Brilio.net - Makan adalah kebutuhan paling primitif bagi semua makhluk hidup termasuk manusia. Tujuan seseorang makan adalah untuk menghasilkan energi agar dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Tapi kamu harus hati-hati ya, sebab ada beberapa makanan yang justru saat kita konsumsi bukan bikin kenyang, malah bikin lapar. Dilansir brilio.net dari thehealthsite, Senin (14/11) setidaknya ada enam makanan yang bikin kamu lapar setelah mengonsumsinya. Apa saja, ya?

1. Nasi putih.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: nutritionsecrets.com

Mengonsumsi nasi putih terlalu banyak sebaiknya dihindari. Sebab kadar karbohidrat pada nasi putih dapat menimbulkan kegemukan. Selain itu, kandungan glukosa pada nasi putih juga dapat membuat kamu kembali lapar setelah beberapa menit mengonsumsinya. Untuk menyiasatinya, kamu bisa ganti dengan nasi merah atau nasi coklat.

2. Roti gandum.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: kingarthurflour.com


Roti gandum salah satu pilihan makanan terbaik ketika kamu ingin mengurangi makan nasi. Sebab, makanan ini mengandung tinggi serat tetapi tidak memiliki protein mengenyangkan dan lemak. Nggak heran jika kamu gampang lapar lagi meski sudah mengonsumsi makanan ini.

3. Putih telur.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: livescience.com

Meskipun putih telur mengandung banyak protein, makanan ini rendah kalori dan bebas lemak. Jadi, dengan hanya makan putih telur, kamu tidak akan kenyang untuk waktu yang lama. Jadi, konsumsi telur secara utuh, karena mengandung lemak sehat yang akan membuat makanan kamu lebih bergizi dan kenyang lebih lama.

4. Susu bebas lemak.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: fitday.com

Yoghurt dan susu bebas lemak memiliki kalori lebih sedikit, tetapi juga kurang mengenyangkan. Makanan tersebut tidak mengandung lemak untuk memperlambat pemecahan laktosa. Pada akhirnya proses pembakaran dalam tubuh berlangsung dengan cepat dan ini yang membuat kamu cepat lapar lagi.

5. Biskuit dan kue gandum.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Biskuit gandum menawarkan serat yang sehat untuk jantung, tetapi makanan ini juga tinggi karbohidrat tanpa protein dan lemak. Jadi, lebih baik mengonsumsi roti panggang dengan selai kacang untuk mencegah rasa lapar.

6. Makanan asin.

Makanan bikin lapar  © 2016 brilio.net

foto: vitavale.com.br

Makanan yang mengandung garam dan semua natrium yang berada di dalamnya membuat kamu cepat haus, sehingga membuat perut terasa lapar. Jadi, batasi asupan garam dan minum banyak air untuk melawan lapar yang disebabkan kehausan.