Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Kesehatan
Yusuf Harfi (brl/red)

18 Juli 2019 21:30

5 Ciri ini bisa jadi gejala kanker paru, kerap diabaikan

Pada 2018 sebanyak 9,6 juta orang di dunia meninggal dunia akibat penyakit kanker.

5 Ciri ini bisa jadi gejala kanker paru, kerap diabaikan

View Image



cannamd.com

Brilio.net - Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, pada 2018 sebanyak 9,6 juta orang di dunia meninggal dunia akibat penyakit kanker.

Salah satu jenis kanker yang banyak diderita ialah kanker paru-paru. Penyakit tersebut tak mengenal tua muda atau pun kaya miskin. Oleh karenanya, siapapun bisa saja mengidap penyakit tersebut.

Penyebab penyakit kanker paru tidak hanya akibat merokok, tetapi ada faktor lain seperti polusi jangka panjang, bahan kimia, bahkan faktor genetik. Seperti halnya Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Humas BPNB yang pekan lalu menutup usia setelah berjuang melawan penyakit tersebut selama beberapa tahun. Sutopo bukan lah perokok aktif, namun dia akhirnya divonis kanker paru stadium 4B.

Kita memang tak pernah tahu sampai kapan umur kita. Yang bisa kita lakukan hanya berupaya sejak dini agar tetap sehat jasmani maupun rohani. Oleh sebab itu, kita perlu waspada sejak dini karena penyakit bisa datang kapanpun, termasuk kanker paru-paru. Bentuk kewaspadaan itu sebaiknya diwujudkan dengan mengetahui ciri-ciri ataupun gejala penyakit tersebut.

Lantas apa saja cirinya? Berikut 5 ciri gejala kanker paru yang dihimpun brilio.net dari liputan6.com, Kamis (18/7).

Loading...

1. Napas berbunyi.

Tidak hanya penderita asma yang memiliki napas berbunyi, pengidap kanker paru pun mengalaminya. Suara napas seperti itu akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan. Akibatnya napas terdengar bunyi seperti 'ngik- ngik' atau suara napas yang terdengar kasar dan berlendir seperti 'grok-grok'

2. Dada tak simetris.

Perubahan pada bentuk dada juga dialami oleh pengidap kanker paru. Akibat adanya massa pada salah satu rongga dada membat postur dada menjadi tidak simetris.

Adanya masa kanker dalam salah satu rongga dada membuat sisi dada tertinggal saat Anda menarik napas. Hal tersebut terjadi disebabkan udara yang tidak mengisi rongga paru akibat adanya massa kanker.

3. Suara serak.

Kanker paru dapat mengakibatkan suara yang serak. Hal tersebut terjadi disebabkan sel kanker yang menjalar hingga ke pita suara. Suara serak yang terjadi karena kanker biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan kian hari semakin terasa berat dari waktu ke waktu.

4. Penurunan berat badan secara drastis.

Peradangan sel kanker pada penderita penyakit ini mengakibatkan nafsu makan yang menurun. Sehingga dapat dengan cepat berat tubuh menjadi turun drastis.

Asupan energi pada penderita kanker jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami kanker. Hal tersebut membuat cadangan nutrisi cepat terkuras habis dan mengakibatkan berat badan menurun secara drastis.

5. Nyeri pada tulang.

Penyebaran sel kanker pada orang dengan kanker paru mengakibatkan tulang terasa sakit. Hubungan nyeri dada dengan kaker paru disebabkan penyebaran sel kanker ke tulang, yang merupakan tempat penyebaran sel kanker yang paling disenangi.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kanker Paru Paru Kesehatan Sutopo Purwo Nugroho Brilio News Kanker
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE