Brilio.net - Permasalahan rambut rontok kerap dialami sebagian kalangan baik perempuan maupun pria. Banyak produk yang merekomendasikan cara paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Tetapi, tidak semua orang berhasil dengan satu produk yang sama. Hal ini disebabkan kulit kepala dan penyebab dari kerontokan setiap orang berbeda. Ada yang dipengaruhi oleh genetika, usia, nutrisi, metabolisme, hingga gaya hidup.

Dilansir brilio.net dari American Academy of Dermatologists melalui vedix.com, kerontokan atau penurunan 50 sampai 100 helai rambut per hari dianggap masih normal. Biasanya fase seorang perempuan yang mengalami kerontokan sebanyak 80-90 persen disebabkan faktor genetika atau keturunan. Namun pada akhirnya, biasanya ketika memiliki rambut yang rapuh dan mengalami kerontokan biasanya bikin nggak nyaman, apalagi kalau rontoknya kebangetan.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok ini biasanya banyak orang melakukan perawatan ke salon. Tapi jika tak ingin kantong terkuras, kamu bisa membuat masker alami, yang murah, efektif, dan tanpa efek samping.

Nah, berikut 6 cara membuat masker alami untuk rambut rontok yang mudah dan tanpa efek samping, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (5/12).

1. Masker lidah buaya.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan mudah bisa kamu dapatkan dengan sari lidah buaya. Selain bermanfaat untuk kerontokan, lidah buaya juga bisa membuat rambutmu menjadi lebih berkilau, menghilangkan ketombe dan membuat rambut lebih lembap.

Cara membuat masker ini cukup mudah, kamu bisa membersihkan rambutmu terlebih dahulu. Kupas lidah buaya sesuai ukuran yang kamu butuhkan dan potong kecil-kecil.

Lalu haluskan atau diblender, kemudian simpan di kulkas selama setengah jam. Oleskan pada kulit kepala dan batang rambut. Pijat secara merata, tutup dengan handuk dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

2. Masker lemon.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu cara alami mengatasi rambut rontok dengan mudah adalah dengan buah lemon. Lemon memiliki kadar PH rendah yang efektif untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak penyebab rambut tidak sehat di kepala. Lemon ternyata bisa membuat rambut kamu lebih kuat karena nutrisi yang dimiliki berdampak langsung pada folikel rambut.

Caranya dengan peras lemon hingga keluar saripatinya, pijatkan perasan lemon ke kepalamu secara merata. Selain untuk mencegah kerontokan, lemon juga bisa menghilangkan ketombe di kepalamu. Kamu bisa lakukan metode ini seminggu sekali.

3. Masker pisang.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, C, dan E untuk kulit kepala yang sehat. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, antioksidan, dan minyak alami yang membuatnya sangat ideal untuk memerangi kerontokan.

Selain mencegah dan mengobati kerontokan, manfaat masker pisang lainnya adalah membuat rambut semakin bersinar, lembut serta terbebas dari ketombe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat membuat masker pisang ini. Siapkan 2 buah pisang matang, 1 sdm madu, dan 1 sdm minyak zaitun. Campurkan semua bahan ke mangkuk dan lumatkan hingga menyatu sepenuhnya. Oleskan pada kulit kepala dan batang rambut, diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air bersih.

4. Masker kemiri.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Kemiri biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk menambah cita rasa gurih. Tak hanya itu ternyata kemiri dapat digunakan sebagai bahan masker untuk rambut.

Kemiri banyak digunakan sebagai perawatan rambut di rumah karena sangat mudah didapatkan, serta murah. Kandungan minyak kemiri sangat cocok untuk mengatasi kerontokan, menguatkan akar rambut, dan menyehatkan rambut dengan nutrisi yang ada di dalamnya.

Cara pembuatan dan pemakaian yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Lalu tumbuk sampai halus hingga mengeluarkan minyak. Usapkan pada rambut, kemudian bilas dengan cara keramas menggunakan shampo untuk menghilangkan minyak kemiri.

5. Masker teh hijau.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Teh hijau tak hanya dikonsumsi untuk minuman dan makanan, tapi juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk kecantikan. Pasalnya teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Teh hijau akan melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut lebih bersinar.

Kamu dapat mendapatkan manfaatnya dengan menggunakan masker teh hijau ini. Sehingga rambutmu akan tetap sehat. Siapkan 2 sdm teh hijau dan 1 kuning telur. Campurkan kedua bahan hingga merata hingga berbentuk krim. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan juga rambut, biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

6. Masker madu.

masker alami untuk rambut rontok © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut rontok yang terakhir yakni dengan menggunakan masker madu. Nutrisi dari masker alami ini dapat membantu merawat rambut dengan maksimal dan bisa mengurangi kerontokan rambut.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menuangkan 2 sendok makan madu alami ke dalam mangkuk dan campur dengan secangkir air. Lalu aduk rata. Kemudian gunakan campuran madu ini sebagai masker setelah keramas. Pijat dan diamkan rambut hingga kering. Jika sudah bilas dengan air hangat.

RECOMMENDED BY EDITOR