Brilio.net - Produk-produk asal Negeri Tirai Bambu, China sejak dulu terkenal akan harganya yang murah. Dari situ, timbul banyak pertanyaan, bagaimana sih sebenarnya kualitas produk-produk dari negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia tersebut?

The Healthy Site, situs kesehatan terkemuka memberi peringatan tentang bahaya lima jenis produk asal China. Bukan sentimen, tapi berdasar penelitian, bahan-bahan yang digunakan dalam lima produk tersebut berbahaya bagi manusia dan dapat menyebabkan penyakit kronis.

Produk apa saja itu? Senin (23/10) brilio.net rangkumkan buat kamu.

 

1. Permen.

dont buy © 2017 thehealthysite.com


Food and Drug Administration (FDA) badan pangan dan obat-obatan Amerika Serikat mengeluarkan perintah penarikan peredaran beberapa produk permen populer asal China. Menurut tes yang dilakukan, ditemukan bahan mematikan yaitu Melamine di dalam permen-permen tersebut. Produk permen tersebut diedarkan di pasar Asia dan Amerika.

 

2. Mainan Anak.

dont buy © 2017 thehealthysite.com


Berdasarkan The New York Times, 24 jenis mainan anak-anak asal China ditarik peredarannya karena mengandung bahan berbahaya. Ditemukan bahan yang berbahaya bagi perkembangan otak anak dalam cat yang digunakan di mainan-mainan tersebut. Di Indonesia sendiri banyak sekali produk mainan anak asal China.

 

3. Kosmetik.

dont buy © 2017 thehealthysite.com


Berdasarkan tes yang pernah dilakukan beberapa lembaga, beberapa produk kosmetik asal China mengandung racun kimia seperti merkuri, arsenik dan sebagainya.

 

4. Pembungkus Es Krim Cone.

dont buy © 2017 thehealthysite.com


Pada April 2012 dilakukan tes terhadap pembungkus es krim cone asal China. Berdasarkan hasil tes, plastik yang membungkus paket pembungkus es krim tersebut mengandung racun logam berat yang dapat memicu kanker.

 

5. Pasta Gigi.

dont buy © 2017 thehealthysite.com


Banyak produk pasta gigi asal China ditarik peredarannya atas perintah FDA karena mengandung Diethylene glycol. Bahan yang sangat berbahaya bagi manusia.