Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Kesehatan
Logo brilio
+
(brl/tin)

01 April 2019 17:38

5 Healthy-alternative pakai kelapa, obat diet hingga pemutih gigi

Kamu pun bisa memiliki gaya hidup lebih sehat..

5 Healthy-alternative pakai kelapa, obat diet hingga pemutih gigi

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Minum air kelapa muda saat bersantai di bawah pohon kelapa pinggir pantai menjadi momen menentramkan. Sambil menikmati deru ombak laut serta embusan angin, kamu pun akan semakin rileks.

Nah bicara kelapa, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat mulai daun, buah, hingga batang pohonnya. Khasiat kelapa bisa untuk kesehatan maupun kecantikan, baik dengan cara dikonsumsi buah dan airnya maupun diolah menjadi produk baru. Inilah alasan kenapa pohon ini disebut pohon serbaguna, pohon kehidupan, atau pohon seribu manfaat.

Beragam manfaat kelapa membuat orang-orang kini menjadikannya sebagai healthy-alternative dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan beberapa bagian kelapa secara tepat, kamu bisa memiliki gaya hidup lebih sehat. Seperti lima healthy-alternative pakai kelapa berikut ini yang sudah disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/4).

1. Pengganti minyak goreng yang tidak sehat.

manfaat kelapa  berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika kamu sedang mencari alternatif minyak lebih sehat, ada baiknya mengganti minyak goreng yang biasa kamu gunakan dengan minyak kelapa. Ya, minyak kelapa merupakan jenis minyak yang ideal untuk dimasak lantaran 90% dari minyak kelapa adalah minyak jenuh. Artinya, minyak kelapa akan tetap memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan.

Berbeda dari minyak tidak jenuh, minyak kelapa tidak menghasilkan radikal bebas yang membahayakan ketika terkena suhu panas saat dimasak. Selain menggoreng dan menumis, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk memanggang dan sebagai pengganti mentega atau butter.

Satu yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai berlebihan mengonsumsi minyak kelapa. Biar bagaimanapun minyak kelapa adalah sumber lemak yang perlu dibatasi jumlahnya dalam tubuh. Untuk mendapat khasiatnya, gunakan minyak kelapa paling banyak dua sendok atau sekitar 30 ml dalam sehari.

2. Bisa jadi penurun badan alami tanpa efek samping.

manfaat kelapa  berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Air kelapa muda dikenal akan kandungan elektrolitnya yang tinggi. Keseimbangan elektrolit dan plasma di dalamnya hampir sama dengan darah. Itu sebabnya air kelapa mudah untuk mengisi cairan tubuh.

Selain itu, air kelapa muda juga dapat menurunkan berat badan secara alami tanpa efek samping. Ya, air kelapa muda memiliki kandungan lemak, kalori, karbohidrat dan gula yang sangat rendah. Belum lagi tingginya kandungan protein, vitamin B, dan vitamin C dalam air kelapa akan semakin memberi dampak yang sehat bagi tubuh. Jangan lupa sertakan olahraga yang teratur agar program dietmu semakin manjur.

3. Bisa digunakan sebagai pemutih gigi alami.

manfaat kelapa  berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Manfaat kelapa satu ini mungkin masih belum diketahui banyak orang. Menggunakan minyak kelapa, ternyata kamu bisa memutihkan gigi secara alami.

Caranya adalah menggunakan teknik oil pulling dengan berkumur selama 15-20 menit dengan minyak kelapa murni sebelum menggosok gigi. Salah satu teknik ayurveda ini kerap dijadikan perawatan alternatif untuk rongga mulut.

Oil pulling dipercaya dapat memutihkan gigi, mengurangi plak gigi, mencegah lubang, memperkuat gigi dan gusi dan masih banyak lagi. Minyak kelapa yang digunakan dalam teknik ini memang dikenal mengandung lebih banyak vitamin E dan D, serta memiliki properti antibakterial dan antifungal.

Nah, kini kamu tak perlu repot berkumur dengan minyak kelapa. Pasalnya, kandungan minyak kelapa tersebut bisa kamu temukan di Closeup White Attraction Natural Glow Coconut Charcoal. Menggabungkan charcoal dan minyak kelapa, dua bahan alami ini terbukti dapat memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Varian terbaru Closeup dengan kandungan coconut dan charcoal ini juga dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gusi, menjaga keseimbangan Ph rongga mulut, mencegah gigi berlubang hingga memberi napas segar. Closeup White Attraction Natural Glow ini bisa jadi andalanmu untuk mempunyai gigi putih dalam waktu singkat.

Ya, hanya dalam waktu 2 minggu gigi putih bersinar bakal jadi milikmu. Closeup White Attraction Natural Glow, solusi tepat untuk senyum cerah dan sehat.

4. Makeup remover yang ampuh dan sehat.

manfaat kelapa  berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Seperti sudah disebutkan, kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan. Minyak kelapa dapat digunakan untuk pembersih riasan wajah yang ampuh dan sehat.

Minyak kelapa secara lembut mengangkat makeup yang menempel dan minyak berlebih pada wajah. Bahkan minyak kelapa akan secara mudah mengangkat sisa makeup yang sulit dihapus seperti maskara dan eyeliner.

Tidak hanya menghapus makeup, minyak kelapa juga sekaligus dapat membunuh bakteri yang tidak diinginkan pada pori-pori.

5. Pengganti sampo anti ketombe dan kondisioner rambut.

manfaat kelapa  berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Minyak kelapa sudah sejak lama dikenal baik menjaga kesehatan rambut. Minyak kelapa juga menjadi alasan di balik rambut panjang yang sehat dan berkilau.

Selain itu, minyak kelapa ternyata juga dapat membantu menghilangkan ketombe sekaligus melembapkan rambut secara bersamaan. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan menggosoknya secara lembut. Hal ini akan menghilangkan serpihan ketombe dan rasa gatalnya sekaligus memperbaiki, memperkuat, dan melembutkan rambut.

 

5 Healthy-alternative pakai kelapa, obat diet hingga pemutih gigi

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#CloseupWhiteAttractionNaturalGlow Minyak Kelapa Air Kelapa Kesehatan Kesehatan Gigi Sponsored Content Kesehatan Gigi Mulut
Tulis Komentar
MORE