Brilio.net - Bawang putih kerap dijadikan bumbu untuk menguatkan rasa hidangan. Ternyata manfaat bawang putih tak sekadar jadi bumbu. Dilansir dari healthline, memakan bawang putih ternyata dapat membantu melawan flu, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga mengurangi risiko demensia.

Bukan tanpa alasan, bawang putih mengandung senyawa belerang yang dipercaya mampu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu. Bawang putih juga memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit kita dari efek penuaan dini akibat radikal bebas.

Bawang putih juga kerap dimanfaatkan banyak orang karena bisa dijadikan obat untuk rambut. Bawang putih mentah kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B-6 dan C, mangan, dan selenium yang bisa meningkatkan kesehatan rambut.

Sifat antimikroba dan antijamur alami pada bawang putih, dapat memberikan manfaat bagi rambut. Sifat yang melekat pada bawang putih ini bisa membunuh bakteri dan melawan kuman, menjaga kulit kepala tetap sehat.

Penasaran dengan manfaat bawang putih untuk rambut dan bagaimana cara penggunaannya? Berikut ulasan lengkapnya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (8/1).

Loading...

1. Mengatasi rambut rontok.

manfaat bawang putih untuk rambut ©freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari boldsky, Kamis (7/6), bawang putih kini sudah makin dipercaya sebagai obat ampuh mengatasi rambut rontok. Kandungan kalsium, sulfur dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih tentu dapat mencegah rambut rontok dan bahkan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Menyuburkan rambut.

manfaat bawang putih untuk rambut ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari food.ndtv, bawang putih mentah dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga meningkatkan produksi kolagen yang membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Menurut laman healthline, mengoleskan gel bawang putih ke bintik-bintik botak di kulit kepala bisa meningkatkan pertumbuhan rambut kembali.

3. Melindungi rambut dari kerusakan UV.

manfaat bawang putih untuk rambut ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari healthline, bawang putih dapat melindungi keratinosit dari kerusakan UV dan bisa sebagai bahan anti penuaan. Keratinosit adalah sel kulit yang menghasilkan keratin. Sel-sel ini berada di lapisan luar kulit, termasuk kulit kepala, dan di folikel rambut.

4. Menenangkan kulit kepala.

manfaat bawang putih untuk rambut ©freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari food.ndtv, adanya kandungan selenium pada bawang putih membantu melancarkan peredaran darah untuk menutrisi secara maksimal. Dengan begitu, bawang putih dapat membantu menenangkan kulit kepala yang memburuk dan mengatasi masalah seperti ketombe.

5. Menyehatkan rambut.

manfaat bawang putih untuk rambut ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari food.ndtv, bawang putih memiliki khasiat anti mikroba yang membantu membunuh kuman dan bakteri, yang bertanggung jawab menyebabkan kerusakan pada kulit kepala yang bisa mengakibatkan penghambatan pertumbuhan rambut.

Cara memakai bawang putih untuk rambut.

Perlu diketahui terlebih dahulu, senyawa belerang yang ada pada bawang putih berpotensi tinggi membuat kulit dan mata mengalami iritasi. Oleh sebab itu, kamu tidak disarankan untuk mengoleskan bawang putih langsung pada kulit kepala.

Kamu bisa membuat kondisioner dari bawang putih sendiri ditambah dengan bahan-bahan dari dapur yang bisa mengurangi risiko iritasi. Untuk membatasi risiko iritasi kulit, penting untuk mengencerkan dan mencampur bawang putih dengan minyak, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, madu, dan bahan alami lainnya.

1. Bawang putih, madu, dan minyak zaitun.

Bahan yang dibutuhkan:

- 8 siung bawang putih

- 2 sendok teh madu

- 3 sendok teh minyak zaitun

Cara pemakaiannya:

- Haluskan bawang putih.

- Campur bawang putih dengan madu dan minyak zaitun hingga rata.

- Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala.

- Diamkan selama 20 menit.

- Cuci bersih kepala dengan sampo yang memiliki kandungan ringan.

- Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu.

2. Bawang putih dan minyak murni.

Bahan yang dibutuhkan:

- 8 siung bawang putih

- 1/2 cangkir minyak murni bisa minyak kelapa, minyak zaitun,castor oil, dll.

- 1 bawang bombai ukuran medium

Cara pemakaiannya:

- Haluskan bawang putih dan bawang bombai menggunakan blender.

- Lalu panaskan minyak di atas wajan dan masukkan bawang yang telah dihaluskan ke minyak.

- Panaskan hingga bawang berwarna kecokelatan, lalu matikan api.

- Tunggu sampai minyak dingin, kemudian saring dan buang ampasnya.

- Ambil 2 sendok makan minyak dan mulailah pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak tersebut.

- Lakukan selama 15 menit, oleskan minyak ke seluruh rambut dan diamkan selama 30 menit.

- Terakhir bilas rambut dengan menggunakan sampo dan air bersih.

3. Bawang putih dimasak dengan minyak alami.

Kalau kamu tidak suka dengan bau bawang putih yang sangat menyengat, kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengaplikasikannya. Caranya dengan memanaskan minyak alami (minyak kelapa, minyak zaitun,castor oil, dll) bersama dengan bawang putih yang sudah halus sampai berubah menjadi kecokelatan.

Setelah itu, biarkan dingin hingga suhu ruangan. Setelah dingin, saring dan oleskan pada rambut dan kulit kepala, kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar selama 15 menit. Tutup rambut kamu dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan dengan sampo dan kondisioner ringan. Dan untuk hasil terbaik gunakan ramuan ini tiga kali seminggu.

RECOMMENDED BY EDITOR