawang merah yang digoreng juga jadi pilihan utama menambah cita rasa sebuah masakan.

Di balik keunggulan bawang merah buat masakan, mungkin tak banyak orang menyangka kalau bawang merah bisa berkhasiat untuk kecantikan. Di dalam rempah yang biasa untuk masak ini terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya itu, bawang merah juga kaya akan sulfur yang berfungsi memperkuat keratin pada setiap helai rambut.

Namun buat kamu yang memiliki kulit rambut sensitif, hati-hati karena bawang merah bisa menimbulkan rasa perih. Kamu bisa menambahkan bahan alami seperti madu dan minyak zaitun untuk mengatasi rasa perih.

Membuat rambut sehat dan indah dengan bawang merah bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mau tahu apa saja manfaat bawang merah untuk rambut dan bagaimana cara memakainya? Berikut ulasan lengkap seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (28/11).

Loading...

1. Mengatasi rambut rontok.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi oleh semua orang. Gaya hidup yang kacau, kebiasaan makan yang tidak sehat, stres, dan polutan lingkungan yang berbahaya berdampak pada kesehatan rambut dan membuat helai rambut tidak bernyawa dan lemah.

Modifikasi gaya hidup, makan makanan dengan gizi seimbang, dan memilih produk minyak rambut yang tepat dapat sangat membantu mengurangi rambut rontok dan kerusakan rambut.

Nah, dilansir dari netmeds, kamu bisa memanfaatkan minyak rambut dari bawang merah yang dipercaya dan sangat direkomendasikan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi semua masalah rambut.

Caranya tumbuk atau blender bawang merah secukupnya. Diamkan setidaknya setengah jam, ambil sari bawang merah lalu aplikasikan pada rambut.

2. Mengurangi ketombe.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari netmeds, sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat dari minyak bawang merah membantu menangkal ketombe dari kulit kepala dan mengobati infeksi kulit kepala dari dalam akar. Senyawa bioaktif ini menyehatkan folikel rambut, mengurangi penipisan dan kerusakan rambut, serta menambah volume dan kekuatan pada surai akibat ketombe.

Dilansir dari healthline, kamu bisa mengombinasikan bawang merah dengan dua cara. Pertama, giling 2 sdm biji fenugreek, kemudian rendam dalam 2 sdm jus bawang merah dan air untuk membuat pasta. Kemudian oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kedua, campur 2 sdm gel lidah buaya dan 3 sdm jus bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Jika rambut sangat bau setelah menggunakan jus bawang, kamu dapat melanjutkan dengan sampo ringan dan bilasan cuka sari apel. Tuang 2 sdm cuka sari apel menjadi 1 gelas air. Bilas larutan melalui rambut setelah selesai mandi.

3. Mengurangi rambut beruban belum waktunya.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Banyak obat rumahan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut beruban sebelum waktunya. Dilansir dari healthline, salah satunya adalah dengan bawang merah. Kandungan senyawa antioksidan pada bawang merah yang disebut katalase dapat membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Hal ini dianggap menjaga rambut agar tidak beruban.

Caranya, campurkan 3 sdt jus bawang dengan 2 sdt jus lemon. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala serata mungkin. Diamkan rambut dan kulit kepala selama 30 menit. Bilas dan gunakan shampo lembut untuk mengurangi bau bawang.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa merendam kapas dalam jus bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala sembari dipijat. Bilas dengan sampo ringan setelah 15 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan tiga hingga empat kali seminggu.

4. Melembapkan rambut kering dan rapuh.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari healthline, bawang merah mengandung banyak senyawa yang dapat membantu memperbaiki rambut kering dan rusak. Contohnya termasuk flavonoid, seperti kaempferol dan quercetin. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) yang membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Caranya, buat sampo dan kondisioner alami dari campuran minyak bawang merah, teh hijau, daun kari, dan ekstrak kopi. Kemudian terapkan pada kulit rambut seperti biasanya. Bilas hingga bersih sampai bau bawang hilang.

5. Menenangkan kulit kepala.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Bawang merah dipercaya bisa menenangkan kulit kepala terutama saat kering dan gatal. Dikutip dari healthline, sifat anti-inflamasi bawang dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal. Kamu juga bisa menggabungkan ekstrak bawang merah dengan bahan alami lainnya untuk menenangkan kulit kepala.

Beberapa kombinasi untuk dicoba, campur 2 sdm jus bawang merah, 1/2 sdm madu mentah, 1 sendok teh, minyak zaitun, dan 3 sdt jus bawang. Atau 3 sdm jus bawang merah, 5 sdt minyak kelapa, dan 1 sdt jus jeruk nipis. Kemudian oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu cuci bersih dengan sampo ringan.

6. Membantu pertumbuhan rambut.

bawang merah untuk rambut © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery and Therapeutics, melihat kemampuan bawang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Bawang merah bisa memberikan lebih banyak nutrisi lebih baik untuk folikel rambut, melembapkan rambut, dan mempercepat pertumbuhan rambut secara alami.

Caranya, iris kecil 100 gram bawang merah. Blender dan ambil sarinya, campur ke sampo alami yang terbuat dari campuran minyak kelapa, jarak, dan kayu putih serta pembersih. Oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

RECOMMENDED BY EDITOR