Brilio.net - Kesehatan dan kebersihan kulit salah satu yang diperhatikan oleh masyarakat. Tak hanya wanita, kini pria juga sangat peduli terhadap kebersihan kulit mereka.

Melihat hal itu, kini sudah banyak perusahaan skincare yang meluncurkan produk teranyar sesuai dengan kebutuhan kulit masyarakat. Mulai dari untuk masalah berjerawat, kulit kering, flek hitam, dan masih banyak lagi.

Tak asal membuat produk skincare, para perusahaan itu sangat memperhatikan kualitas produknya. Terutama bahan-bahan yang digunakan untuk kandungan skincare. Kebanyakan para perusahaan itu membuat skincare menggunakan bahan-bahan alami, seperti buah, bunga, hingga tumbuh-tumbuhan lainnya.

Salah satunya adalah brand skincare asal Amerika Serikat, Fresh, memperkenalkan Kombucha Facial Treatment Essence (FTE) di Indonesia. Seperti namanya, skincare tersebut menggunakan bahan utama kombucha, teh fermentasi yang kaya asam dan vitamin alami yang baik untuk kulit.

Penasaran apa saja fakta menarik tentang kombucha? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/11).

1. Apa itu kombucha?

Fakta kombucha Freepik/Fresh

foto: pixabay

Kombucha adalah teh yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan campuran jamur dan bakteri yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Kadang disebut juga bibit kombucha atau jamur kombucha.

Kombucha dikenal sebagai minuman sehat. Salah satu khasiatnya yang paling dicari adalah memperlancar pencernaan. Selain itu, konsumsi minuman ini secara teratur juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan ginjal.

Dilansir brilio.net dari Healthline, kombucha mengandung asam asetat yang mampu membunuh mikroorganisme yang berpotensi membahayakan, mengatur kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah dengan mencerna karbohidrat secara perlahan, meningkatkan fungsi hati, dan meningkatkan fungsi ginjal.

2. Kombucha digunakan sebagai bahan skincare.

Fakta kombucha Freepik/Fresh

foto: Fresh

Banyak orang yang lebih mengetahui kombucha sebagai minuman fermentasi. Namun seiring berkembangnya zaman, kombucha juga digunakan sebagai bahan skincare. Ternyata manfaat kombucha tak hanya untuk kesehatan, tapi juga perawatan kulit.

“Saya mulai minum kombucha dan terobsesi akan khasiat fermentasi yang dapat mendetoksifikasi, sehingga saya ingin mengaplikasikan manfaat kebaikan dari kombucha pada kulit. Kami ingin menjadikan kombucha sebagai pelindung kulit dari efek polusi, baik di dalam maupun di luar ruangan, serta cahaya digital,” ujar Founder Fresh, Lev Glazman dalam peluncuran Fresh Kombucha Facial Treatment Essence baru-baru ini.

3. Kombucha memiliki manfaat menangkal radikal bebas.

Fakta kombucha Freepik/Fresh

foto: pixabay

Dilansir dari laman thezoereport, dokter kulit asal New York, Dr. Marina Peredo mengatakan kombucha dikemas dengan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

"Kombucha juga mengandung bakteri asam laktat, yang dapat mengelupas kulit secara ringan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit serta mengurangi garis-garis halus dan bintik hitam," ucap Peredo.

4. Menyeimbangkan Ph kulit.

Fakta kombucha Freepik/Fresh

foto: pixabay

Kandungan antiseptik dan asam alami dalam kombucha, menurut Peredo juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit untuk memberikan kulit yang lebih bersih.

"Ada juga vitamin B yang membantu memberikan cahaya yang sehat," tambah Peredo.

5. Anti aging.

Fakta kombucha Freepik/Fresh

foto: pixabay

Berkat sifat antioksidannya, kombucha dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

"Kandungan antioksidan kuat yang disebut EGCG yang diketahui 20 kali lebih baik dalam menyerang radikal bebas daripada vitamin C, dan bekerja lebih baik dalam menyamarkan kerutan kulit dan tanda-tanda penuaan dini lainnya," tutup Peredo.