Brilio.net - Perut adalah bagian tubuh yang paling sering terlihat dari dampak penumpukan lemak, sehingga tampak membesar atau membuncit. Perut buncit memang menjadi masalah banyak orang. Perut buncit, selain membuat penampilan tidak menarik, juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Yang paling sering dikeluhkan banyak orang adalah perut bagian bawah. Hal ini lantaran perut bagian bawah paling sulit untuk mengecilkannya. Lemak perut bagian bawah terkumpul karena tingginya asupan makanan yang mengandung lemak tak sehat dan makanan manis, serta gaya hidup yang buruk. Genetika, struktur dan usia juga menentukan pola akumulasi lemak dalam tubuh.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (1/10).

1. Minum teh hijau.

Cara mengecilkan perut bawah  pixabay.com

Loading...

foto: pixabay.com

Teh hijau merupakan pilihan yang baik untuk mengecilkan perut bagian bawah. Hal ini karena teh hijau berisi senyawa katekin yang meningkatkan metabolisme. Jika kamu menginginkan perut bagian bawah kembali rata, kamu bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau setiap hari, lemak visceral (lemak yang terletak lebih di dalam) akan membakar sekitar 16 kali lebih banyak.

2. Olahraga.

Cara mengecilkan perut bawah  pixabay.com

foto: pixabay.com

Olahraga juga bisa menjadi salah satu alternatif membuat perut bagian bawah menjadi kecil dan rata. Berolahraga akan sangat membantu proses pembakaran kalori di tubuh. Kamu harus memilih olahraga yang memfokuskan pada bagian perut bawah. Seperti, sit up, bycicle exercise, sikap lilin, ball crunch, bersepeda, berlari, serta jalan cepat.

3. Minum air putih.

Cara mengecilkan perut bawah  pixabay.com

foto: pixabay.com

Mengonsumsi air putih delapan gelas per hari mampu memberikan banyak kesehatan bagi tubuh, termasuk mengecilkan perut bagian bawah. Banyak mengonsumsi air putih akan sangat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Sehingga, proses pembakaran lemak akan berlangsung dengan sempurna.

4. Diet.

Cara mengecilkan perut bawah  pixabay.com

foto: pixabay.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan lemak perut adalah dengan diet seimbang. Kamu harus menjalani diet mengandung buah-buahan dan rendah kalori, sayuran dan biji-bijian. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengurangi asupan sodium untuk mengurangi retensi cairan. Batasi mengonsumsi gula dan makanan berlemak tinggi.

5. Tidur yang cukup.

Cara mengecilkan perut bawah  pixabay.com

foto: pixabay.com

Menjaga pola hidup sehat berarti kamu juga harus menjaga pola tidur. Pasalnya kualitas tidur yang buruk akan berpengaruh pada bentuk tubuh kamu, salah satunya perut bagian bawah. Maka, tidurlah yang cukup, 7-8 jam perharinya. Jangan memaksakan tubuh bekerja terus-menerus karena tubuh perlu beristirahat.

RECOMMENDED BY EDITOR