Brilio.net - Bermain game memang merupakan kegiatan yang asyik baik untuk sekadar bersenang-senang maupun untuk membunuh waktu senggang. Di era modern, game tidak hanya dimainkan oleh anak-anak, namun orang dewasa juga banyak yang bermain game. Apalagi saat ini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk bermain game, baik menggunakan smartphone, PC, ataupun game konsol.

Namun bermain game bisa juga berbahaya lho apabila dilakukan terlalu lama. Akibat terlalu lama bermain game, nggak sedikit orang yang lupa waktu dan lupa untuk beristirahat. Kalau dilakukan terus menerus hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan, dan akan menimbulkan banyak akibat buruk, salah satunya penyakit.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (10/6), ini dia beberapa jenis penyakit yang akan timbul kalau terlalu lama bermain game.

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

penyakit gamers Unsplash

foto: unsplash.com

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit di bagian tangan yang membuat tangan terasa mati rasa, nyeri, atau terasa melemah.

CTS biasanya disebabkan bila tangan terhimpit atau mendapat tekanan terlalu lama, dan ini sangat mungkin terjadi kepada gamers baik yang menggunakan PC atau smartphone.

2. Migrain atau sakit kepala sebelah.

penyakit gamers Unsplash

foto: unsplash.com

Bukan rahasia umum lagi kalau bermain game terlalu lama adalah salah satu penyebab utama seseorang terkena migrain atau sakit kepala sebelah. Migrain bisa timbul bila terlalu lama bermain game, dan menatap layar smartphone atau layar monitor PC terlalu lama.

3. Insomnia.

penyakit gamers Unsplash

foto: unsplash.com

Insomnia atau gangguan tidur juga menjadi salah satu penyakit yang paling sering timbul diantara para gamers. Insomnia atau nggak bisa tidur di malam hari ini adalah penyakit berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan, kerena memang tubuh sangat membutuhkan tidur pada malam hari.

4. Nyeri punggung.

penyakit gamers Unsplash

foto: unsplash.com

Nyeri punggung adalah salah penyakit para gamers. Nyeri ini ditimbulkan berbagai hal ketika bermain game, mulai dari waktu bermain game yang berlebihan dan ditambah dengan posisi duduk yang salah ketika berlama-lama saat bermain game.

5. Computer Vision Syndrome (CVS).

penyakit gamers Unsplash

foto: unsplash.com

Computer Vision Syndrome atau CVS adalah penyakit atau gangguan pada mata yang terlalu lama menatap layar PC, smartphone atau tablet, dimana hal ini sangat rutin dilakukan oleh para gamers yang sudah kecanduan bermain game hingga lupa waktu. Salah satu hal serius dari CVS ini bila sudah mencapai ke fase pandangan kabur, yang tentu sangat berbahaya.