Brilio.net - Nyeri di bagian sendi merupakan salah satu keluhan yang bisa dialami siapa saja. Kondisi tersebut bisa muncul karena banyak faktor. Salah satunya diakibatkan karena adanya radang sendi atau arthritis. Rasa nyeri yang tidak terhingga kadang membuat penderitanya kesulitan beraktivitas.

Selain obat dari resep dokter, radang sendi akut dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi obat-obatan tradisional. Obat-obatan herbal diyakini lebih aman dikonsumsi dan mampu mengatasi keluhan nyeri sendi. Berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhan akibat adanya radang sendi.

1. Kunyit

5 Obat radang sendi © 2021 brilio.nethealthline.com

Bahan herbal alami yang pertama yang bisa digunakan sebagai obat radang sendi akut adalah kunyit. Tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya ini kaya akan kandungan kurkumin. Di mana senyawa tersebut diketahui memiliki sifat antiinflamasi, sehingga mampu membantu meredakan rasa nyeri hingga pembengkakan yang diakibatkan terjadinya peradangan.

Loading...

Keefektifan kunyit dalam meredakan rasa nyeri pada sendi akibat peradangan bahkan disebut hampir sama dengan obat NSAID atau obat antiinflamasi seperti yang sering kita kenal yakni ibuprofen dan juga diklofenak. Tapi, perlu diingat, penggunaannya juga tidak boleh berlebihan karena ada beberapa efek samping yang lain, seperti sakit perut hingga mengencerkan darah.

2. Jahe

5 Obat radang sendi © 2021 brilio.netmedicalnewstoday.com

Sudah sejak dulu jahe digunakan untuk pelengkap bumbu masakan hingga sajian minuman yang menghangatkan. Ternyata, jahe juga bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi radang sendi akut. Ini karena jahe memiliki kandungan senyawa yang bersifat antiinflamasi yang khasiatnya hampir sama dengan obat rematik dari dokter. Seperti ibuprofen dan sebagainya. Meski khasiatnya bagus, namun tetap harus diperhatikan konsumsinya agar tetap seimbang.

3. Teh hijau

5 Obat radang sendi © 2021 brilio.netsaladmenu.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan dengan teh hijau? Minuman ini bahkan jadi salah satu yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Tapi ternyata, ada bukti yang menunjukkan jika teh hijau bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan adanya radang sendi.

Teh hijau merupakan minuman yang kaya kandungan polifenol yang dikenal dengan sebutan EGCG atau epigallocatechin 3-gallate. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Jadi bukan cuma bagus untuk mengobati peradangan, tapi juga sangat baik untuk membuat sendi dan tulang terlindungi dari kerusakan.

4. Lidah buaya

5 Obat radang sendi © 2021 brilio.netwebmd.com

Satu lagi obat radang sendi akut dari bahan alami yang bisa ditemui di sekitar kita adalah lidah buaya. Menurut penelitian, sebagaimana yang tercantum dalam Central European Journal of Immunology, konsumsi ekstrak lidah buaya mampu membantu mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian akibat osteoarthritis.

Lidah buaya disebut-sebut memiliki kandungan yang bersifat antiradang. Di mana, kandungan tersebut mampu mencegah produksi serta pelepasan enzim yang memicu radang. Selain dikonsumsi, gel lidah buaya ternyata juga dapat membantu mengurangi nyeri dan ruam kemerahan (psoriasis arthritis) pada kulit yang ada di sekitar sendi. Cukup dengan oleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang kemerahan tersebut.

5. Minyak borage

5 Obat radang sendi © 2021 brilio.nethealthline.com

Tahukah kamu jika minyak yang dihasilkan dari tanaman borage (starflower) mengandung omega-6 atau GLA (gamma linolenic acid) yang cukup besar. GLA sendiri merupakan senyawa antiinflamasi yang mampu membuat tubuh menekan pengaktifan gen yang bisa memicu inflamasi.

Untuk mengurangi radang sendi, kamu bisa mengoleskan minyak borage secara rutin di bagian sendi yang mengalami peradangan. Selain dari tanaman starflower, GLA juga bisa ditemukan di jenis minyak herbal lainnya. Misalnya saja minyak dari biji blackcurrant serta minyak evening primrose.

Nah, itulah tadi rekomendasi bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat radang sendi akut. Selain mengonsumsi bahan-bahan alami sebagai obat, jangan lupa juga untuk menjaga tubuh dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan menjadi mahal ketika kita tidak mampu merawatnya dengan baik. Jadi pastikan untuk menjaganya selalu.

Agar terhindar dari radang sendi, mengonsumsi suplemen sendi juga tidak ada salahnya, lho. Misalnya saja, Syalox 300P dari Pyfa Health. Syalox 300P adalah suplemen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi agar bebas pengapuran dan bantu redakan radang atau nyeri sendi, serta sudah mendapat izin edar dari BPOM Indonesia sehingga aman digunakan dan tanpa efek samping. Cek produknya sekarang, ya!

RECOMMENDED BY EDITOR